27 C
Jakarta
Jumat, 30 Oktober, 2020

API Fintech Bank Indonesia Diprediksi Resmi pada Oktober

DuniaFintech.comOpen Application Programming Interfaces atau API gagasan Bank Indonesia diharapkan akan segera terwujud pada Oktober. Hal ini disampaikan Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Erwin Haryono dalam diskusi daring pada Jumat (25/9).

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, saya berharap pada bulan Oktober standarisasi Open Application Programming Interfaces atau API dapat terwujud,”

Erwin menilai, program Open API Bank Indonesia dapat menghubungkan berbagai pelaku jasa keuangan, mulai dari yang konvensional hingga berbasis elektronik (fintech). Nantinya diharapkan akan banyak kolaborasi antar keduanya dalam ekosistem tersebut.

Ada pun kebijakan Open API keluaran Bank Indonesia ini ditujukan untuk keterbukaan operasi perbankan. Dengan kata lain, hadirnya API menjadi model baru perbankan dalam mengadaptasi sistem open banking.

“Jadi kita melakukan standarisasi Open API untuk pembayaran, sehingga lembaga keuangan bank dan non-bank bisa saling berkolaborasi melalui penggunaan data, dana, dan sebagainya dengan menggunakan Open API yang terstandarisasi,”

Baca juga:

Open API Bank Indonesia Satukan Regulasi Keuangan

Standarisasi Open API ini merupakan salah satu dari lima inisiatif Bank Indonesia yang tercantum dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia atau BSPI 2025.

Inisiatif open banking dirancang untuk mengadaptasi layanan berbentuk digital di perbankan sebagai syarat utama bank menjadi lembaga utama dalam ekonomi keuangan digital. Implementasi open banking dilakukan melalui standardisasi Open API yang mencakup standar data, teknis, keamanan dan tata kelola atau good governance.

Ada pun maksud dari kebijakan Open API ini untuk menggerakkan ekonomi digital melalui interlink antara bank dengan fintech dalam meningkatkan efisiensi sistem pembayaran. Selain itu, hal ini dinilai dapat mendorong inklusi keuangan, salah satunya pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Siapkan Penjualan Digital, BMW Kolaborasi dengan Alibaba

DuniaFintech.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jerman, BMW menjalin kerja sama dengan layanan niaga berbasis elektronik (e-commerce) Alibaba. Jochen Goller, Presiden dan...

Toyota Systems Lakukan Eksplorasi Blockchain dan Aset Kripto

DuniaFintech.com – Toyota Systems lakukan eksplorasi blockchain dan aset kripto? Anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Toyota Motors ini dikabarkan sedang bereksperimen dengan...

Menyoroti Kegiatan Asosiasi Blockchain Indonesia Per Oktober 2020

DuniaFintech.com - Perkembangan blockchain dan aset kripto di Indonesia tentunya bisa Anda ketahui dari berbagai informasi di dunia maya. Selain itu, Anda...

Suku Bunga Deposito Turun, Apakah Deposito Masih Menarik?

DuniaFintech.com - Suku bunga deposito turun, apakah deposito masih menarik? Penurunan suku bunga deposito tentu mempengaruhi imbal hasil deposito di berbagai bank,...

Cara Mendapat Relaksasi Kredit dari FIF Group, Perhatikan Syarat Ini

Duniafintech.com - Anak usaha PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen, PT Federal International Finance (FIF group) telah merelaksasi...
LANGUAGE