29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

5 Aplikasi Ini Memudahkan Kamu Cek Pajak Kendaraan Online

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi Cek Pajak Kendaraan hadir untuk memberikan kemudahan dalam membayar pajak kendaraan bermotor secara online. Pajak sudah menjadi kewajiban yang harus dibayarkan oleh semua masyarakat yang ada di negara ini. Membayar pajak tepat waktu adalah hal yang harus dilakukan supaya kamu tidak akan dikenakan denda dan membuat beban pajak menjadi lebih besar.

Ketika ingin membayar pajak, tentu juga harus mencari tahu lebih dulu mengenai jenis pajak apa yang akan dibayarkan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis pajak dan penarikannya pun juga berbeda-beda. Salah satu jenis pajak yang sering dibayarkan adalah pajak PPN.

Pajak PPN ini merupakan pajak yang biasa ditarik ketika Anda sedang membeli makanan atau suatu barang di toko. Namun, ada juga pajak lainnya seperti pajak bumi dan bangunan untuk orang-orang yang memiliki rumah pribadi. Kebanyakan masyarakat Indonesia pasti memiliki kendaraan dan kendaraan pun juga memiliki pajak tersendiri yang harus dibayarkan.

Namun, kini untuk membayar pajak kendaraan jadi tidak sulit lagi, karena sudah ada aplikasi yang bisa mempermudah kegiatan ini. Dengan membaca artikel berikut ini, nantinya kamu bisa mengetahui aplikasi cek pajak kendaraan yang akan mempermudah pembaca untuk mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan dan kapan waktu yang mengharuskan untuk membayarnya.

5 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Terbaik 2021

Aplikasi untuk mengecek pajak ini tentu akan sangat berguna bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang dan juga tidak yakin berapa banyak jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk bisa membayar pajak tersebut. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi pajak kendaraan yang bisa digunakan untuk mengecek pajak kendaraan bermotor. Aplikasi ini juga telah dikenal oleh banyak orang karena menurut mereka aplikasi ini akan sangat memudahkan mereka dalam hal mengecek jumlah pajak kendaraan yang mereka miliki.

  • Aplikasi Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi pajak kendaraan satu ini merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk mengecek status pajak serta nomor polisi kendaraan bermotor. Akan tetapi, untuk sementara ini aplikasinya hanya melayani daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Aplikasi ini terbilang cukup ringan digunakan dan juga tidak banyak memunculkan iklan di dalamnya, sehingga pengguna akan semakin nyaman untuk menggunakannya. Aplikasi ini juga bisa diunduh dengan mudah melalui Playstore atau Appstore.

Setelah mengunduh aplikasi satu ini, maka nantinya pengguna bisa memilih di provinsi mana kendaraannya terdaftar dan memasukkan plat nomor kendaraannya. Dengan begitu, maka mereka akan mendapatkan informasi lengkap seperti detail informasi kendaraan, tanggal akhir STNK, tanggal akhir pajak, dan juga jumlah pajak yang harus dibayarkan. Jika dirasa pernah menunggak dalam membayar pajak, maka melalui aplikasi ini nantinya juga akan mengetahui berapa denda yang perlu dibayarkan.

  • Aplikasi SAKPOLE e-SAMSAT JATENG

Bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah, tentu bisa mendapatkan informasi yang berhubungan tentang pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi ini. SAKPOLE e-SAMSAT JATENG adalah sebuah aplikasi yang resmi dikelola secara langsung oleh PSI – BPPD Provinsi Jawa Tengah.

Aplikasi ini dibuat dan dikhususkan untuk mempermudah warga dalam melakukan pembayaran pajak lewat Samsat online atau e-Samsat. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan secara langsung. Aplikasi ini juga dibuat dengan tampilan yang menarik serta ringan untuk digunakan.

Bukan hanya mengenai informasi pajak saja, melainkan pengguna juga akan mendapatkan beberapa informasi yang penting seperti Informasi Status (Blokir) Kendaraan Bermotor, Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor, Pencarian Lokasi untuk beberapa layanan masyarakat yang ada di sekitar Jawa Tengah seperti Kantor SAMSAT, ATM, Kantor Jasa Raharja, Kantor Polisi, Lokasi RS/Klinik/Dokter.

  • SAMBARA

Bagi pemilik kendaraan bermotor yang tinggal di daerah Jawa Barat, maka bisa menggunakan aplikasi SAMBARA. Aplikasi yang dikelola secara langsung oleh pemerintah Jawa Barat ini bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor yang ada di daerah Jawa Barat.

Dalam aplikasi ini juga bisa menampilkan status pajak kendaraan yang dimiliki oleh pengguna, mulai dari mengetahui lokasi Samsat di daerah Jawa Barat, dan juga melakukan pembayaran pajak secara online. Aplikasi ini juga sangat ringan untuk digunakan serta tidak akan ada banyak pengguna yang akan menemukan iklan yang dapat mengganggu di dalamnya. Untuk menggunakannya hanya perlu memasukkan nomor plat kendaraan dan nanti akan langsung muncul informasi pajak kendaraan sesuai dengan nomor plat kendaraan tersebut.

  • Aplikasi Cek Pajak Motor Mobil

Aplikasi cek pajak motor mobil merupakan aplikasi cek pajak kendaraan terbaru. Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi ini juga bisa membantu pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui status pajak kendaraan mereka, dan bukan hanya motor saja tetapi mobil juga bisa. Selain itu, bisa juga mengetahui data pemilik kendaraan, seperti alamat dan nomor polisi dari kendaraan kamu. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengetahui jumlah tagihan pajak dari kendaraan bermotor tersebut. Bukan hanya untuk satu nomor polisi saja, tetapi juga bisa menggunakan banyak nomor polisi untuk mengecek banyak kendaraan.

  • Samsat Online

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang bisa membantu pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi ini akan menggunakan data dari database, serta kendaraan bermotor yang dimiliki oleh Polri, sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola langsung oleh setiap provinsi, dan juga pangkalan data induk kependudukan yang tersedia pada Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Semua data yang didapatkan ini akhirnya disatukan secara nasional ke dalam sistem kecerdasan buatan atau A.I menggunakan aplikasi dengan jenis platform mobile untuk bisa memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat dengan cara digital sekaligus membantu semua pihak yang terkait untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Jenis Pajak Kendaraan Bermotor

Meski pajak memiliki beberapa jenis yang berbeda, tetapi pajak kendaraan sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Pajak kendaraan ini akan dibagi sesuai dengan waktu pembayarannya. Terdapat dua jenis dari pajak kendaraan yaitu pajak tahunan dan juga pajak lima tahunan. Kamu bisa langsung mengecek pajak yang harus dibayarkan lewat aplikasi cek pajak kendaraan yang sudah tersedia. Berikut ini adalah ulasan mengenai jenis pajak kendaraan bermotor, antara lain:

  • Pajak Tahunan

Pajak kendaraan tahunan merupakan salah satu jenis pajak untuk mengesahkan STNK tahunan. Pajak kendaraan ini bisa langsung diurus lewat Kantor Samsat, baik itu secara langsung maupun online. Untuk bisa mengurus pajak kendaraan tahunan ini, maka pemilik kendaraan memerlukan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan lebih dulu sebelum membayar pajak ini.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk membayar pajak ini adalah fotokopi KTP, STNK asli dan juga dokumen yang berisi informasi pribadi seperti nama KTP dan STNK sudah sesuai. Pemilik kendaraan bermotor tidak akan bisa mengurus pajak tahunan apabila dokumen informasi tersebut namanya tidak sesuai.

  • Pajak Lima Tahunan

Selain melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan, tentu juga harus membayar pajak kendaraan lima tahunan. Dalam jenis pajak ini nyatanya bukan hanya membayar pajak saja, tetapi nanti juga akan mengganti plat nomor kendaraan pada saat membayar pajak lima tahunan ini.

Kendaraan kamu juga nantinya akan langsung dicek oleh petugas yang ada di kantor samsat untuk memastikan kesesuaian dari informasi kendaraan yang tercantum pada STNK. Tentunya untuk membayar pajak yang satu ini pemilik kendaraan juga harus menyiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu.

Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan untuk membayar pajak lima tahunan adalah fotokopi KTP, STNK dan BPKB, serta harus mengisi formulir cek fisik kendaraan yang bisa dibeli di kantor Samsat secara langsung. Apabila pemilik kendaraan sudah membayar pajak 5 tahunan ini, maka nantinya akan diberikan tanda bukti lunas dan juga informasi mengenai kapan STNK dan plat nomor kendaraan yang baru bisa diambil.

Harus diingat kembali bahwa pembayaran pajak kendaraan secara online hanya bisa dilakukan untuk pembayaran pajak tahunan saja. Sedangkan untuk membayar pajak lima tahunan ini, pemilik kendaraan harus datang langsung ke kantor Samsat terdekat.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU