25.4 C
Jakarta
Minggu, 14 Juli, 2024

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal 2021

Sekarang ini tentu banyak yang ingin tahu mengenai cara mendapatkan uang dari internet sebagai lahan untuk tambahan penghasilan. Pada umumnya untuk memperoleh pekerjaan konvensional memang akan mendapatkan uang berupa gaji sebagai imbalannya. Namun untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun penghasilan tetap tersedia beberapa pekerjaan non konvensional yang bisa dijadikan pilihan.

Pada era industri 4.0 sekarang ini uang bisa dihasilkan dari mana saja, termasuk secara online. Banyak sekali cara yang bisa menghasilkan uang dari internet, mulai dari menjadi pengembara digital atau biasa dikenal sebagai istilah digital nomad, marketing, hingga wirausahawan yang sedang naik daun. Begitu banyak ide yang bisa dicoba di rumah menggunakan laptop dan koneksi internet yang stabil.

Bahkan, ada beberapa cara yang bisa menghasilkan uang gratis tanpa modal di internet dan bisa langsung masuk ke rekening bank mereka masing-masing tanpa harus memiliki akun paypal terlebih dahulu.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa menghasilkan uang dari internet.

  1. Membangun E-Commerce

Sekarang ini situs e-commerce atau toko online sangat populer untuk menghasilkan uang dari internet, terlebih lagi dengan adanya platform WordPress dan WooCommerce yang memudahkan dalam membuat situs e-commerce.

Bagi pelaku bisnis yang memiliki produk fisik adanya toko online sudah pasti menjadi pilihan terbaik. Ada dua metode atau cara yang perlu dipertimbangkan agar toko online yang dimiliki sukses, yaitu membuat dan menjual produk ke target pembeli tertentu dan pastikan produknya sesuai ceruk pasar (niche market). Metode kedua adalah membeli barang-barang produsen yang lebih murah dari luar negeri, setelah itu berikan kemasan baru pada produk tersebut dan pasarkan kembali dengan harga tinggi.

Jika metode yang pertama terlalu berisiko, cobalah metode atau cara kedua seperti yang sudah dijelaskan tadi. Carilah produk yang sedang populer saat ini dari sejumlah platform, seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau AliExpress untuk memasarkan produk tersebut hingga ke luar negeri. Kemas kembali produk tersebut ke dalam nuansa baru yang kemudian akan ditampilkan di toko online.

  1. Bergabung di Program Afiliasi

Cara yang bisa menghasilkan uang dari internet salah satunya adalah bergabung di program afiliasi. Affiliate Marketing ini berbasis komisi, artinya pada saat pelaku yang terlibat dalam afiliasi merekomendasikan produk yang di jual oleh merchant (penyelenggara program afiliasi) melalui website atau media sosial mereka dengan mencantumkan link afiliasi. Pada saat ada pengunjung yang mengunjungi website atau media sosial yang membeli produk tersebut menggunakan link yang tertera pada website atau media sosial mereka, maka akan mendapatkan imbalan berupa uang dari setiap pengunjung yang membuka link tersebut. Pastikan program afiliasi yang diikuti sesuai dengan niche blog.

  1. Mengikuti Platform Pelatihan Online

Bergabung dengan platform pelatihan online juga bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara menawarkan keahlian yang dimiliki di website pelatihan online. Sekarang ini sudah banyak platform yang menawarkan hal ini, seperti Clarity.FM dan Coach.me.

Dibandingkan membuka jasa online coaching sendiri potensi pendapatan yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Akan tetapi, jika bergabung dengan platform pelatihan online bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang dari internet dengan cepat, karena dengan bergabungnya di berbagai pelatihan online tentu mendapatkan banyak relasi yang bisa saja mereka menggunakan jasa yang kita miliki.

  1. Blogging

Cara selanjutnya untuk dapat menghasilkan uang dari internet, yaitu dengan cara blogging atau membuat situs web. Blogging ini adalah salah satu bisnis yang sudah dilakukan sejak tahun 2009 silam yang memungkinkan bagi pelaku bisnis tersebut meraup keuntungan yang besar.

Untuk dapat menghasilkan uang dari blog, tentunya harus membuat blog sebagai langkah awal dan memerlukan modal untuk berlangganan hosting. Sebab, jika hanya memanfaatkan blog gratis terdapat beberapa kelemahan untuk bisa menghasilkan uang dari internet.

Hal pertama yang bisa membuat blog gratis menjadi kelemahan dalam menghasilkan uang dari internet, yakni melarang situs tersebut memasang iklan dan yang kedua platform blog bisa saja sewaktu-waktu menghapus blog jika dianggap melanggar. Artinya, jika memilih untuk memanfaatkan blog gratis tentunya tidak dapat memiliki kendali penuh atas blog tersebut.

Ketika blog yang dimiliki sudah aktif atau online, lanjutkanlah tahapan untuk membuat konten menarik di dalam blog yang sudah dibuat. Semakin bermanfaat konten tersebut , maka semakin besar juga peluang traffic (pengunjung) yang akan didapatkan. Ketika semua sudah tercapai, bagaimana cara blog itu menghasilkan uang? Berikut ini adalah penghasilan yang bisa didapatkan melalui blog tersebut.

  • Iklan

Melalui google adsense yang digunakan untuk menempatkan iklan di dalam blog tersebut. Ketika ada pengunjung yang mengklik iklan yang sedang tayang di blog tersebut, maka dari situlah penghasilan yang akan didapatkan.

  • Afiliasi

Afiliasi merupakan link yang bisa menghasilkan uang dari internet saat pengunjung mengklik tautan yang sudah disediakan oleh blogger tersebut pada blognya.

  • Sponsored Posts

Ketika blog yang dimiliki memiliki jumlah traffic (pengunjung) yang tinggi, tentunya banyak yang akan menghubungi blogger tersebut untuk memasangkan iklan berbayar yang mereka tawarkan berupa artikel yang diposting di blog dan memiliki permalink yang mengarah langsung ke blog yang mereka kelola.

Tips untuk menaikkan blog yang saat ini sedang dikelola, yaitu pertama memilih niche yang sudah dikuasai, kedua adalah aktif bekerja sama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link, dan yang terakhir adalah mempelajari SEO (Search Engine Optimisation) agar lebih mudah mendapatkan traffic (pengunjung).

  1. Membuka Jasa Online Coaching

Cara selanjutnya adalah membuka jasa online coaching untuk mendapatkan uang dari internet. Cara ini adalah cara yang tidak harus bermodalkan barang, namun dengan menawarkan jasa atau keahlian yang dimiliki saja sudah bisa menghasilkan uang dari internet.

Online coaching adalah berbagi ilmu secara daring menggunakan perangkat digital, dari sekian banyaknya ilmu atau keahlian yang dimiliki bisa dibagikan secara online dan dapat menghasilkan uang darinya. Ada dua pilihan metode atau cara untuk mengunakannya, yakni bergabung ke platform mengajar online atau dengan cara memanfaatkan website yang dimiliki.

Jenis online coaching yang ada saat ini, mulai dari mata pelajaran sekolah, tutorial hingga tips dan trik bisnis.

  1. Menjual Plugin dan Tema WordPress

Kemampuan coding terkait web development memiliki potensi untuk mendapatkan uang dari internet. Tidak hanya melalui jasa pembuatan website saja, tapi bisa juga dengan menjual tema dan plugin website wordpress. Faktanya sekarang ini hanya dengan menjual tema wordpress saja bisa menghasilkan keuntungan hingga 1 juta USD hanya dari satu marketplace saja.

Untuk memulai bisnis ini, langkah awal adalah membuat beragam tema dan plugin yang dibutuhkan pengguna dan pastikan kualitas dari tema dan plugin yang telah dibuat memiliki kualitas terbaik yang akan ditawarkan. Kemudian baru bisa menjualnya melalui website pribadi dengan sistem premium.

Untuk dapat menjangkau lebih banyak audiens, cobalah untuk bergabung ke beberapa marketplace yang ada, seperti ThemeForest dan TemplateMonster. Setelah itu tingkatkan penjualan melalui beberapa marketplace tersebut, menariknya ada beberapa marketplace yang akan memberikan reward dengan sistem tier yang didasarkan dari jumlah penjualan yang berhasil.

  1. Dropship

Cara mendapatkan uang dari internet ini menjadi salah satu rekomendasi untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Singkatnya prinsip dropshiper seperti reseller untuk menjual produk pihak lain dan menjualnya di toko online pribadi. Namun bedanya adalah reseller harus menyimpan barangnya terlebih dahulu sebelum dijual kembali, sedangkan dropship tidak. 

Meskipun margin (keuntungan) yang didapatkan tidak sebesar saat menjual produk sendiri, namun hasil yang tercipta cukup menjanjikan. Sekarang ini marketplace yang ada di Indonesia sudah cukup banyak sehingga untuk menjadi dropship lebih berkembang dan bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Untuk menjadi dropship, tentunya memiliki langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, antara lain:

  • Menentukan produk yang akan ditampilkan di toko online untuk dijual kembali.
  • Mencari supplier yang memiliki reputasi baik.
  • Menentukan tempat berjualan, seperti website, marketplace, atau media sosial.

Ketiga langkah itulah yang merupakan langkah awal menjadi dropship.

  1. Mengelola Media Sosial

Mengelola media sosial adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet yang saat ini sedang naik daun di Indonesia. Mengelola media sosial ini bisa dikerjakan dari mana saja dan pengerjaannya pun tidak susah, karena hampir semua orang pasti memiliki akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Salah satu pengerjaannya adalah dengan menjadi content creator (pembuat konten).

  1. Desain Grafis

Salah satu cara menghasilkan uang dari internet adalah menawarkan keahlian desain grafis untuk mewujudkan sebuah konsep menjadi tampilan visual. Dengan adanya keahlian desain tentunya bisa menghasilkan uang dari internet, karena kebanyakan pebisnis membutuhkan ahli desain grafis untuk mendesain tampilan bisnis mereka.

  1. Freelancer

Menjadi seorang freelancer sangatlah memungkinkan untuk menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Freelancer tersebut memiliki tugas sesuai bidangnya masing-masing, ada berbagai macam jenis freelancer yang tersedia di Indonesia. Mulai dari penulis, desain, dan lain sebagainya. 

Menjadi seorang freelancer bisa dengan mengunjungi langsung situs Sribulancer atau Project.co.id dan bergabung sebagai anggota situs tersebut. Pada situs tersebut menawarkan pekerjaan yang bisa dipilih yang sesuai dengan keahlian freelancer masing-masing dan melakukan bid (penawaran) atas pembayaraan.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah banyak sekali ide yang bisa menghasilkan uang dari internet tanpa harus menyediakan modal terlebih dahulu. Namun, pastikan juga bahwa ide tersebut sesuai dengan keahlian atau kemampuan yang dimiliki.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU