27.1 C
Jakarta
Rabu, 28 September, 2022

Terkait Erupsi Gunung Semeru, Ini Pentingnya Asuransi Bencana di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnnya, asuransi bencana adalah program mitigasi atas potensi kerugian yang mungkin timbul disebabkan oleh adanya bencana alam, misalnya gempa bumi, banjir, atau erupsi gunung berapi. Produk ini sendiri terdapat dalam asuransi kerugian.

Sebagaimana diketahui, pada Sabtu (4/12), pukul 15.00 WIB, Gunung Semeru mengalami erupsi. Gunung yang terletak di dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, ini mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh, serta asap pekat berwarna abu-abu.

Adapun dampak erupsi Semeru kali ini bukan hanya menimbulkan korban jiwa, melainkan juga kerusakan materi. Setidaknya, hingga Minggu (5/12) pukul 06.20 WIB tadi, ada 13 korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru ini.

Sementara itu, korban luka dari erupsi Gunung Semeru yang pada umumnya merupakan korban luka bakar, sekarang sedang ditangani di puskesmas sekitar lokasi terdampak.

Asuransi Bencana Alam di Indonesia

Disebutkan dalam Polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia – Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), bahwa terkait risiko gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran, dan ledakan yang mengikuti terjadinya gempa bumi dan letusan gunung berapi serta tsunami, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Akan tetapi, untuk memperoleh pertanggungan ini, Anda terlebih dahulu harus punya produk asuransi properti, kebakaran, atau kendaraan bermotor. Hal itu karena klausul ini adalah jaminan yang harus Anda perluas dalam polis standard. Dengan demikian, premi yang dibayarkan nantinya tentu akan lebih mahal ketimbang biasanya.

Namun, mengingat besarnya risiko yang dapat ditanggung, terutama dengan rentannya bencana di Indonesia, akan sangat masuk akal untuk melakukan perluasan jaminan, terlebih bagi Anda yang selama ini tinggal di wilayah yang sering terjadi bencana.

Dalam hal ini, Anda perlu menghitung dengan baik perluasan yang Anda perlukan, apakah asuransi banjir, gempa bumi, atau seluruhnya. Guna memperlihatkan gambaran premi yang harus dibayarkan, Anda bisa menggunakan rumus ini:

  • Jumlah pertanggungan x Rate Premi

Nanti, hasilnya adalah premi yang harus Anda bayarkan untuk memperoleh perluasan asuransi itu.

Manfaat Asuransi Bencana

Sebagiamana produk asuransi lainnya, apabila Anda mengalami kerugian akibat gempa bumi, banjir, atau erupsi seperti yang terjadi di wilayah Gunung Semeru, Anda bisa mengajukan klaim atas kerugian yang diderita. Dalam hal ini, kerugian ekonomi akibat bencana alam akan diringankan oleh perusahan asuransi. Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan dokumen pendukung lainnya, yakni:

  • Laporan klaim
  • Fotokopi polis
  • Surat Keterangan dari Kepala Daera atau Kelurahan tentang peristiwa bencana tersebut
  • Berita Acara dari Kepolisian setempat
  • Laporan lengkap tentang penyebab kerugian dan kerusakan serta ukti yang berkaitan dengan kejadian itu

Setelah itu, Anda bisa memperoleh ganti rugi yang angkanya sesuai dengan polis yang diberikan. Maka dari itu, sebaiknya Anda baca dengan saksama polis asuransi yang Anda miliki dan apabila mengalami bencana, Anda dapat langsung mengajukan klaim.

Pilihan Asuransi sebagai Langkah Antisipasi

Mengikuti asuransi, utamanya bagi masyarakat yang bermukim di wilayah pegunungan aktif maupun tidak dan area yang rawan dengan bencana alam, seperti tanah longsor dan gempa bumi, adalah langkah antisipasi dari kerugian yang disebabkan oleh bencana alam.

Dengan memiliki asuransi, Anda bisa memperoleh perlindungan finansial akan risiko yang terjadi. Nantinya, akan ada biaya ganti rugi atas kerugian yang dialami. Untuk jenis pertanggungan yang harus dimiliki untuk antisipasi bencana alam adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi Jiwa

Ini merupakan jenis asuransi yang sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang sebagai perlindungan akan nyawanya. Namun, bukan berarti bahwa dengan menggunakan asuransi jiwa ini maka nyawa seseorang akan aman dari bencana, melainkan ahli waris si tertanggung bakal memperoleh perlindungan finansial apabila tertanggung meninggal dunia.

Adapun nilai terendah pertanggungan asuransi jiwa yang diberikan kepada ahli waris, yakni Rp50—100 juta. Karena itu, dengan mengikuti asuransi, si tertanggung akan seolah-olah tetap mampu menghidupi keluarganya melalui dana perlindungan asuransi dari pihak asuransi yang diberikan per bulan.

  1. Asuransi Kesehatan

Bencana alam yang terjadi sering kali diiringi oleh hadirnya wabah penyakit yang menghantui, mulai dari banjir yang bisa menyebabkan penyakit kolera dan malaria hingga bencana erupsi gunung yang asapnya bisa menyebabkan asma dan sesak napas. Karena itu, sebagai langkah antisipasi akan penyakit yang dibawa oleh musibah, asuransi kesehatan merupakan solusinya.

Dengan jenis asuransi ini, Anda akan memperoleh proteksi kesehatan menyeluruh atas risiko terkena penyakit. Nantinya, asuransi kesehatan ini juga akan meng-cover biaya rumah sakit, dokter, obat-obatan, dan lainnya.

  1. Asuransi Kendaraan

Di samping punya proteksi atas tubuh, tambah juga perlindungan diri Anda terhadap kendaraan. Tentu saja hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak mengalami kerugian besar apabila tiba-tiba terjadi risiko berupa bencana alam juga ikut menggerus kendaraan yang dimiliki, misalnya yang terjadi pada erupsi Gunung Semeru, kemarin.

Pada produk asuransi mobil, untuk memperoleh perlindungan atas musibah bencana alam, (disebut juga God Act), diperlukan perluasan perlindungan. Pada dasarnya, perluasan asuransi adalah penambahan risiko lainnya yang ditanggung oleh pihak asuransi.

Asuransi kendaraan pada umumnya hanya melindungi dari biaya perbaikan akibat kecelakaan atau kehilangan. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu kendaraan yang diasuransikan sudah mendapat jaminan dari perluasan perlindungan dari musibah.

  1. Asuransi Properti

Sebagaimana diketahui, rumah menjadi salah satu aset paling penting. Di samping itu, memiliki rumah adalah kebutuhan primer setiap manusia yang wajib dipenuhi. Tentu saja, Anda tidak ingin rumah yang sudah diidam-idamkan sejak lama rusak atau bahkan hancur karena bencana alam. Maka dari itu, untuk melindungi aset properti primer Anda tersebut, perusahaan asuransi khusus menyediakan produk asuransi berupa asuransi properti yang memberikan perlindungan finansial terhadap rumah Anda.

Asuransi ini nantinya akan meng-cover biaya kerusakan pada rumah Anda apabila terkena risiko kebakaran, banjir, gempa bumi, ledakan, terkena asap, kejatuhan pesawat, erupsi gunung berapi, dan sebagainya. Di samping itu, pada asuransi rumah pun terdapat pilihan untuk memberikan perlindungan terhadap isi dari rumah. Itu berarti, barang-barang berharga dalam rumah pun bisa ditanggung kerusakan dan kehilangannya apabila suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Asuransi Pertanian

Jenis asuransi yang satu ini pun tak kalah pentingnya untuk dimiliki, terlebih bagi Anda yang berprofesi sebagai petani dan memiliki sawah yang luas. Pasalnya, menjelang musim panen tiba, memang tidak bisa diprediksi risiko yang bisa saja terjadi, misalnya hama, gagal panen, bahkan bencana alam berupa erupsi gunung yang akan merusak tanaman pertanian.

Nantinya, asuransi pertanian bakal memberikan perlindungan finansial bagi lahan pertanian Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Di samping itu, sekarang ini perluasan asuransi pertanian pun mencakup asuransi ternak sehingga bukan hanya tanaman yang dapat diproteksi asuransi, melainkan juga bisa untuk hewan.

  1. Asuransi Perjalanan

Pada kasus seperti erupsi Gunung Semeru kemarin, yang menjadi salah satu lokasi wisata terbesar, akan banyak wisatawan yang berada di sana ketika peristiwa itu terjadi. Terkait hal itu, asuransi perjalanan adalah salah satu hal penting yang dapat digunakan untuk meminimalisir kerugian, di antaranya karena manfaat berikut:

  • Delay pesawat: ini adalah hal yang paling sering muncul sebagai akibat dari bencana alam. Asuransi perjalanan bisa memberikan santunan atas semua kerugian yang terjadi akibat penundaan penerbangan dari maskapai yang Anda gunakan.
  • Celaka saat perjalanan, baik karena kecelakaan transportasi maupun bencana alam.

Guna memperoleh manfaat perlindungan atas hal tadi, pastikan asuransi yang Anda pilih memiliki rekanan rumah sakit yang luas dan berada di sekitar lokasi perjalanan Anda.

Demikianlah pentingnya asuransi bencana sebagai langkah antisipasi atas musibah yang bisa terjadi kapan saja. Dalam hal ini, Anda harus memilih asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, yang bisa dilihat dari risiko yang paling berpotensi terjadi terhadap Anda. Kemudian, pilih pula premi yang pas di  kantong agar nantinya tidak menyulitkan keuangan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Indodax Trading Fest Oktober 2022 Berhadiah Ratusan Juta, Komitmen Indodax Demi Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Indodax, platform kripto terbesar di Indonesia dengan 5,5 juta member terdaftar kembali menggelar Indodax trading fest Oktober 2022 secara rutin.  Pelaksanaan lomba atau...

Sri Mulyani Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, tertinggi se-Asia Tenggara. Hal itu tercermin sejak...

Erick Keluhkan Generasi Saat Ini Tidak Mau Jadi Petani

JAKARTA, duniafintehch.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai generasi muda saat ini enggan menjadi Petani lantaran tidak memiliki jaminan masa...

Pertamina Bantah Tudingan Produk Pertalite Bikin Boros

JAKARTA, duniafintech.com - Pertamina buka suara terkait beberapa hari ini viral mengenai keluh kesah konsumen pengendara yang menggunakan Bahan Bakar Minyak jenis Pertalite. Para...

Cara Cicil iPhone di iBox, Bisa Pakai Shopee Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cicil iPhone di iBox dengan kartu kredit hingga Shopee berikut ini penting banget lho untuk diketahui. Pasalnya, hingga detik ini, iPhone...
LANGUAGE