31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Apa Itu Virtual Credit Card? Simak 7 Manfaatnya Nih!

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu Virtual Credit Card? Di era digital ini, kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi menjadi sebuah kebutuhan. Munculnya virtual credit card (VCC) menjadi solusi inovatif yang menawarkan alternatif pembayaran digital yang aman dan praktis. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang apa itu VCC, manfaatnya, cara kerjanya, dan perbedaannya dengan kartu kredit fisik.

Menyingkap Tabir Apa itu Virtual Credit Card?

Virtual credit card (VCC), atau kartu kredit virtual, adalah kartu kredit tanpa wujud fisik yang diterbitkan oleh bank atau lembaga keuangan. Berbeda dengan kartu kredit fisik, VCC hanya tersedia dalam bentuk digital dengan informasi seperti 16 digit nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, CVV, dan nama pemilik.

Manfaat Virtual Credit Card yang Menggoda

VCC menawarkan berbagai manfaat menarik bagi penggunanya, antara lain:

  1. Keamanan Terjamin: VCC memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena tidak dapat dicuri atau hilang secara fisik. Transaksi online pun terlindungi dengan sistem autentikasi yang canggih.
  2. Kontrol Pengeluaran: Pengguna dapat mengatur batas kredit dan tanggal kedaluwarsa VCC sesuai kebutuhan, sehingga membantu mengontrol pengeluaran dan mencegah penyalahgunaan.
  3. Fleksibilitas Tinggi: VCC dapat digunakan untuk berbagai transaksi online, seperti berbelanja di e-commerce, membayar tagihan, atau berlangganan layanan digital.
  4. Kemudahan Akses: VCC mudah didapatkan dan digunakan. Pengguna dapat mengajukan VCC secara online dan langsung menggunakannya untuk transaksi.
  5. Solusi bagi yang Belum Memiliki Kartu Kredit Fisik: VCC menjadi alternatif bagi individu yang belum memiliki kartu kredit fisik, seperti pelajar atau pekerja informal.

Cara Kerja Virtual Credit Card yang Praktis

Proses penggunaan VCC terbilang mudah dan praktis:

  • Ajukan VCC: Pengguna dapat mengajukan VCC melalui aplikasi bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini.
  • Dapatkan Informasi Kartu: Setelah disetujui, pengguna akan mendapatkan informasi kartu VCC seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan CVV.
  • Gunakan untuk Transaksi: VCC dapat digunakan untuk berbagai transaksi online seperti layaknya kartu kredit fisik.
  • Pantau Saldo dan Riwayat Transaksi: Pengguna dapat memantau saldo dan riwayat transaksi VCC melalui aplikasi bank atau lembaga keuangan terkait.

Perbedaan Virtual Credit Card dengan Kartu Kredit Fisik

Meskipun memiliki fungsi serupa, VCC memiliki beberapa perbedaan dengan kartu kredit fisik:

  1. Bentuk: VCC tidak memiliki bentuk fisik, sedangkan kartu kredit fisik berupa kartu plastik.
  2. Masa Berlaku: VCC umumnya memiliki masa berlaku yang lebih pendek dibandingkan kartu kredit fisik.
  3. Batas Kredit: Batas kredit VCC biasanya lebih rendah daripada kartu kredit fisik.
  4. Penggunaan: VCC umumnya hanya digunakan untuk transaksi online, sedangkan kartu kredit fisik dapat digunakan untuk transaksi online dan offline.

Memilih Virtual Credit Card yang Tepat

Sebelum memilih VCC, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Reputasi Penerbit: Pilih VCC dari bank atau lembaga keuangan terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.
  2. Fitur dan Layanan: Pertimbangkan fitur dan layanan yang ditawarkan, seperti batas kredit, masa berlaku, dan kemudahan penggunaan aplikasi.
  3. Biaya: Perhatikan biaya yang terkait dengan VCC, seperti biaya pembuatan, biaya tahunan, dan biaya transaksi.
  4. Kebutuhan Pribadi: Sesuaikan VCC dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan Anda.

Masa Depan Virtual Credit Card yang Gemilang

VCC diprediksi akan semakin populer di masa depan karena menawarkan kemudahan, keamanan, dan fleksibilitas dalam bertransaksi digital. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, VCC akan terus berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur canggih yang semakin memudahkan penggunanya.

Kesimpulan

Kali ini kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan apa itu Virtual credit card. VCC merupakan solusi pembayaran digital yang aman, praktis, dan fleksibel. Dengan memahami manfaat, cara kerja, dan perbedaannya dengan kartu kredit fisik, Anda dapat memilih VCC yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan keuangan Anda.

Baca jugaVirtual Credit Card (VCC): 4 Rekomendasi Terbaik dan Cara Membuatnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE