25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Asuransi Kesehatan selain BPJS: Rekomendasi & Kelebihannya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan selain BPJS tentunya penting diketahui oleh banyak orang yang ingin memberikan proteksi bagi keluarga.

Asuransi kesehatan sendiri tentunya sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Dalam hal ini, ada banyak perusahaan di Indonesia yang menawarkan asuransi kesehatan sebagai salah satu produk mereka.

Salah satu yang paling terkenal, yakni atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang diperkenalkan oleh pemerintah. BPJS banyak membantu masyarakat Indonesia dalam membayar tagihan kesehatannya saat mereka membutuhkan bantuan dari tenaga kesehatan. 

Namun, tentu saja BPJS bukanlah satu-satunya asuransi kesehatan yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ada cukup banyak asuransi kesehatan lainnya yang dapat dipilih. Berikut ini daftar selengkapnya, seperti disadur dari Qoala.

Asuransi Kesehatan selain BPJS

Rekomendasi Asuransi Kesehatan selain BPJS

1. FWD

Asuransi yang muncul pada tahun 2013 ini merupakan singkatan dari PT Finansial Wiramitra Danadyaksa. FWD Life Indonesia diketahui bergabung dengan PT Commonwealth Life dan sekarang dikenal sebagai Fwd Insurance.

Nama yang satu ini masih digunakan sampai Desember 2020. Strategi pemasaran dengan sistem online yang digunakan oleh perusahaan ini membuat asuransi ini berbeda dengan asuransi lainnya. Sistem ini membuat calon pembeli bisa mengakses pembelian produk secara lebih mudah, tanpa adanya batasan ruang maupun waktu.

Asuransi kesehatan dari perusahaan ini merupakan milik dari PT Fwd Life Indonesia. Asuransi kesehatan yang ditawarkannya juga cukup menarik sebab ada manfaat pertanggungan biaya rawat inap dengan batas sampai Rp5 miliar dan juga manfaat untuk melakukan medical check up sampai usia 100 tahun.

2. Sinarmas

Berdiri pada tahun 1985, PT Asuransi Sinar Mas pada mulanya bernama PT Asuransi Kerugian Sinarmas Dipta dan kemudian berubah menjadi PT Asuransi Sinar Mas pada tahun 1991. Perusahaan ini punya performa yang cukup baik ketika dilihat dari premi bruto dan juga total aset perusahaan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Ini 10 Pertanyaan tentang Asuransi Jiwa yang Perlu Diketahui

Adapun Sinar Mas juga memberikan pelayanan klaim asuransi yang cepat untuk semua produknya, termasuk asuransi kesehatannya. Perusahaan terus ditingkatkan lewat asuransi dengan perusahaan reasuransi internasional dan nasional yang memiliki kompetensi tinggi, seperti Munich, Swiss, Hannover, Tugu, Nasional, Marein dan lain-lain.

3. Cigna

Perusahaan layanan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan dan layanan kesehatan lewat produk asuransi yang mereka tawarkan. Produk dan layanannya tersedia secara eksklusif lewat anak perusahaannya, yakni Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Cigna Life Insurance Company of New York, dan Life Insurance Company of New North America.

Cigna yang beroperasi di lebih dari 30 negara di seluruh dunia dan memiliki sekitar 90 juta nasaba ini menawarkan asuransi yang sudah diawasi dan terdaftar pada OJK. Cigna Indonesia didirikan pada tahun 1990 dan merupakan bagian dari salah satu korporasi pelayanan kesehatan terbesar di Amerika yang pusatnya ada di Bloomfield. Salah satu produk asuransinya, Cigna family care optima, adalah produk unggulannya yang bisa langsung menanggung sampai 5 anggota keluarga hanya dalam satu polis.

4. AIA

Asuransi AIA dapat menjadi pilihan tepat saat kamu memerlukan penyedia asuransi kesehatan. AIA group limited adalah perusahaan asuransi jiwa independen yang masuk ke dalam salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia.

Perusahaan ini pun memiliki beberapa anak perusahaan di negara lainnya, di antaranya Hongkong, Singapura, Taiwan, dan negara Asia Pasifik lainnya. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1919 dan mampu untuk memenuhi semua kebutuhan perlindungan individu yang berbeda-beda sejak kala itu.

5. AXA Mandiri

Berdiri pada tahun 1991 dan memiliki kantor pusat di DKI Jakarta, tepatnyaada di Jl. DR. Satrio Kuningan, Jakarta Selatan, hampai tahun 2002 lalu perusahaan ini disebut dengan nama Asuransi Jiwa Staco Raharja.

Kemudian, perusahaan ini mengganti nama kembali menjadi Asuransi Jiwa Mandiri pada tahun 2002—2004 dan lantas berganti menjadi AXA Mandiri setelah bergabungnya AXA dan Bank Mandiri. Perusahaan ini bekerja dalam industri asuransi jiwa dan juga industri asuransi umum.

6. Prudential

Perusahaan asuransi swasta terbesar di Indonesia ini memberikan berbagai pilihan asuransi untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan nasabah. Prudential pun memberikan banyak kelebihan untuk nasabahnya. Asuransi Prudential Indonesia berdiri di bawah PT Prudential Life Assurance yang didirikan pada tahun 1995.

7. Allianz

Perusahaan asuransi Allianz memiliki asuransi kesehatan murni, yakni asuransi jiwa yang dikenal dalam 2 bentuk: SmartLink Flexi Account Plus dan Allisya Protection Plus. 

Baca jugaHindari Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga dengan 5 Tips Ini

Adapun tabungan proteksi ini merupakan produk asuransi jiwa yang akan memberikan proteksi jiwa secara optimal serta investasi yang maksimal melalui beragam jenis manfaat tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan nasabah.

8. Manulife

Perusahaan asuransi kesehatan yang ada di Indonesia ini menghadirkan produk-produk yang mampun memberikan jaminan atas rawat jalan, rawat inap, dan pembedahan. Juga ada manfaat lainnya yang diberikan untuk dapat memenuhi kebutuhan yang dimiliki oleh calon nasabah.

Di sini, kamu akan memiliki cukup banyak pilihan produk dengan premi yang terjangkau. Kalau kamu sedang mencari asuransi individu atau keluarga yang bisa memberikan perlindungan menyeluruh maka kamu dapat memilih produk asuransi dari Manulife.

9. Sun Life

Tentunya, semua orang ingin sehat, tetapi adakalnya beberapa orang yang tetap membutuhkan perawatan medis. Nah, perawatan medis yang tinggi ini akan menimbulkan risiko kondisi finansial terhadap seseorang yang tidak memiliki perlindungan kesehatan. Bahkan, tidak sedikit orang yang masuk ke dalam hutang besar dan juga mengalami kebangkrutan karena harus membayar biaya perawatannya.

Kamu tidak akan mengalami masalah tersebut jika kamu memiliki asuransi kesehatan yang akan menanggung semua biaya kesehatan yang muncul, yakni Sun Life. Dengan asuransi ini, kamu pun berkesempatan untuk memperoleh sejumlah manfaat penting lainnya, yang pastinya sangat menguntungkan.

10. BRI Life

Asuransi kesehatan BRI adalah produk unggulan yang diberikan oleh Asuransi BRI Life, yang bisa digunakan untuk individu atau kumpulan dan karyawan. Asuransi dana sehat sejahtera menjadi salah satu produk unggulan yang dapat ditemukan pada asuransi kesehatan ini.

Selain biaya perawatan medis yang akan ditanggung oleh asuransi ini, kamu juga bisa mendapatkan biaya santunan. BRI Life ini pun merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa yang memiliki fokus terhadap produk konvensional dan juga syariah.

Manfaat Asuransi Kesehatan Selain BPJS

1. Meminimalisasi Risiko Kesehatan dan Finansial

Kamu harus memiliki asuransi kesehatan agar tidak akan mengalami kondisi finansial yang berantakan dan membuatnya semakin kacau ketika sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Asuransi kesehatan dapat mengganti semua biaya ini sehingga kamu tidak akan kerepotan di kala mesti membayar biaya perawatanmu.

2. Akses Kesehatan Lebih Cepat dan Efisien

Punya asuransi akan membuatmu mendapatkan pelayanan yang lebih layak dari tenaga medis ketika sedang sakit. Kamu tidak perlu khawatir tidak akan dilayani sebab asuransi akan menanggung semua biaya perawatanmu.

3. Membuat Hidup Lebih Tenang

Dengan memiliki asuransi, kamu akan merasa lebih tenang dan aman sebab sudah dilindungi dari berbagai macam risiko keuangan yang menghantui.

Kamu juga tidak perlu khawatir untuk membayar biaya perawatan ketika kamu sakit lantaran hal itu sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

4. Bisa Sekaligus Dijadikan Investasi

Asuransi pun bisa dijadikan sebagai investasi sebab ada beberapa perusahaan asuransi yang juga memberikan manfaat investasi saat kamu menjadi nasabah pada salah satu asuransi jiwa. 

Tentunya, hal ini akan sangat menguntungkan sebab kamu bukan hanya akan mendapatkan perlindungan dari risiko kesehatan saja, melainkan kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang kamu lakukan pada asuransi jiwa ini.

Kelebihannya

Biasanya, asuransi kesehatan swasta punya fitur non tunai, yang membuat kamu hanya perlu menggesek kartu ketika hendak mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga tidak harus melakukan proses yang ribet dan kamu akan memperoleh pelayanan secara lebih cepat.

Di samping itu, sejumlah asuransi kesehatan swasta pun dapat memberikan santunan tunai harian ketika kamu dirawat di rumah sakit. Nantinya, uang itu dapat dipakai untuk membayar pengeluaran-pengeluaran di luar biaya medis, misalnya biaya inap keluarga atau biaya transportasi.

Selain itu, kamu juga bisa memilih rumah sakit yang diinginkan, bahkan tipe rumah sakitnya sekalipun. Selama rumah sakit itu bekerja sama dengan asuransi, kamu dapat memperoleh perawatan dan fasilitas terbaik dari rumah sakit yang kamu inginkan.

Lebih jauh, sejumlah perusahaan pun bahkan memberikan fasilitas pengobatan di luar negeri sehingga ketika kamu sedang berlibur di luar negeri, kamu tidak harus takut akan jatuh sakit karena kamu bisa mendapatkan perlindungan financial bahkan di luar negeri.

Sekian ulasan tentang Asuransi Kesehatan selain BPJS yang perlu kamu ketahui. Sudah menentukan pilihan? Beli yuk sekarang juga!

Baca jugaAsuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE