26.3 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Aset Kripto Makin Populer, Asosiasi Paparkan Alasan Investor Banyak Pilih Kripto

JAKARTA, duniafintech.com – Investasi aset kripto atau cryptocurrency kini telah menjadi salah salah satu pilihan anak muda untuk mengembangkan ekonomi mereka. Anak muda terutama kalangan Gen Z dan Milenial sudah banyak melirik aset kripto untuk menjadi pilihan instrumen dalam berinvestasi.

Beberapa waktu lalu, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan, bahwa banyak kalangan anak muda yang mulai melihat cryptocurrency sebagai ruang baru yang menjanjikan untuk meningkatkan kondisi keuangan mereka.

Senada dengan Jerry, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda, mengatakan bahwa investasi aset crypto kini sudah didominasi oleh kalangan Gen Z dan Milenial. 

Baca jugaWow, Pelaku Bisnis di Singapura Mulai Terima Pembayaranan dengan Kripto

Hal ini disebabkan oleh volatilitas ekonomi dan pandemi Covid-19 yang mempercepat tren pertumbuhan anak muda untuk mulai memperdagangkan kripto dan non-fungible token atau NFT.

“Salah satu hal yang menyebabkan peningkatan tersebut adalah kemudahan bagi investor milenial dan Gen Z dalam melakukan pembukaan akun atau wallet secara online kripto melalui smartphone,” kata pria yang akrab disapa Manda, dalam keterangan tertulis, dikutip dari Liputan6.com, Senin (23/5/2022).

“Mereka termasuk generasi yang tech savvy sehingga lebih akrab dengan teknologi dan open minded dengan hal-hal yang baru, termasuk aset kripto dan blockchain,” lanjut dia.

Menurut data dari Bappebti, dari 12,4 juta investor per Februari 2022, mayoritas investor di aset kripto di Indonesia sebesar 40 persen didominasi oleh kalangan usia 25-34 tahun. 

Baca jugaFitur NFT Akan Hadir di Facebook dan WhatsApp usai Sukses Diuji di Instagram

Crypto juga bisa menjadi investasi jangka panjang untuk para generasi muda. Meski memiliki volatilitas tinggi, kripto kini tengah populer sebagai bagian rencana dari tabungan pensiun bagi investor muda. 

Para investor muda dapat mengambil lebih banyak risiko untuk strategi investasi mereka, karena memiliki waktu yang panjang.

Baca jugaWaduh! Madonna Rilis NFT Pamerkan Tubuh hingga Organ Intim Digital

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU