25.4 C
Jakarta
Minggu, 14 Juli, 2024

Jenis-jenis Asuransi dengan Mobil Pengganti hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi dengan mobil pengganti, apa itu? Jika Anda tengah kebingungan lantaran mobil yang dibeli sedang mengalami kerusakan atau tidak bisa digunakan maka Anda pasti akan langsung pergi ke asuransi untuk bisa terus mengendarai mobil walaupun kendaraaan Anda itu sedang rusak.

Nah, jika asuransi mobil Anda masih berlaku, Anda bisa mengklaim jenis asuransi mobil yang satu ini. Asuransi ini bisa membantu Anda untuk terus menggunakan mobil meski mobil Anda sedang tidak bisa digunakan selama masa asuransi masih berlaku.

Tentang Asuransi dengan Mobil Pengganti

Mobil pengganti pada dasarnya merupakan fasilitas yang diberikan gratis oleh asuransi. Mobil pinjaman ini akan diberikan saat kamu mengklaim asuransi. Fasilitas itu seringkali ditemukan pada beberapa paket asuransi mobil.

Akan tetapi, fasilitas ini tidak bisa digunakan terus-menerus sebab ada batas waktu penggunaannya. Kalau Anda melewati batas waktu yang sudah ditentukan maka Anda akan dianggap menyewa mobil tersebut.

Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik perjanjian asuransi sebelum mengklaim asuransi ini. Pastikan bahwa klaim asuransi Anda cepat dilakukan oleh bengkel yang sudah dipilih sehingga Anda tidak terlambat untuk menggunakan mobil pinjaman.

Baca juga: Simulasi Asuransi Mobil: Jenis hingga Cara Menghitungnya

Cara Mengajukan Klaim

  1. Simpan Polis dan Catat Nomor Klaim

Sebaiknya, Anda selalu menyimpan fotokopi dari polis asuransi mobil di dalam laci mobil. Tujuannya agar proses klaim yang akan dilakukan itu bisa menjadi lebih mudah ke customer service perusahaan asuransi.

Setelah melakukan klaim, Anda akan mendapatkan nomor klaim atau tiket klaim. Pastikan Anda memiliki nomor ini agar proses klaim bisa menjadi lebih mudah dan juga Anda memiliki bukti sudah melakukan klaim asuransi mobil.

  1. Tanyakan ke Bengkel Rekanan tentang Lama Waktu Pengerjaan

Adapun mitra bengkel perusahaan asuransi hanya akan membutuhkan waktu yang sedikit dalam memeriksa kendaraan Anda serta menghitung berapa lama waktu perbaikan yang diperlukan.

Nah, Anda perlu menanyakan estimasi waktu perbaikan kendaraan agar Anda bisa memprediksi berapa lama Anda harus menggunakan mobil pengganti tersebut. Hal itu akan membantu Anda agar tidak melebihi batas waktu penggunaan modal pengganti.

Anda pun harus mempertimbangkan kondisi dan situasi dari bengkel mitra perusahaan asuransi, apakah bengkel ini memiliki banyak antrian atau mobil Anda bisa langsung diperbaiki.

Di samping itu, Anda pun perlu kabar dan menanyakan kapan mobil Anda bisa diperbaiki jika bengkel tersebut terbilang cukup ramai.

  1. Pahami Prosedur dan Syarat Mendapatkan Mobil Pengganti

Jika sudah mengetahui estimasi waktu dari perbaikan mobil yang Anda punya pada bengkel yang sudah ditentukan maka selanjutnya Anda harus mengkonfirmasinya kepada pihak asuransi.

Biasanya, pihak asuransi hanya mau memberikan mobil pengganti kalau kendaraan Anda harus menginap di bengkel. Estimasi perbaikan mobil ini juga akan menjadi salah satu syarat untuk Anda bisa mendapatkan mobil pengganti dari asuransi.

Baca juga: Rekomendasi 12 Asuransi Mobil Daihatsu Terbaik di Indonesia

Daftar Pilihan Asuransinya

  1. Asuransi Central Asia (ACA)

Untuk layanan mobil pengganti di asuransi ini, Anda hanya bisa menggunakan mobil itu maksimal 5 x 24 jam.

  1. Zurich Insurance Indonesia

Asuransi ini juga memiliki fitur mobil pengganti, dengan penggunaan maksimum selama 5 x 24 jam. Kalau ingin melakukan klaim asuransi maka Anda harus mengisi formulir pada website resmi Zurich dan membaca ketentuan yang berlaku di situ.

  1. Malacca Trust Wuwungan Insurance

Dengan menggunakan asuransi ini, Anda berkesempatan untuk mendapatkan mobil pengganti dan bengkel yang telah diotorisasi oleh perusahaan asuransi. Kendaraan yang bisa diasuransikan, yakni sedan, jeep, long jeep, station wagon, dan minibus.

  1. Asuransi MSIG Indonesia

Untuk layanan mobil pengganti dari asuransi ini adalah dengan waktu maksimal selama 5 x 24 jam. Di samping itu, juga tersedia layanan derek gratis.

Demikianlah ulasan mengenai asuransi dengan mobil pengganti dan cara klaim serta pilihan produknya yang bisa Anda beli sekarang juga. Ingat ya, Anda harus kembali memeriksa syarat dan ketentuan dari perjanjian asuransi yang akan ditandatangani agar nantinya sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.

Baca juga: Asuransi Mobil BMW: Rekomendasi Produk dan Daftar Bengkel Resminya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU