26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang 2021

Aplikasi pinjaman online tenor panjang sudah pasti dapat memberikan keuntungan bagi sebagian besar masyarakat yang ada di Indonesia. Tidak hanya besaran bunga saja yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat Indonesia saat ini, tapi pada umumnya tenor panjang seringkali dijadikan sebagai patokan seseorang pada saat ingin mengajukan pinjaman bunga rendah.

Pasalnya mengambil tenor yang paling singkat memang relatif lebih aman, karena bunga yang dibebankan lebih rendah dan beban diri untuk segera melunasi hutang pun akan segera berakhir. Namun, tidak sesederhana itu pemikirannya, karena biasanya semakin singkat tenornya, maka semakin besar juga jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Sebab itulah tenor atau jangka waktu harus disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki, jika merasa mampu untuk mengambil jangka waktu yang lebih cepat silakan saja. 

Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki penghasilan hanya digunakan untuk membayar hutang saja, pastinya juga perlu untuk kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya. Karena itulah sebaiknya untuk tidak memaksakan diri untuk mengambil tenor singkat, walaupun dengan iming-iming pinjaman online bunga rendah. Sekarang ini sudah ada sejumlah aplikasi pinjaman online tenor panjang 2021 yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan pinjaman online bunga rendah tenor panjang.

Tips Menentukan Jangka Waktu Pinjaman yang Aman bagi Keuangan

Sebelum mulai membahas aplikasi pinjol terpercaya dengan tenor panjang, ini tips untuk menentukan tenor pada saat ingin melakukan pinjol adalah dengan cara mengetahui beberapa tips berikut. Tujuannya adalah untuk membuat keuangan relatif lebih aman pada saat mengaturnya untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah tips menentukan pinjol tenor panjang yang tetap aman untuk keuangan, antara lain:

  1. Pilih Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan Annual Percent Rate (APR) Paling Ringan

Perlu diketahui betapa pentingnya untuk memilih produk pinjaman dengan tingkat presentase tahunan yang paling ringan. Mengajukan pinjaman dengan penawaran dana yang dipastikan cepat cair saja tidaklah cukup, sebab dapat diketahui bahwa KTA merupakan salah satu produk pinjaman paling mahal. Karena pada dasarnya pinjaman KTA menggunakan skema bunga flat yang berarti bunga yang dibebankan merupakan total dari pinjaman dan bukan dari sisa hutang. Artinya, tidak peduli seberapa besar cicilan yang sudah dibayarkan atau lunasi, nilai bunga tidak akan berkurang atau bisa dikatakan tetap. Hal tersebut yang menjadi penyebab cicilan tetap besar.

Karena itulah lebih baik memilih produk dengan APR yang paling ringan, karena APR adalah presentase biaya tahunan yang mencakup seluruh biaya pinjaman, mulai dari bunga, biaya analisa kredit, biaya provinsi, biaya notaris (jika ada), dan sebagainya.

  1. Pahami Kemampuan Finansial

Hal ini sangat penting untuk dipahami, pasalnya dengan memahami kemampuan finansial yang dimiliki, maka untuk menentukan tenor pinjaman saat melakukan pengajuan alangkah baiknya melakukan penghitungan kemampuan finansial yang dimiliki terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja yang penting untuk diketahui sebelum menentukan tenor pinjaman, karena tenor pinjaman merupakan penentu besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebab itulah diperlukan untuk menghitung kemampuan finansial terlebih dahulu agar tahu kira-kira berapa dana yang bisa dialokasikan untuk membayar cicilan tersebut.

Metode yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan tanggungan dalam satu bulan, setelah itu hitunglah total yang perlu disisihkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara keseluruhan. Pada saat telah menemukan jumlah kebutuhan dan tanggungan tadi, barulah bisa untuk menghitung tenor pinjaman yang akan ditentukan sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

  1. Mempertimbangkan Penggunaan Asuransi Kredit

Mempertimbangkan untuk menggunakan asuransi kredit dalam layanan pinjol tenor panjang merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya selain menghitung seluruh kebutuhan dan tanggungan yang dimiliki, perlu untuk mempertimbangkan adanya risiko lain yang mungkin akan terjadi, seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kecelakaan hingga meninggal dunia harus dipertimbangkan juga.

Jika risiko tersebut terjadi sewaktu-waktu yang tanpa tahu kapan terjadi itulah makanya setiap pinjol akan menawarkan fitur asuransi kredit sebagai mitigasi risiko. Bahkan beberapa penyedia layanan pinjol ini mengharuskan peminjam untuk menggunakan fitur asuransi kredit tersebut. Namun, bagi pinjol bunga rendah dan tenor singkat fitur tersebut bisa saja diabaikan. Tapi tidak pada pinjol yang memberikan nominal pinjaman yang besar, sebab itu alangkah baiknya fitur asuransi kredit ini patut untuk dipertimbangkan kembali. Sehingga hutang tersebut tidak membebani orang terdekat maupun anggota keluarga tercinta.

Mungkin hanya segitu saja tips yang bisa diberikan bagi pembaca yang ingin menggunakan layanan pinjol, setelah memahami tips di atas tadi inilah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan pilihan yang bisa memberikan berbagai pilihan tenor dengan nominal yang variatif.

5 Aplikasi Pinjaman Online Tenor Panjang

Berikut ini adalah beberapa aplikasi pinjol yang bisa dijadikan tempat untuk meminjam dana dengan jangka waktu yang varian.

  1. ModalKu

Modalku platform pinjaman sekaligus pendanaan yang terfokus pada UMKM. Namun limit kredit yang diberikan oleh platform modalku ini bisa mencapai Rp2 miliar dengan masa cicilan yang ditawarkan oleh platform pinjol ini hingga 24 bulan atau 2 tahun. Akan tetapi proses pengajuan untuk meminjam di platform modalku ini cukup memakan waktu dikarenakan limit pinjaman yang besar, maka proses pengajuannya akan memakan waktu sekitar 5 hari.

Namun, tidak hanya itu saja kekurangan yang dimiliki oleh platform pinjol ini, melainkan persyaratan yang dibutuhkan juga tidak mudah, karena penyebab yang sama yakni limit pinjaman yang diberikan besar. Tapi itu bukanlah hal sulit, karena sesuai dengan limit kredit yang diberikan.

Tidak hanya melalui website resmi mereka saja untuk melakukan pengajuan pinjaman, melainkan saat ini juga bisa dengan mengunduh aplikasinya di smartphone sehingga memudahkan pengajuan pinjaman.

Persyaratan yang dibutuhkan oleh platform ini, antara lain:

  • Memiliki bisnis atau usaha yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun.
  • Berusia minimal 21 tahun dan berdomisili di Jabodetabek.
  • Memiliki omset bisnis yang tercatat di rekening bank.

Modalku adalah platform pinjol yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga data yang ada pada perusahaan akan terjamin keamanannya.

  1. TunaiKu

Tunaiku merupakan platform pinjaman dari PT Bank Amar Indonesia Tbk dan menjadi produk digital pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi finansial atau fintech. Tunaiku menyediakan produk pinjol tanpa agunan yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. 

TunaiKu menyediakan layanan pinjaman hingga Rp 20 juta dengan tenor yang diberikan minimal 6 bulan dan maksimal 20 bulan. Bunga yang akan dibebankan senilai 3%-4% per bulan dan biaya administrasi sebesar Rp540 ribu.

Syarat mengajukan pinjaman di TunaiKu, antara lain:

  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP.
  • Mempunyai rekening bank.
  • Memiliki penghasilan bulanan minimal Rp3 juta per bulan.
  • Berdomisili sesuai dengan area layanan yang disediakan.

TunaiKu juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan yang akan menjamin keamanan data penggunanya.

  1. KoinWorks

Koinworks adalah perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2PL) yang memungkinkan penggunanya meminjam untuk berbagai tujuan. Untuk mengajukan pinjaman di KoinWorks bisa dilakukan melalui website maupun smartphone dengan mengunduh aplikasinya di Playstore maupun App Store. KoinWorks akan memberikan pinjaman dengan maksimal pinjaman sebesar Rp500 juta dengan tenor cicilan hingga 24 bulan.

Persyaratan pengajuan pinjaman di KoinWorks, antara lain:

  • Berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Mempunyai rekening bank pribadi.
  • Tidak memiliki hutang lain yang belum dilunasi. 
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulannya.

KoinWorks merupakan platform pinjaman yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi dan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  1. Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan platform pinjaman yang sangat populer belakangan ini, karena merupakan platform pinjaman dengan tenor panjang dan tidak harus melampirkan slip gaji pada saat mengajukan pinjaman. Dengan limit kredit yang diberikan oleh Kredit Pintar sebesar Rp550 ribu dan maksimal pinjaman sebesar Rp8 juta dengan tenor yang ditawarkan selama 2 sampai 12 bulan dan bunga 0,8 persen.

Persyaratan pengajuan pinjaman di Kredit Pintar, antara lain:

  • WNI berusia minimal 18 tahun dan memiliki KTP.
  • Berdomisili di Indonesia.
  • Memiliki penghasilan bulanan sebesar Rp2 juta per bulannya.

Syarat yang dibutuhkan sangat mudah dan simpel membuat platform ini banyak diminati oleh banyak orang dan tentu saja platform ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Keamanan data pribadi akan dijamin keamanannya.

  1. Kredivo

Kredivo merupakan aplikasi pinjaman online tenor panjang yang sifatnya tidak jauh berbeda dengan kartu kredit pada umumnya. Dengan fitur paylater yang disediakan oleh Kredivo dan kini menyediakan dana tunai demi memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya. Kredivo tidak akan membebankan bunga, jika tagihan dibayarkan dalam kurun waktu 30 hari. Dengan limit pinjaman yang disediakan oleh platform Kredivo mulai dari Rp1,5 juta sampai dengan Rp30 juta dan tenor yang disediakan mulai dari 30 hari sampai dengan 12 bulan dan bunga senilai 2,95% per bulannya.

Persyaratan pengajuan pinjaman di Kredivo, antara lain:

  • WNI yang memiliki KTP dan berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap per bulan dengan minimal penghasilan sebesar Rp3 juta.

Mungkin dari aplikasi pinjol yang tadi disebutkan, Kredivo memiliki syarat yang paling mudah dan simpel dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Kredivo juga sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga data yang ada pada pihak Kredivo akan dijamin keamanannya.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah setiap aplikasi yang sudah disebutkan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mulai dari jangka waktu, limit kredit yang diberikan, dan persyaratan yang dibutuhkan. Jadi, alangkah baiknya untuk membandingkan aplikasi yang ingin digunakan terlebih dahulu untuk mendapatkan aplikasi yang relevan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU