28.7 C
Jakarta
Selasa, 9 Agustus, 2022

Paket Asuransi Kesehatan Keluarga, Begini Cara Memilihnya

JAKARTA, duniafintech.com – Paket asuransi kesehatan keluarga penting bagi kamu yang selalu ingin memberikan perlindungan kesehatan terbaik buat keluarga.

Buat kamu yang punya rencana untuk memberikan asuransi kesehatan kepada suami atau istri, anak, dan juga orang tua, tetapi masih bingung memilih produk yang cocok, salah satu pilihan yang bisa diambil adalah membeli paket asuransi keluarga.

Namun, sekiranya kamu masih ragu/bingung dengan asuransi kesehatan, kamu bisa melihat informasi selengkapnya berikut ini, seperti disadur dari Lifepal.

Baca juga: Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga: Manfaat hingga Daftar Produknya

Apa Itu Paket Asuransi Kesehatan Keluarga?

Asuransi kesehatan keluarga adalah polis asuransi yang menanggung biaya kesehatan untuk anggota keluarga. Polis asuransinya bukan dimiliki atas nama satu individu, melainkan setiap oleh anggota keluarga.

Polis asuransi kesehatan keluarga ini biasa nya mampu menanggung hingga lima anggota keluarga. Polis pada asuransi ini memang hanya satu, tetapi premi asuransi kesehatan untuk keluarga akan berbeda-beda bagi setiap anggota.

Sebagai contoh, biaya premi untuk orang tua akan lebih tinggi ketimbang biaya premi untuk anak. Adapun salah satu ketentuan utama pada asuransi kesehatan keluarga, yakni jumlah anggota keluarga yang ditanggung, yaitu maksimal lima orang.

Di samping itu, polis pun akan langsung berakhir jika salah satu anggota keluarga tertua sudah mencapai usia maksimum pertanggungan asuransi, tetapi batas usia anak tidak ditentukan.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

1. Manulife

Pertama, ada Manulife MiUltimate HealthCare yang menyediakan paket untuk keluarga. Nasabah utama yang mengambil paket ini mesti berusia antara 18—70 tahun. Usia masuk nasabah anak adalah 30 hari—17 tahun. 

Cakupan manfaat pertanggunganya meliputi rawat inap, biaya ICU, biaya kunjungan dokter spesialis, biaya pembedahan, biaya penyuluhan psikologis, biaya akomodasi pendamping, dan sebagainya. 

2. AXA Mandiri

AXA Mandiri, dengan polis AXA Mandiri Smartcare Executive, punya premi yang terbilang murah, yakni mulai dari Rp598 ribu per bulan untuk 4 anggota keluarga. Adapun masa tunggunya selama 30 hari. 

Manfaat pertanggungannya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, ambulans, serta santunan meninggal dunia. Kelebihannya terletak pada manfaat asuransi kesehatan dan asuransi kematian sekaligus. 

3. Cigna

Penting diketahui, Cigna Family Care Optima pun memiliki harga premi yang cukup terjangkau, yakni hanya Rp690 ribu per bulan untuk 4 orang anggota keluarga. Usia nasabah utama mesti di rentang 20—60 tahun.

Sementara itu, usia nasabah pasangan adalah 18—60 tahun dan usia nasabah anak adalah 6—17 tahun. Asuransi yang satu ini juga menyediakan fitur klaim cashless yang dapat dipakai di 800 rumah sakit di Indonesia. Limitnya sekitar Rp100—400 juta per tahun. 

4. BRI Life

BRI Life Simply HealthCare punya besaran premi mulai dari Rp1,2 juta per bulan untuk 4 anggota keluarga. Manfaat pertanggungannya berupa santunan harian rawat inap, biaya ICU, biaya pembedahan, biaya aneka perawatan, biaya rawat jalan, konsultasi dokter online gratis, dan seterusnya.

5. Lippo Insurance

Polis bernama HealthPlus Family ini punya premi yang dimulai dari Rp1,5 juta untuk 4 anggota keluarga. Untuk usia nasabah pemegang polis ini ada di rentang 0—60 tahun.

Namun, polis ini nantinya tetap dapat diperpanjang hingga usia 65 tahun.  Manfaat pertanggungannya berupa pertanggungan rawat inap, perawatan gigi, rawat jalan, dan sebagainya.

Baca juga: Hindari Penipuan Asuransi Kesehatan Keluarga dengan 5 Tips Ini

Kenapa Memilih Paket Asuransi Kesehatan Keluarga?

Inilah sejumlah alasan mengapa lebih baik memilih paket asuransi kesehatan keluarga:

1. Perlindungan lengkap.

2. Lebih murah.

3. Lebih praktis.

4. Bisa sesuaikan manfaat.

5. Melindungi seluruh anggota keluarga.

paket asuransi kesehatan keluarga

Tips Memilih Paket Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

1. Pilih manfaat dasar

Pertama, paket asuransi kesehatan keluarga mesti menjangkau manfaat dasar, yakni rawat jalan dan rawat inap. Jika dirasa diperlukan, untuk perlindungan bedah juga bisa disertakan. Namun, sesuaikan lagi pada kemampuan ekonomi kamu ya dan jangan sampai kamu membayar lebih, tetapi pos pengeluaran lain malah terbengkalai.

2. Beli asuransi saat sehat

Prinsip asuransi adalah melindungi saat terjadi risiko sehingga kamu sangat disarankan membeli asuransi kesehatan khususnya untuk keluarga dalam kondisi sehat. Hal itu guna mengantisipasi kondisi saat kamu tidak punya uang.

3. Layanan call center atau agen 

Lewat layanan ini, kamu akan dimudahkan dalam urusan klaim atau polis yang memang harus ditanyakan. Jadi, arti kehadiran perusahaan asuransi sangat terasa bagi kamu di segala situasi.

4. Jaringan rumah sakit

Dengan kian banyak rumah sakit yang bekerja sama, akan kian baik pula bagi kamu. Pasalnya, kamu akan terlayani dengan maksimal.

Paling bagus lagi kalau asuransi kesehatan keluarga yang dipilih itu menjangkau jaringan rumah sakit dekat dengan rumah kamu.

5. Bandingkan dan pastikan diawasi oleh OJK 

Saat membeli paket asuransi kesehatan keluarga, kamu perlu membandingkan dengan produk asuransi lain lalu pilihlah yang penawarannya memang lebih menarik dan punya layanan lebih prima.

Pastikan pula bahwa pilihan kamu itu terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal itu menandakan bahwa perusahaan asuransi itu melakukan tata kelola yang baik.

6. Sesuaikan dengan kebutuhan

Perhatikanlah setiap produk asuransi kesehatan untuk keluarga yang tersedia dan apakah manfaat yang diberikan sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, jika kamu tengah merencanakan akan punya anak lag, tetapi belum bisa dipastikan kapan anak itu akan lahir, maka sebaiknya kamu cari asuransi yang fleksibel untuk menambah anggota keluarga baru.

Lalu pikirkan juga soal budget yang ada. Jika terbatas maka carilah pilihan asuransi kesehatan keluarga premi murah.

Sekian ulasan tentang paket asuransi kesehatan keluarga, termasuk rekomendasi produk dan tips memilihnya yang perlu kamu ketahui. Beli yuk produknya sekarang juga!

Baca juga: Kriteria Asuransi untuk Lansia? Temukan Jawabannya di Sini!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE