28.2 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

Apa Saja Manfaat Fintech Untuk Masa Depan? Simak di Sini

Manfaat fintech (financial technology) di era modern telah banyak mengubah perilaku masyarakat. Inovasi layanan keuangan yang berbasis teknologi ini banyak membantu dalam kehidupan sehari-hari seperti berbelanja, memesan makanan, mengirim uang, hingga mengajukan pinjaman bisa dilakukan dengan mengandalkan kecanggihan smartphone dan jaringan internet.

Dari milenial hingga generasi boomer, fintech memiliki berbagai julukannya di setiap generasi, seperti pinjaman online, bayar online, hingga bank online. Tak dipungkiri, terdapat berbagai stigma negatif yang juga menjadi ‘efek samping’ dari hadirnya inovasi di bidang keuangan tersebut.

Apa yang menjadi fokus terhadap fintech terhadap berbagai tantangan di sektor keuangan, belum bisa dimanfaatkan secara tepat guna. Hal ini memang menjadi tanggung jawab bersama, lantaran rendahnya literasi (pemahaman) soal layanan dan solusi yang dihadirkan fintech serta adaptasi yang cukup memakan waktu untuk memahaminya. Tantangan ini perlu segera dijawab untuk mempersiapkan kemajuan yang sudah berada di depan mata.

Oleh sebab itu, mari simak apa saja manfaat yang dihadirkan fintech untuk masa depan perekonomian Indonesia.

Keuangan yang Adil untuk Semua

Permasalahan yang kerap dihadapi oleh layanan keuangan konvensional, mampu dijawab oleh inovasi yang dihadirkan fintech. Layanan pinjaman dan kredit usaha produktif telah dihadirkan oleh berbagai penyelenggara fintech di Indonesia, mulai dari usaha makro hingga mikro.

Berbagai layanan fintech di Indonesia memang menyasar berbagai golongan atau kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses ke berbagai pendanaan. Biasanya, persyaratan administratif dan birokratis seperti rekening koran, jumlah pemasukan bulanan dan nihilnya akses pengusaha terhadap perbankan membuat pelaku industri tereliminasi.

Jenis P2P Lending menjadi produk fintech yang cocok untuk membantu setiap pengusaha ‘naik kelas’. Tren kebebasan finansial di beberapa negara maju bisa diwujudkan apabila akses terhadap keuangan mampu menarik semua kalangan.

Selain itu, meningkatnya popularitas online shop di masa pandemi membuat setiap pengusaha yang menggunakannya akan sangat mudah mendapatkan pendanaan oleh fintech.

Apa Manfaat Fintech di Masa Depan?

1. Teknologi yang Memudahkan

Hadirnya tren berwirausaha di kalangan anak muda, kerap menghadirkan berbagai masalah. Catatan pemasukan dan pengeluaran, kehabisan pasokan produk jualan serta menghitung omset yang menghabiskan waktu dan memaksa generasi muda mengubur mimpinya untuk jadi pengusaha.

Perlu dipahami, karakteristik yang selalu dihadirkan teknologi adalah kemudahan, efisiensi serta kepintarannya. Beberapa produk teknologi keuangan seperti System as a Software (SaaS) dan Point of Sales (PoS) mampu menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Di masa depan, pengusaha muda akan memiliki banyak waktu untuk fokus mengembangkan inovasi bisnisnya, ketimbang menghabiskan waktu mencatat omset dan urusan administratif lainnya.

2. Pembayaran

Permen kerap menjadi ‘alternatif’ kembalian transaksi yang sering terjadi kepada pelanggan yang menggunakan uang konvensional saat berbelanja. Beberapa orang menyikapinya secara santai akan hal ini, namun sebagian sisanya cenderung sebaliknya. Hadirnya layanan payment gateway dengan judul e-wallet layak menjadi solusi atas hal ini. Dengan adanya solusi tersebut, para pemilik usaha juga mampu memangkas tenaga dan waktunya dalam bekerja.

Selain itu, sifat teknologi yang mampu melayani selama 24/7 (setiap waktu) membuat para pembeli tidak perlu menunggu jam online pembayaran non-tunai yang digunakan. Selain itu, kebiasaan ‘lupa bawa dompet tapi tidak untuk hp’ juga bisa memanfaatkan layanan ini.

 

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...
LANGUAGE