29.3 C
Jakarta
Jumat, 23 Februari, 2024

Asuransi Kesehatan Selain BPJS: Ini yang Ditanggung BPJS

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan selain BPJS merupakan alternatif untuk pembiayaan kesehatan anda. Saat ini banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan selain Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, baik dari perusahaan luar negeri maupun dari lokal.

Tentunya perusahaan-perusahaan asuransi tersebut menawarkan berbagai jenis produk asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat dan cakupan yang berbeda. Simak ulasan asuransi kesehatan selain BPJS:

Beberapa Asuransi Kesehatan selain BPJS yang dapat dipilih, di antaranya:

Baca juga: Pembayaran BPJS lewat Digital Sekarang Mudah via LinkAja

1. Asuransi Kesehatan Swasta

Asuransi kesehatan swasta dapat menjadi alternatif bagi yang ingin mendapatkan perlindungan kesehatan yang lebih komprehensif. Asuransi kesehatan swasta umumnya menawarkan manfaat yang lebih banyak dan fleksibilitas dalam pemilihan rumah sakit dan dokter.

2. Asuransi Kesehatan Perusahaan

Beberapa perusahaan memberikan asuransi kesehatan bagi karyawannya sebagai bagian dari paket tunjangan kerja. Asuransi kesehatan perusahaan ini dapat memberikan perlindungan kesehatan yang lebih lengkap bagi karyawan dan keluarga mereka.

3. Asuransi Kesehatan Kelompok

Asuransi kesehatan kelompok adalah jenis asuransi kesehatan yang diberikan kepada kelompok tertentu, seperti organisasi atau komunitas. Asuransi kesehatan kelompok ini biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan individu.

4. Asuransi Kesehatan Internasional

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri, asuransi kesehatan internasional dapat memberikan perlindungan kesehatan yang lebih lengkap. Asuransi kesehatan internasional umumnya menawarkan manfaat yang lebih banyak, termasuk pengobatan di luar negeri, evakuasi medis, dan asuransi perjalanan.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan daripada BPJS:

1. Manfaat yang lebih lengkap dan fleksibel

Asuransi kesehatan swasta umumnya menawarkan manfaat yang lebih lengkap dan fleksibel. Beberapa manfaat tambahan yang dapat ditawarkan adalah biaya rawat inap di kamar VIP, biaya persalinan, biaya pengobatan alternatif, dan manfaat lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

2. Pilihan rumah sakit dan dokter yang lebih luas

Dengan memiliki asuransi kesehatan swasta, Anda dapat memilih rumah sakit dan dokter yang lebih luas sesuai dengan preferensi Anda. Hal ini berbeda dengan BPJS yang terkadang membatasi pilihan rumah sakit dan dokter.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Selain BPJS Kesehatan: Manfaat Layanan Yang Diterima

3. Waktu tunggu yang lebih singkat

Dalam beberapa kasus, waktu tunggu untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit dapat lebih singkat dengan asuransi kesehatan swasta. Hal ini karena asuransi kesehatan swasta umumnya memiliki hubungan yang lebih baik dengan rumah sakit dan lebih fleksibel dalam menentukan jadwal.

4. Pelayanan dan fasilitas yang lebih baik

Rumah sakit dan klinik yang bekerja sama dengan asuransi kesehatan swasta umumnya menyediakan pelayanan dan fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan BPJS. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas perawatan yang Anda terima.

5. Proses klaim yang lebih mudah dan cepat

Asuransi kesehatan swasta umumnya memiliki proses klaim yang lebih mudah dan cepat. Hal ini dapat mengurangi beban administrasi dan mempercepat proses penggantian biaya pengobatan.

Keuntungan BPJS Kesehatan

1. Perlindungan Kesehatan Dasar

BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan dasar kepada pesertanya. Hal ini mencakup pelayanan kesehatan seperti konsultasi dokter, pemeriksaan laboratorium, rawat inap, tindakan operasi, obat-obatan, dan rehabilitasi.

2. Biaya yang Terjangkau

Salah satu keuntungan utama BPJS Kesehatan adalah premi yang terjangkau, terutama untuk peserta dengan tingkat pendapatan yang rendah. Peserta BPJS Kesehatan membayar premi berdasarkan tingkat penghasilan yang dimiliki.

3. Jaringan Rumah Sakit dan Pusat Layanan Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki jaringan rumah sakit dan pusat layanan kesehatan yang luas di seluruh Indonesia. Hal ini memungkinkan peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di berbagai wilayah.

4. Pelayanan Darurat

BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan darurat, termasuk pertolongan pertama dan evakuasi medis dalam situasi darurat atau kecelakaan.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Selain BPJS: Ini Keuntungannya !

5. Program Pencegahan dan Promosi Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki program-program pencegahan penyakit dan promosi kesehatan, seperti imunisasi, konsultasi gizi, dan kampanye kesehatan. Ini bertujuan untuk mendorong peserta untuk hidup sehat dan mengurangi risiko penyakit.

6. Perlindungan Selama Kehamilan dan Persalinan

BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan selama kehamilan, persalinan, dan perawatan pasca persalinan. Ini mencakup pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, atau operasi sesar jika diperlukan.

Asuransi Kesehatan Selain BPJS

1. Prudential

2. AIA Financial

3. Manulife

4. Allianz

5. Cigna

6. AXA Mandiri

7. Zurich

8. Great Eastern Life

9. Sequis Life

10 Avrist Assurance

Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS

1. Penyakit kronis atau degeneratif

Beberapa asuransi swasta mungkin menawarkan perlindungan untuk penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, asma, atau penyakit jantung. BPJS Kesehatan memiliki batasan dan pembatasan dalam hal ini, tetapi asuransi swasta dapat memberikan perlindungan yang lebih luas.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Selain BPJS: Untung Mana ? Simak Yuk !

2. Penyakit langka

Beberapa penyakit langka atau langka yang memerlukan perawatan khusus atau mahal mungkin tidak sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Asuransi swasta mungkin menawarkan perlindungan tambahan untuk diagnosis dan perawatan penyakit langka.

3. Perawatan kesehatan gigi

BPJS Kesehatan biasanya tidak mencakup perawatan kesehatan gigi yang lebih luas. Namun, beberapa asuransi swasta dapat menawarkan perlindungan untuk perawatan gigi, termasuk pemeriksaan, pembersihan gigi, perawatan saluran akar, dan lainnya.

4. Perawatan mata

BPJS Kesehatan memiliki cakupan terbatas untuk perawatan mata, seperti pemeriksaan mata dan pembelian kacamata. Asuransi swasta mungkin menawarkan cakupan yang lebih luas untuk perawatan mata, termasuk operasi katarak, pengobatan glaukoma, atau pemeriksaan mata lanjutan.

5. Perawatan medis di luar negeri

BPJS Kesehatan biasanya tidak mencakup perawatan medis di luar negeri. Namun, beberapa asuransi swasta dapat menawarkan perlindungan untuk perawatan di luar negeri, termasuk biaya pengobatan, evakuasi medis, dan asuransi perjalanan.

Jenis Penyakit yang Ditanggung BPJS

1. Penyakit Menular

Misalnya, infeksi saluran pernapasan, influenza, tuberkulosis, hepatitis, dan HIV/AIDS.

2. Penyakit Kronis

BPJS Kesehatan juga menanggung penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), asma, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

3. Penyakit Tidak Menular

Termasuk di antaranya kanker, penyakit liver, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), penyakit kulit, dan penyakit reumatik.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Selain BPJS: Ini yang Tidak Ditanggung BPJS!

4. Gangguan Mental

BPJS Kesehatan juga mencakup perlindungan bagi gangguan mental seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, dan skizofrenia.

5. Keadaan Darurat

BPJS Kesehatan juga menanggung keadaan darurat medis seperti kecelakaan, trauma, dan bencana alam.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE