27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Aplikasi Investasi Emas OJK: Cara Investasi Emas di Aplikasi Bank

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi Investasi Emas OJK diatur terkait melindungi investor dan menjaga integritas dalam berinvestasi di sektor keuangan termasuk investasi emas.

Penting untuk selalu berinvestasi melalui platform atau produk yang diatur dan diawasi oleh otoritas yang berwenang, seperti OJK. Pastikan Anda memahami sepenuhnya bagaimana produk atau layanan investasi emas tersebut bekerja, biaya yang terkait, dan risiko yang terlibat sebelum melakukan investasi. Berikut ulasannya:

Jenis Aplikasi Investasi Emas Resmi OJK

1. Reksa Dana Emas

Beberapa bank atau perusahaan manajemen investasi dapat menawarkan reksa dana emas yang diawasi oleh OJK. Anda dapat melakukan investasi emas melalui reksa dana ini melalui aplikasi atau platform yang disediakan oleh institusi tersebut.

2. Platform Perdagangan Emas Terpercaya

Ada beberapa platform perdagangan emas yang telah berlisensi dan diatur oleh OJK. Pastikan Anda memeriksa apakah platform tersebut memiliki izin dari otoritas yang berwenang sebelum menggunakan layanannya.

Baca juga: Aplikasi Investasi Emas OJK Paling Aman untuk Investor

3. Aplikasi Investasi Emas Resmi Bank

Beberapa bank besar mungkin memiliki aplikasi investasi emas yang diawasi oleh OJK. Pastikan untuk memeriksa apakah aplikasi tersebut memiliki lisensi dan regulasi yang diperlukan.

4. Aplikasi Investasi Emas dari Lembaga Keuangan Terkemuka

Beberapa lembaga keuangan terkemuka di Indonesia juga dapat menawarkan aplikasi investasi emas yang diatur oleh OJK. Pastikan Anda melakukan riset dan memeriksa informasi yang akurat sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Investasi Emas di Aplikasi Bank

1. Unduh Aplikasi Bank

Pertama-tama, unduh aplikasi mobile bank yang Anda gunakan dari toko aplikasi (misalnya, Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS) dan pasang di perangkat Anda.

2. Daftar dan Masuk

Setelah mengunduh aplikasi, daftar atau masuk ke akun bank Anda yang telah ada. Jika Anda belum memiliki akun, ikuti prosedur pendaftaran yang disediakan oleh aplikasi.

3. Akses Layanan Investasi Emas

Buka aplikasi bank dan cari menu atau fitur yang terkait dengan layanan investasi emas. Biasanya, ada opsi seperti “Investasi Emas,” “Emas Digital,” atau sejenisnya.

3. Pilih Produk

Pilih produk emas yang ingin Anda beli. Anda mungkin memiliki pilihan antara emas batangan atau sertifikat emas dalam berbagai ukuran.

4. Input Jumlah dan Pembayaran

Tentukan jumlah emas yang ingin Anda beli, dan masukkan informasi pembayaran sesuai dengan panduan yang diberikan. Anda mungkin perlu memilih rekening sumber dan metode pembayaran yang ingin Anda gunakan.

5. Konfirmasi Pembelian

Sebelum menyelesaikan transaksi, aplikasi akan menampilkan ringkasan pembelian Anda. Periksa informasi dengan cermat dan pastikan semuanya benar sebelum melanjutkan.

6. Tandatangani dan Verifikasi

Pada beberapa aplikasi, Anda mungkin perlu menandatangani transaksi menggunakan PIN atau kata sandi yang telah Anda atur sebelumnya. Ikuti prosedur verifikasi yang ditentukan.

7. Konfirmasi Pembelian

Setelah Anda selesai dengan proses verifikasi, Anda akan menerima konfirmasi pembelian yang menyatakan bahwa Anda telah berhasil berinvestasi emas.

8. Pantau Investasi Anda

Setelah berhasil berinvestasi, Anda dapat memantau nilai dan perkembangan investasi emas Anda melalui aplikasi bank. Anda biasanya akan memiliki akses ke informasi seperti harga saat ini, nilai total investasi, dan riwayat transaksi.

9. Penjualan atau Penarikan

Jika suatu saat Anda ingin menjual atau menarik investasi emas Anda, Anda dapat kembali ke aplikasi bank dan mengikuti prosedur yang relevan untuk melakukan transaksi tersebut.

Baca juga: Aplikasi Investasi Emas OJK: Coba Reksadana Emas, Cuan !

Rekomendasi Aplikasi Bank Investasi Emas OJK

1. Mandiri Gold

Bank Mandiri memiliki layanan Mandiri Gold yang dapat diakses melalui aplikasi Mandiri Online. Anda dapat melakukan pembelian dan penjualan emas melalui aplikasi ini.

2. BRISyariah Tabungan Emas

BRI Syariah menyediakan layanan investasi emas berbasis syariah yang dapat diakses melalui aplikasi BRI Mobile Syariah.

3. BCA Gold

Bank Central Asia (BCA) memiliki layanan BCA Gold yang memungkinkan nasabah melakukan pembelian dan penjualan emas melalui aplikasi BCA Mobile.

4. BNI Emas

Bank Negara Indonesia (BNI) memiliki layanan investasi emas yang dapat diakses melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

5. Bank Permata

Bank Permata memiliki layanan PermataEmas yang memungkinkan nasabah membeli dan menjual emas melalui aplikasi PermataMobile X.

6. CIMB Niaga Rekening Tabungan Emas

CIMB Niaga menyediakan layanan investasi emas yang dapat diakses melalui aplikasi CIMB Clicks Mobile Banking.

Baca juga: Investasi Emas OJK: Untung Rugi Reksadana Emas, Simak Yuk!

7. Antam Gold

Meskipun bukan bank, PT Aneka Tambang (Antam) memiliki aplikasi Antam Gold yang memungkinkan Anda membeli dan menjual emas Antam secara digital.

8. Bareksa

Meskipun bukan bank, platform Bareksa juga menyediakan layanan investasi emas dan aset keuangan lainnya yang dapat diakses melalui aplikasi Bareksa.

9. Tokopedia Emas

Tokopedia juga memiliki layanan investasi emas digital yang dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE