26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

4 Aplikasi Mining Bitcoin Android Gratis Terbaik 2021

Menambang bitcoin saat ini sudah bisa dilakukan melalui platform aplikasi mining bitcoin android maupun iOS untuk mendapatkan kripto gratis. Walaupun pada dasarnya untuk menambang bitcoin memerlukan perangkat khusus, seiring berkembangnya teknologi yang ada saat ini untuk menambang bitcoin sudah bisa dilakukan menggunakan aplikasi berbasis Android maupun iOS.

Pada umumnya perangkat sederhana untuk digunakan sebagai alat penambang cryptocurrency adalah VGA card yang biasa diperlukan untuk keperluan gaming. Hashrate (kecepatan menambang) yang dihasilkan tergantung dengan VGA smartphone masing-masing pengguna, semakin bagus kualitas VGA maka semakin bagus juga kualitas yang dihasilkan oleh VGA tersebut.

Perkembangan teknologi pada saat ini menjadi hal yang dimanfaakan oleh pengguna gadget yang ingin ikut serta meramaikan pool mining sehingga aktifitas mining bisa dilakukan menggunakan ponselnya masing-masing. Adanya aplikasi Android maupun iOS untuk menambang bitcoin sekarang ini dianggap sangat menjanjikan bagi segelintir orang yang ingin ikut serta dalam mengumpulkan bitcoin. 

Aplikasi Mining Bitcoin Android 

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan referensi untuk menambang bitcoin menggunakan smartphone.

  1. AA Miner

AA Miner adalah platform aplikasi untuk menambang cryptocurrency yang masih menjadi pilihan banyak orang dan terbukti masih bekerja dengan baik sampai saat ini. Akan tetapi untuk mendapatkan aplikasi AA Miner harus mengunduhnya melalui situs web, karena aplikasi ini sudah tidak berfungsi dengan baik jika mengunduhnya melalui Playstore. 

Kelebihan yang terdapat pada aplikasi ini adalah tidak adanya iklan sedikit pun dan aplikasi ini juga tidak memiliki in-App purchase atau pembelian dalam aplikasi. Oleh karena itu aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan referensi bagi mereka yang ingin menambang mata uang kripto menggunakan ponsel mereka. AA Miner juga bisa digunakan untuk menambang 50 mata uang kripto yang tersedia di dalam aplikasi tersebut.

AA Miner menggunakan algoritma yang tidak biasa dari aplikasi lainnya, algoritma yang dipakai oleh aplikasi ini juga memakai pelayanan algoritma cryptonight. Cryptonight itu sendiri adalah jaringan Blockchain yang besifat anonim, artinya pengirim, penerima, maupun transaksi tidak dapat dilacak seperti koin blockchain pada umumnya. Kelebihan lain yang terdapat dalam aplikasi ini adalah memiliki fitur untuk mengatur jumlah inti prosessor untuk melakukan penambangan cryptocurrency.

  1. Droid Miner

Selanjutnya ada aplikasi Droid Miner yang bisa dijadikan rekomendasi untuk menambang bitcoin di ponsel Android maupun iOS. Salah satu kelebihan yang terdapat dalam aplikasi ini adalah tidak adanya iklan yang mengganggu pada saat melakukan kegiatan menambang. Tidak hanya itu saja, melainkan seluruh fitur yang ada dalam aplikasi bisa didapatkan secara gratis tanpa pembayaran.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengelolaan yang dapat menjeda dan melanjutkan proses mining, bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan mata uang kripto lain sehinggal lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan menambang mata uang kripto lainnya. Aplikasi Droid Miner juga dapat digunakan dengan mudah, misalnya tetap melakukan mining dengan menambang cryptocurrency di background ponsel.

  1. Crypto Miner

Aplikasi menambang bitcoin di Android selanjutnya adalah Crypto Miner. Aplikasi yang memiliki jumlah lapisan paling sedikit jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya, walaupun begitu kualitas aplikasi crypto miner ini terbilang cukup memuaskan dan bisa menjadi salah satu rekomendasi aplikasi mining bitcoin Android. Aplikasi Crypto Miner ini memiliki banyak pilihan koin kripto yang bisa ditambang, baik itu secara berbayar maupun gratis. Akan tetapi, pada saat melakukan aktifitas menambang di salah satu koin yang di pilih untuk membuka koin lain diharuskan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu.

  1. Minergate

Minergate merupakan aplikasi menambang bitcoin android terpopuler sampai saat ini, bahkan aplikasi ini sudah mendapat kepercayaan dari banyak penambang mata uang kripto. Pada awalnya aplikasi ini hanya tersedia untuk PC saja, namun seiring berkembangnya teknologi akhirnya Minergate sekarang hadir untuk platform mobile apps.

Pada aplikasi ini disediakan dua metode mining bitcoin, yakni menggunakan metode seluler dan metode cloud mining. Jika memilih metode seluler, maka penambang akan berfokus pada perangkat seluler yang dimiliki untuk penentu kecepatan menambang mereka. Sedangkan metode cloud mining, maka penambang harus mengeluarkan uang untuk menyewa alat untuk menambang mata uang kripto.

Ketika ingin menggunakan aplikasi minergate ini penambang diharuskan untuk membuat akunterlebih dahulu melalui situs resminya, setelah membuat akun di situs resmi minergate yang berguna untuk menyimpan data dan saldo hasil mining sementara sebelum ditransfer ke crypto wallet. Pada platform ini juga bisa menambah atau mengurangi inti core yang digunakan, bahkan penambang bebas menjeda serta melanjutkan proses mining dengan semua kendali berada di tangan penambang membuat aplikasi ini lebih fleksibel.

Cara Mining Bitcoin di Aplikasi Android

Cara mining android menggunakan aplikasi mining android mempunyai dua metode, yakni metode menambang langsung dan metode cloud mining. Berikut ini adalah penjelasan terkait kedua metode tersebut.

  1. Mining Seluler (Menambang Langsung)

Menambang langsung menggunakan ponsel sebagai alat penambang mata uang kripto adalah cara pertama yang bisa menghasilkan bitcoin atau mata uang kripto lainnya. Karena sekarang ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan penambangan koin digital berdasarkan spesifikasi ponsel yang digunakan. Jadi, semakin besar spesifikasi ponselnya, maka semakin besar juga hasrate yang dihasilkan. Menambang langsung menggunakan ponsel yang digunakan sebagai alat penambang ini bisa dilakukan secara gratis dengan kecepatan tertentu sesuai dengan spesifikasi ponsel yang digunakan.

  1. Cloud Mining

Cloud mining merupakan proses menambang bitcoin menggunakan pusat data jarak jauh dengan pemrosesan bersama. Cara menambang bitcoin di Android dengan metode ini sudah banyak dilakukan oleh para penambang lainnya yang ingin memperoleh koin dengan cepat. Jumlah dari koin yang akan didapatkan juga sesuai dengan pilihan paket atau layanan yang sudah disediakan oleh penyedia cloud mining.

Sistem menambang menggunakan metode cloud mining ini bisa ditemukan secara bebas di dua platform utama, yaitu website dan aplikasi dengan sistem sewa perangkat untuk jangka waktu tertentu. Pada saat batas sewa telah usai, maka mesin secara otomatis akan berhenti bekerja dan saldo tidak akan bertambah.

Pada umumnya dalam penambangan ini menyediakan beberapa paket dengan jangka waktu dan profit yang berbeda, bahkan pembayarannya juga beragam mulai dari menggunakan mata uang rupiah, dollar, bahkan bisa juga menggunakan mata uang crypto untuk menyewa alat penambang tersebut. Akan tetapi semua itu kembali pada penyedia layanan cloud mining itu sendiri.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah untuk menghasilkan mata uang kripto (cryptocurrency) melalui aplikasi mining bitcoin semuanya tergantung pada budget yang dimiliki. Menggunakan metode cloud mining menjadi salah satu rekomendasi untuk menambang bitcoin dengan kecepatan standar.

Namun, untuk menggunakan metode tersebut membutuhkan biaya sewa dan rawan terkena scam yang menggunakan sistem ponzi, namun jika menambang langsung menjadi rekomendasi lebih untuk digunakan. Karena sifatnya yang gratis dan mudah dikelola, bahkan bisa juga mengatur kecepatan dan performa sesuai kemampuan perangkat yang digunakan untuk menambang mata uang kripto.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU