25 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

Rekomendasi Produk Asuransi Motor Honda Terbaik 2021

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi Motor Honda adalah hal yang penting untuk diketahui, utamanya kalau Anda membeli motor merek Honda secara tunai. Namun, jika Anda membeli motor secara kredit, biasanya motor itu telah dilengkapi dengan premi asuransi langsung dari Honda.

Dengan demikian, Anda sebagai konsumen tidak perlu membeli asuransi secara terpisah. Pasalnya, sepanjang proses angsuran masih berlangsung, Anda masih bisa mendapat klaim lewat pelayanan pertanggungan motor dari Honda atau asuransi bawaan dari leasing.

Pada dasarnya, asuransi motor adalah produk asuransi untuk sepeda motor dengan manfaat ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Ringkasnya, jenis pertanggungan ini adalah asuransi motor hilang atau rusak.

Jenis-jenis Produk Pertanggungan Motor

Peran asuransi kendaraan, dalam hal ini asuransi motor, adalah untuk memberikan perlindungan dan membuat pengendara merasa lebih tenang sebab risiko kecelakaan ataupun kehilangan memang tidak bisa dihindari meskipun Anda berkendara dengan sangat berhati-hati.

Untuk diketahui, asuransi bagi Honda maupun untuk merek lain punya 2 jenis, yakni TLO (Total Loss Only) dan All Risk, dengan perbedaan terletak pada besaran jaminan yang diberikan. Adapun asuransi TLO memberi jaminan atas ganti rugi atas kehilangan motor karena pencurian saat motor diam (motor dicuri di parkiran), perampasan, atau penodongan.

Di samping itu, asuransi TLO pun menjamin ganti rugi apabila motor mengalami kerusakan akibat tabrakan, benturan, terbalik, atau tergelincir dengan kondisi kerusakan minimal atau di atas 75 persen. Meski demikian, asuransi ini tidak berlaku untuk kehilangan akibat penipuan dan hipnotis. Jenis asuransi ini juga paling populer digunakan untuk berbagai merk sepeda motor di Indonesia.  Biasanya, Asuransi TLO tersebut akan ditambah dengan manfaat asuransi kecelakaan diri.

Lalu, juga ada asuransi All Risk yang tidak hanya memberikan ganti rugi motor ketika hilang, tetapi juga menanggung musibah atau kerugian lainnya, seperti motor yang lecet, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di dalam polis asuransi. Meski demikian, asuransi All Risk ini biasanya ditawarkan untuk kendaraan di atas Rp30 juta rupiah, misalnya Harley Davidson atau motor mewah lainnya.

Rekomendasi Asuransi Motor Honda Terbaik

Ada banyak produk pertanggungan motor terbaik yang dapat diberikan pada berbagai merek, termasuk Honda. Anda pun hanya perlu memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Inilah rekomendasinya:

  1. Garda Motor – Asuransi Astra

Produk pertanggungan motor untuk merk Honda yang pertama pada daftar ini adalah Garda Motor dari Asuransi Astra. Asuransi ini diberikan dalam jenis asuransi TLO yang memberikan jaminan kendaraan bermotor terhadap kerugian atau kerusakan total, dengan biaya perbaikan lebih dari 75 persen atau kehilangan akibat pencurian.

Adapun risiko yang dijamin termasuk kerusakan saat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kebakaran, ataupun perbuatan jahat dan pencurian. Untuk kelebihan dari produk asuransi motor yang satu ini, yaitu menjamin risiko ketika sepeda motor masuk atau ikut serta ke dalam kapal penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Akan tetapi, Garda Motor diketahui tidak menjamin kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan digunakan menarik atau mendorong kendaraan lain, digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi, atau tindakan lain yang melawan hukum. Kemudian, asuransi motor ini juga tidak menjamin kerugian dari peristiwa gempa bumi, banjir atau gejala geologi lain, serta kerusuhan perang dan sejenisnya.

  1. Asuransi Motor Motopro – Adira

Sebagaimana Garda Motor, jenis asuransi Motopro dari Adira Insurance ini juga memberikan jaminan TLO terhadap sepeda motor Honda yang Anda punya. Di samping jaminan ganti rugi sesuai polis, Anda pun bakal memperoleh mendapatkan jaminan kecelakaan diri selama mengendarai sepeda motor ini apabila mengambil paket lengkap.

Ada beberapa paket yang ditawarkan asuransi dari Adira ini, yaitu:

  • Paket standar untuk semua harga motor. Manfaat yang diberikan sesuai dengan polis TLO, yakni jaminan hanya berupa penggantian terhadap kerugian total.
  • Paket lengkap (Motorpro Plus) berupa jaminan TLO untuk motor Honda yang harganya di bawah Rp50 juta. Produk ini dilengkapi jaminan kecelakaan diri (personal accident), biaya pengobatan (medical expense) dan bencana alam.

Namun, jika perlindungan itu tidak cukup, Anda pun bisa menambah perluasan pertanggungan dengan biaya tambahan, contohnya dengan menambah perluasan pertanggungan berupa tanggung jawab pihak ke-3 atau Third Party Liability.

Di samping konvensional, juga ada produk Motorpro syariah sehingga ada manfaat bagi hasil untuk nasabah, dengan syarat tidak pernah melakukan klaim selama masa asuransi berlangsung. Untuk besaran bagi hasil dari produk ini bergantung dari surplus dana tabarru’.

  1. Motor Protection – Lippo Insurance

Ini merupakan produk asuransi untuk sepeda motor dari Lippo Insurance yang memberikan perlindungan asuransi motor terbaik 2021 untuk berbagai merek terhadap risiko kehilangan dan kerusakan total sekaligus risiko kecelakaan yang Anda alami ketika berkendara. Adapun pertanggungan yang diberikan pun sama dengan produk sebelumnya, yakni asuransi TLO.

Di samping jaminan ganti rugi standar sesuai ketentuan TLO, asuransi ini pun melindungi Anda dari pencurian dan tidak ditemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari sejak terjadinya pencurian. Motor Protection pun bisa memberikanperluasan jaminan yang terdiri dari:

  • Kerusuhan, pemogokan, huru-hara, terorisme, dan sabotase terhadap kendaraan bermotor yang dipertanggungkan.
  • Perluasan jaminan untuk menjamin risiko-risiko bencana alam semisal gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami, angin topan, badai, banjir, hujan es, dan tanah longsor terhadap kendaraan bermotor yang dipertanggungkan
  • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ke III/ Third Party Liability (TPL).
  1. Simas Motor – Asuransi Sinar Mas

Menjadi salah satu asuransi kesehatan terbaik, Sinar Mas pun punya produk asuransi motor bernama Simas Motor. Anda akan memperoleh jaminan dasar TLO dengan membayar sejumlah premi. Syarat asuransi motor ini adalah hanya untuk kendaraan yang memiliki usia maksimal 10 tahun.

Di sisi lain, Simas Motor pun memberlakukan nilai pertanggungan sesuai dengan harga pasar saat penutupan atau harga perolehan sesuai faktur untuk kendaraan baru. Kendaraan yang dapat diajukan untuk memperoleh proteksi ini hanyalah kendaraan pribadi atau dinas kantor.

  1. Asuransi Motor Avrist General

Rekomendasi terakhir adalah produk dari Avrist General. Produk yang satu ini cukup berkualitas, dengan memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk kendaraan dengan memberikan jaminan biaya perbaikan atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan Anda, termasuk akibat tabrakan, tubrukan, tergelincir, kebakaran, perbuatan jahat orang lain, pencurian, perampasan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Pengecualian dari produk ini, yaitu:

  • Kerugian akibat tidak dapat dipakainya kendaraan.
  • Pencurian alat-alat nonstandar.
  • Penggelapan
  • Kerugian atau kerusakan karena digunakan untuk menarik/mendorong kendaraan lain, kelebihan muatan dan dijalankan dengan paksa, dan dijalankan dalam keadaan rusak.

Simulasi Premi Asuransi motor

Untuk diketahui, masing-masing produk asuransi motor menawarkan jumlah premi yang beragam. Akan tetapi, besarannya bakal bergantung pada kisaran harga motor, wilayah tempat Anda tinggal, dan perluasan yang diinginkan. Cara menghitung premi asuransi motor Honda dapat ditentukan setelah Anda menentukan produk TLO atau All Risk serta perluasan yang ditambahkan.

Rumusan perhitungan premi antara lain:

  • Persentase premi x Harga motor

Adapun hasil dari perhitungan itu bakal menjadi harga asuransi motor yang harus dibayarkan ke perusahaan asuransi. Misal, jika Anda membeli motor Honda PCX 160 CBS seharga Rp30.84.000.000 dengan perkiraan persentase sebesar 3,5% dari harga tersebut. Kemudian, ditambah biaya administrasi Rp29.000 maka jumlah premi yang harus Anda bayarkan adalah:

  • Jumlah premi = (Rp30.84.000.000 x 3.5%) + Rp29.000

Dengan demikian, jumlah premi yang harus kamu bayarkan per tahun adalah sebesar Rp1.108.400.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE