34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi.

Tentu saja, setiap orang ingin memiliki keluarga yang terlindungi dari berbagai macam hal dan risiko. Misalnya saja deretan penyakit yang mungkin menyerang anggota keluarga mereka ke depannya.

Bagi kamu yang mengutamakan prinsip syariah, kamu tentunya akan mencari produk asuransi yang dikelola dengan cara syariah agar terbebas dari riba. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya terkait produk pertanggungan syariah buat keluarga, seperti disadur dari Qoala.

Baca juga: Paket Asuransi Kesehatan Keluarga, Begini Cara Memilihnya

Mengenal Asuransi Kesehatan Syariah

Pada dasarnya, asuransi kesehatan syariah adalah bentuk pertanggungan (insurance) yang menggunakan prinsip syariah dalam pengelolaannya. Asuransi ini membuat para peserta di dalamnya akan membagikan risiko dengan cara menghibahkan dana mereka.

Nantinya, dana tersebut akan digunakan untuk membantu pemegang polis asuransi. Adapun prinsip gotong royong digunakan di dalam asuransi yang satu ini sehingga premi yang sudah terkumpul nantinya akan dijadikan milik peserta asuransi.

Hal itu pun membuat jenis asuransi yang satu ini menjadi lebih menguntungkan ketimbang asuransi konvensional. Di samping itu, dana yang tidak klaim pun tidak akan hangus dengan adanya prinsip syariah ini.

asuransi kesehatan syariah untuk keluarga

Beberapa Manfaat yang Dimilikinya

Asuransi kesehatan syariah buat keluarga punya beragam manfaat seperti berikut ini:

– Dana tidak hangus.

– Transparansi yang baik.

– Terhindar dari riba.

– Diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

– Perlindungan yang sama.

– Bisa melakukan double claim.

Keunggulan yang Ditawarkan

Jenis asuransi kesehatan untuk keluarga ini lazimnya bertujuan memberikan rasa aman saat berhadapan dengan risiko kehidupan, misalnya saja risiko kesehatan dan jiwa yang bisa datang kapan pun.

Nah, sebelum memilih mana asuransi kesehatan syariah buat keluarga yang ingin dibeli, sebaiknya kamu harus mencari tahu keunggulan dan manfaatnya. Pada dasarnya, asuransi syariah dan konvensional sama-sama bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada nasabahnya.

Akan tetapi, asuransi syariah keluarga ini akan memberikan kesempatan bagi pesertanya melakukan tolong-menolong. Hal itulah yang menjadi keunggulan dari asuransi syariah. Asuransi kesehatan syariah keluarga ini akan mengajarkan kemampuan buat saling menolong dan melindungi. Peserta tidak hanya akan melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Baca juga: Lagi Cari Asuransi Kesehatan untuk Lansia? Ini Daftar Terbaiknya

Pilihan Produk Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga

Kalau kamu perlu rekomendasi produk asuransi kesehatan terbaik pada jenis ini maka berikut adalah daftar pilihan produknya yang bisa dipertimbangkan:

1. Syariah Takaful Keluarga.

2. Syariah BRI Life.

3. BNI Life Syariah.

4. FWD Syariah.

5. Allianz Syariah.

6. AXA Mandiri Syariah.

7. JMA Syariah.

8. Syariah Sinarmas MSIG Life.

9. Syariah Manulife.

10. Prudential Syariah.

Syarat Mengajukan Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga

Untuk mengajukan asuransi kesehatan syariah keluarga ini, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh calon nasabah. Inilah rangkumannya.

1. Mendaftar online asuransi kesehatan syariah untuk keluarga

Langkah-langkah yang diperlukan oleh seorang calon nasabah asuransi kesehatan syariah keluarga ketika mendaftar online adalah sebagai berikut:

– Siapkan berkas yang dibutuhkan. Contohnya KK, KTP, akta kelahiran, NPWP, dan juga hal lainnya yang dibutuhkan.

– Masuklah ke dalam situs resmi perusahaan asuransi dan isi formulir pengajuan kepesertaan.

– Pilih biaya premi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

– Simpan data dan tunggulah hingga mendapat notifikasi terkait nomor registrasi.

– Cetak lembar virtual account yang dikirim ke email.

– Lakukan pembayaran lewat bank yang sudah ditunjuk oleh perusahaan asuransi.

– Setelah pendaftaran dilakukan, kamu akan mendapatkan konfirmasi via telepon.

2. Lewat offline

Ada banyak orang yang lebih suka melakukan pendaftaran offline lantaran dengan cara ini mereka bisa berkonsultasi secara langsung. Dengan metode ini, kamu pun bisa mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan saat sedang mengalami kesulitan. Inilah panduannya:

– Telepon perusahaan asuransi terlebih dahulu dan buatlah janji untuk melakukan pertemuan dengan salah satu pihak asuransi.

– Siapkan dokumen yang diperlukan, yakni akta kelahiran, KK, dan KTP calon tertanggung.

– Biasanya, kamu akan melakukan wawancara singkat yang berhubungan dengan data diri dan data lainnya.

– Kamu akan diberikan ilustrasi dan penjelasan secara detail berhubungan dengan hak dan kewajiban kamu sesuai dengan premi yang ada.

– Kalau kamu sudah paham maka selanjutnya kamu akan diminta untuk menandatangani dokumen dan mengajukannya ke kantor pusat.

Sekian ulasan tentang asuransi kesehatan syariah untuk keluarga berikut beberapa pilihnya produknya yang perlu kamu beli sekarang juga.

Baca juga: Cara Kerja Asuransi Kesehatan seperti Apa Sih? Intip Yuk di Sini!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Isi Saldo DANA via ATM BCA hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi saldo DANA via ATM BCA ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna layanan keuangan tersebut. Seperti diketahui bersama, dompet digital...

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...
LANGUAGE