26.9 C
Jakarta
Selasa, 18 Januari, 2022

Polis, Premi, dan Cara Klaim Asuransi Mobil Adira

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil Adira adalah proteksi kendaraan yang ditawarkan melalui produk bernama Adira Autocillin. Adapun produk ini termasuk ke dalam salah satu asuransi yang bagus di Indonesia mengingat jangkauannya yang terbilang luas.

Di samping itu, sebagai salah satu asuransi mobil terbaik di tanah air, fasilitas yang ditawarkannya pun terbilang lengkap, meliputi bantuan darurat di jalan, mobil derek atau towing car, dan layanan ambulans apabila terjadi kecelakaan.

Tentang Asuransi Mobil Adira

Asuransi mobil yang satu ini diketahui menghadirkan polis Adira Autocillin yang dikelola oleh PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Keunggulannya, antara lain, tersedia layanan Autocillin Garage yang memberikan garansi perbaikan cat mobil, informasi rutin perbaikan di bengkel, termasuk antar-jemput mobil ke bengkel.

Sebagaimana produk asuransi mobil lainnya, asuransi mobil ini pun menyediakan jaminan Comprehensive dan Total Loss Only. Adapun masing-masing jenis ini punya rate premi asuransi mobil yang berbeda, yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Di samping itu, kualitas layanannya pun tidak perlu diragukan lagi sebab sudah dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, di antaranya:

  1. Emergency Roadside Assistance (ERA)

Diketahui, fitur ini memberikan bantuan perbaikan gratis saat mengalami gangguan ringan ketika berkendara di jalan, misalnya gangguan ban, kerusakan aki mobil, pendingin mesin bermasalah, sistem kopling mengalami gangguan, berkurangnya fungsi pengereman, perbantuan apabila kehabisan bahan bakar, sampai locksmith alias kunci ketinggalan di dalam kendaraan.

  1. Derek gratis

Ini merupakn layanan derek gratis yang sekarang berlaku untuk wilayah Jabodetabek, Medan, dan Surabaya.

  1. Ambulans gratis

Bantuan ini berupa pelayanan ambulan gratis saat nasabah mengalami musibah atau kecelakaan saat berkendara.

  1. Autocillin Mobile Claim Application

Layanan ini berupa pelaporan secara real time melalui aplikasi di smartphone. Anda pun bisa cek polis Autocillin di laman resmi mereka.

  1. Autocillin Mobile Service

Di samping punya produk asuransi kendaraan bermotor, Adira Insurance juga memiliki berbagai produk lainnya, yakni asuransi perjalanan, asuransi kesehatan, asuransi properti, dan unit asuransi syariah.

Polis Asuransi Mobil Adira

Ada 2 jenis produk asuransi mobil yang ditawarkannya, yakni All Risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Adapun perlindungan yang diberikan oleh asuransi Autocillin, yaitu:

  • Tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga (Third Party Liability/TPL).
  • Kecelakaan Diri (Personal Accident/PA).
  • Angin topan, banjir, hujan es, dan tanah longsor.
  • Gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Huru-hara dan kerusuhan.

Sementara itu, pilihan paket yang dapat dipilih oleh calon nasabah, yakni:

  1. Adira Autocillin Comprehensive

Ini merupakan jenis paket yang memberikan perlindungan all risk, yang bakal memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan, kerusakan sebagian, ataupun keseluruhan pada kendaraan. Sejumlah penyebab terjadinya klaim, yakni benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan kecelakaan lalu lintas.

Inilah beberapa manfaatnya:

  • Pertanggungan untuk semua jenis risiko kerugian dasar, baik karena kerusakan minor atau kerusakan total
  • Perlindungan kehilangan barang pribadi hingga Rp2 juta
  • Berhak mendapatkan biaya penggantian transportasi hingga Rp5 juta
  • Biaya ambulans hingga Rp500 ribu
  • Gratis biaya perpanjangan STNK dengan rekanan Asuransi Adira

Akan tetapi, perlindungan asuransi Autocillin all risk ini diketahui dibatasi hanya untuk mobil dengan usia maksimal 8 tahun. Itu berarti, asuransi tersebut hanya cocok untuk kendaraan baru.

  1. Adira Autocillin Comprehensive Plus

Manfaat dasar yang diberikan oleh produk ini sama dengan Autocillin Comprehensive. Namun, ada perluasan jaminan terhadap risiko kerusakan akibat bencana alam. Manfaat lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Pertanggungan untuk semua jenis risiko kerugian dasar, seperti yang didapatkan dalam paket Autocillin Comprehensive
  • Uang pertanggungan hingga Rp100 juta
  • Perlindungan kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang
  • Jaminan proteksi terhadap risiko bencana alam meliputi angin topan, badai, hujan es, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi
  • Pertanggungan terhadap risiko huru-hara dan kerusuhan
  • Pertanggungan kehilangan barang pribadi hingga Rp2 juta
  • Biaya penggantian transportasi hingga Rp5 juta
  • Biaya ambulans hingga Rp500 ribu
  • Gratis biaya perpanjangan STNK dengan rekanan Asuransi Adira
  1. Adira Autocillin TLO

Apabil Anda ingin mengasuransikan kendaraan lama di atas usia 8 tahun, asuransi Adira Autocillin TLO adalah pilihan yang tepat. Produk yang satu ini menjamin kendaraan dengan usia mencapai 15 tahun.  Manfaat dasar yang diperoleh dari produk ini, yaitu penggantian apabila kendaraan mengalami kehilangan atau kerusakan lebih dari 75 persen. Anda pun dapat memperoleh perluasan jaminan seperti yang ada pada paket Autocillin Comprehensive Plus dengan penambahan biaya premi.

  1. Autocillin Syariah (Asuransi Mobil Adira)

Bukan hanya produk asuransi kendaraan bermotor konvensional, Adira Autocillin pun punya asuransi kendaraan bermotor syariah yang diberi nama Autocillin Ikhlas. Anda juga dapat memilih jenis asuransi all risk dan juga total loss only (TLO). Untuk besaran harga premi Asuransi Adira Syariah didasarkan pada profil calon peserta, produk asuransi yang ditawarkan, dan obyek yang diasuransikan. Beberapa manfaat dari produk Autocillin Syariah adalah:

  • Jaminan ganti rugi dan biaya perbaikan atas segala akibat kerusakan dan kehilangan.
  • Ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang yang ada di dalam kendaraan senilai maksimal Rp2 juta.
  • Bisa mendapatkan perluasan jaminan untuk kasus kerusakan atau kehilangan yang diakibatkan karena banjir, topan, badai, gempa, tsunami, dan lain-lain. (Comprehensive Plus)

Premi dan Cara Klaim Pertanggungan Mobil Adira

Adapun perhitungan premi asuransi mobilnya didasarkan pada kondisi kendaraan, wilayah domisili, usia kendaraan, dan produk asuransi yang dipilih. Merujuk pada aturan Otoritas Jasa Keuangan tentang batas bawah dan batas atas uang pertanggungan untuk asuransi kendaraan, Asuransi TLO pada dasarnya memang memiliki premi yang lebih rendah ketimbang asuransi komprehensif.

Sementara itu, untuk proses klaim asuransi mobil ini tidak berbeda jauh dengan cara klaim dari perusahaan asuransi lainnya. Klaimnya dibagi menjadi dua bagian, yakni:

  • Kerugian sebagian: nilai kerugian yang ditanggung tidak bisa lebih dari 75 persen harga pertanggungan. Anda dapat mengajukan saat kehilangan mobil atau kecelakaan yang dijamin oleh polis.
  • Kerugian total: nilai kerugian mencapai 75 persen dari harga pertanggungan yang disebabkan oleh kehilangan atau kecelakaan yang kejadiannya dijamin oleh polis.

Prosedurnya adalah seperti berikut:

  1. Lapor kejadian

Saat hendak mengajukan klaim, nasabah harus melakukan pelaporan dulu dalam waktu tidak lebih dari 5 hari kerja sejak terjadinya kerugian. Cara-cara yang bisa dilakukan, yakni:

  • Mendatangi kantor Adira Insurance terdekat
  • Menghubungi Adira Care di nomor 1500456
  • Mengirim SMS ke 0812-111-3456
  • Melaporkan lewat Autocillin Mobile Claim, yang bisa diunduh melalui Google Playstore dan App Store di smartphone.
  • Melapor melalui situs Adira
  1. Melengkapi persyaratan dan dokumen

Usai melaporkan kejadian, nasabah dapat segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan produk atau perjanjian polis. Beberapa persyaratan dokumen yang disiapkan, antara lain:

  • Formulir Laporan Kerugian yang akan diberikan oleh petugas Adira Insurance
  • Salinan SIM yang masih berlaku
  • Salinan STNK yang masih berlaku
  • Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim yang diajukan
  • Dokumen pendukung lainnya mengacu kepada kebijakan masing-masing jenis produk asuransi.
  • Foto yang memperlihatkan kerugian yang dialami
  1. Survei dan Analisis Klaim

Adapun proses berikutnya adalah Anda bakal melewati tahapan survei untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan proses penghitungan estimasi total kerugian yang terjadi.  Survei dan analisis itu dilakukan oleh tim Adira terhadap objek pertanggungan setelah menerima klaim. Usai survei dan analisis ini rampung, Anda akan memperoleh penilaian. Apabila sesuai dengan kesepakatan polis, Adira segera memberikan penggantian kerugian yang dialami.

  1. Penggantian Klaim

Diketahui, proses penggantian klaim dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang ditanggung dalam polis. Dalam hal ini, seluruh jenis klaim wajib disertakan kronologi kejadian dalam formulir laporan kerugian yang diberikan oleh petugas Adira Insurance. Di samping itu, jika terjadi kerusakan dan mobil Anda butuh perbaikan, Anda mesti menyiapkan biaya own risk sebesar Rp300 ribu.

Call Center Adira Insurance

Graha Adira

  • MT. Haryono Kav.42
  • Jakarta 12780
  • T. +62-21 2966 7373 | F. +62-21 2966 7345

Adira Care

Demikian review asuransi mobil Adira yang perlu Anda ketahui. Dengan mempertimbangkan beragam kelebihan yang ditawarkannya, asuransi ini tentu saja menjadi rekomendasi bagi Anda yang membutuhkan proteksi untuk kendaraan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ingin Mendapatkan Kartu GPN di Berbagai Bank? Simak Caranya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu GPN adalah salah satu jenis kartu debit atau yang biasa dikenal dengan kartu ATM. Sebagaimana diketahui, kartu ATM akan memberikan...

Ulasan Lengkap soal e-Money Mandiri: Cara Buat hingga Panduan Top Up

JAKARTA, duniafintech.com – E-money Mandiri adalah uang elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang lantaran kemudahan dalam penggunaannya. Diterbitkan oleh Bank Mandiri, uang elektronik yang...

Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Biaya Pendidikannya

JAKARTA, duniafintech.com - Gaji tukang parkir pesawat atau marshaller dengan tanggung jawabnya memarkirkan pesawat terbang yang berukuran besar ternyata memiliki gaji yang menjanjikan.  Mungkin saja...

Mau Side Job? Ini 7 Situs Penghasil Uang Terpercaya 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Situs penghasil uang terpercaya 2022 sekarang ini sudah banyak beredar di internet yang bisa diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Akan...

Alasan Penting Menyimpan Slip Gaji bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Alasan menyimpan slip gaji bagi semua karyawan di perusahaan manapun tentu saja sangat penting. Menerima gaji adalah sebuah tujuan utama bagi...
LANGUAGE