28.4 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga: Manfaat hingga Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu asuransi kesehatan keluarga? Seperti diketahui, biaya kesehatan yang kian tinggi sering kali mendatangkan kekhawatiran, khususnya soal kaitannya dalam hal finansial.

Oleh sebab itu, proteksi sedini mungkin tentu saja sangat diperlukan, apalagi ketika Anda sudah berkeluarga. Dalam hal ini, asuransi kesehatan menjadi penting sebagai bentuk perlindungan terbaik untuk seluruh anggota keluarga yang Anda sayangi.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga?

Pada dasarnya, asuransi kesehatan keluarga adalah produk asuransi yang dirancang oleh sebuah perusahaan asuransi untuk melindungi seluruh keluarga dari risiko kesehatan yang mungkin muncul hanya dalam satu polis.

Oleh sebab itu, asuransi kesehatan untuk keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat dan praktis ketimbang asuransi kesehatan pribadi kalau Anda sudah berkeluarga atau bahkan telah punya anak.

Biasanya, asuransi kesehatan ini memberikan proteksi untuk lima anggota keluarga yang terdiri dari tertanggung utama (ayah atau ibu) dan tertanggung anak. Akan tetapi, dengan adanya aneka produk asuransi kesehatan untuk famili yang kompetitif dari berbagai perusahaan asuransi yang ada, tidak menutup kemungkinan juga bagi orang tua untuk masuk dalam cakupan tertanggung lainnya.

Baca juga: Daftar Rate Asuransi Mobil Terlengkap 2022

Apa Itu Asuransi Kesehatan Keluarga: Keuntungannya

1. Proteksi kesehatan terbaik yang mencakup seluruh anggota keluarga

Dengan memiliki asuransi tersebut, Anda bisa lebih leluasa untuk memilih rumah sakit hingga dokter yang ingin dituju. Tentunya hal ini akan berbeda dengan tunjangan kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan yang memiliki berbagai keterbatasan.

Prosedurnya juga lebih mudah dan tidak menyita waktu sehingga bisa membantu Anda untuk meminimalisasi risiko fatal akibat keterlambatan tindakan medis.

2. Harga yang lebih terjangkau

Perusahaan asuransi biasanya akan memberikan diskon bagi polis yang mencakup lebih dari satu individu tertanggung. Adapun biaya administrasi asuransi ini pun akan menjadi lebih murah sebab Anda tidak perlu membayar satu-satu.

Maka dari itu, kalau dibandingkan dengan polis asuransi kesehatan pribadi maka tentunya Anda bisa merasakan manfaat yang lebih optimal dengan nominal harga premi asuransi kesehatan keluarga yang lebih terjangkau.

3. Sebagai pelengkap fasilitas kesehatan yang telah Anda punya

Asuransi keluarga berperan penting dalam melengkapi protection gap, yaitu perbedaan manfaat yang belum diperoleh dari fasilitas kesehatan lainnya yang telah dimiliki sebelumnya.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa menghitung manfaat yang diperoleh dari fasilitas kesehatan kantor maupun BPJS Kesehatan sebagai pembanding dengan kebutuhan dana riil yang diperlukan jika sewaktu-waktu ada anggota keluarga Anda yang jatuh sakit.

4. Manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan

Adanya kebutuhan dan kemampuan finansial tiap keluarga yang berbeda-beda bukanlah menjadi alasan buat Anda untuk khawatir dalam memiliki asuransi terbaik untuk keluarga. Hal itu karena asuransi ini bisa disesuaikan dengan kondisi keluarga Anda.

Contohnya, dengan jumlah anak yang bisa jadi akan bertambah, penambahan polis juga bisa disesuaikan di kemudian hari. Sejumlah perusahaan asuransi juga menyediakan manfaat tambahan yang beragam, antara lain, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, nilai tunai, dan manfaat pengembalian premi.

5. Keamanan tabungan keluarga

Kekhawatiran terbesar yang tak bisa dimungkiri dari risiko jatuh sakit, salah satunya, dampaknya bagi tabungan keluarga. Kendati Anda pun telah menyisihkan dana darurat untuk pengeluaran terduga dengan sebaik mungkin, tetapi asuransi kesehatan memang bisa menjadi proteksi ganda dalam solusi pembiayaan pengobatan demi keamanan tabungan keluarga Anda.

6. Perasaan aman dan nyaman

Tak bisa dimungkiri juga bahwa dengan adanya pengendalian risiko yang baik, kesejahteraan mental seluruh anggota keluarga pun bisa ikut terjaga. Tentunya hal itu menjadi landasan penting dalam memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga agar Anda mendapatkan proteksi tepat guna yang dapat membuat Anda merasa aman dan nyaman.

Manfaat Asuransi Kesehatan Keluarga

Nah, sudah mulai paham kan apa itu asuransi kesehatan keluarga? Berikut ini sejumlah manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

1. Manfaat harian perawatan rumah sakit: diberikan jika tertanggung harus menjalani perawatan rumah sakit yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Besaran manfaatnya sesuai dengan nominal uang pertanggungan yang sudah dipilih.

2. Manfaat harian perawatan ICU: baik disebabkan oleh sakit maupun kecelakaan, tertanggung akan mendapatkan manfaat harian perawatan ICU dengan besaran manfaat per hari sesuai dengan nominal uang pertanggungan yang telah dipilih.

3. Rawat jalan setelah perawatan rumah sakit: berlaku untuk kejadian rawat jalan dengan diagnosis penyakit yang berhubungan dengan perawatan rumah sakit sebelumnya. Biasanya, manfaat akan dibayarkan berdasarkan jumlah tagihan hingga mencapai batas maksimal manfaat per kejadian rawat inap.

4. Manfaat pembedahan: mencakup tindakan operasi kecil, sedang, besar, hingga bedah khusus yang disebabkan oleh sakit atau kecelakaan.

5. Layanan pendampingan saat di rumah dan di perjalanan (home and away service assistance): beberapa asuransi juga menawarkan bentuk layanan pendampingan dan bantuan kepada tertanggung, baik ketika tertanggung berada di rumah maupun bepergian, meliputi konsultasi medis, evaluasi, rujukan, evakuasi medis dalam keadaan darurat, repatriasi medis, kunjungan tali kasih, bantuan resep, pemulangan jenazah, informasi pra-perjalanan, dan sebagainya.

6. Manfaat pemeriksaan kesehatan rutin: untuk mengantisipasi atau mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin, juga tersedia manfaat pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan secara berkala.

7. Pengembalian premi: adapun pengembalian premi ini dengan persentase dan dalam kurun waktu tertentu dari total premi yang sudah dibayarkan, baik ada maupun tidak ada klaim.

8. Bentuk pembayaran yang mudah: fasilitas pembayaran yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi kini juga tersedia dalam bentuk cashless dan reimbursement.

Baca juga: Mengenal Asuransi Pertanian hingga Jenis dan Cara Kerjanya

Daftar Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Anda kini sudah lebih jauh memahami apa itu asuransi kesehatan keluarga. Kini, saatnya untuk mengetahui apa saja daftar terbaik dari produk asuransi yang satu ini. Berikut ini ulasannya.

1. AlliSya Care

Merupakan produk dari Allianz untuk asuransi kesehatan keluarga berbasis syariah, yakni para peserta saling tolong-menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

Di samping rawat inap, asuransi kesehatan keluarga ini juga menanggung penggantian biaya perawatan, persalinan, rawat jalan, rawat gigi, hingga santunan harian. Harga premi asuransi kesehatan keluarga cashless dari Allianz mulai dari Rp300 ribu.

2. PRUPrime Healthcare Syariah

Prudential juga menawarkan asuransi kesehatan. Asuransi Prudential menjadi salah satu pilihan dari Prudential untuk produk asuransi kesehatan keluarga murni yang memberikan perlindungan kesehatan sesuai dengan prinsip syariah.

Produk yang satu ini dirancang khusus dengan berbagai cakupan manfaat seperti pembayaran biaya rawat inap hingga Rp8.000.000 juta per hari (sesuai plan yang dipilih), rawat jalan, tindakan bedah, santunan PRUprime limit booster syariah dengan batas santunan tahunan hingga Rp35.000.000.000, dan lain-lain.

3. Family Care Optima

Anak perusahaan Cigna Corporation di Amerika Serikat ini punya salah satu produk asuransi kesehatan keluarga bernama Cigna Family Care Optima, yakni berupa solusi Hospital Income Plan (HIP) secara cashless yang melindungi hingga lima orang anggota keluarga dengan pembayaran satu premi saja.

Perlindungan ini pun dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30% setiap lima tahun, baik ada klaim maupun tidak ada klaim. Ada empat pilihan uang pertanggungan dengan total manfaat mulai dari Rp100.000.000—Rp400.000.000 per tahun.

4. SmartCare Executive

AXA menawarkan produk asuransi AXA SmartCare Executive dengan beragam pilihan plan. Adapun fleksibilitas produk ini bisa disesuaikan terhadap biaya kesehatan dengan batas manfaat ketidakmampuan (disability) hingga Rp250.000.000 serta limit tahunan hingga Rp500.000.000.

5. AHealthPlus Family

Bagian dari PT Lippo General Insurance Tbk ini memiliki produk asuransi yang ditawarkan sebagai solusi kebutuhan perlindungan kesehatan, yakni HealthPlus Family. Keunggulannya beragam, yang meliputi manfaat rawat inap, rawat jalan, pembayaran klaim asuransi kesehatan keluarga secara cashless di lebih dari 900 rumah sakit di Indonesia, contact center dan case monitoring selama 24 jam, hingga layanan eksklusif berupa personal medical assistance.

6. MiUltimate HealthCare

Salah satu manfaat dari produk ini, yaitu pembayaran premi asuransi Manulife dengan manfaat sesuai tagihan (as charged) dengan limit tahunan dan plan yang dipilih pada Tabel Manfaat Perawatan Rawat Inap.

Kemudian, juga ada penggantian biaya rumah sakit dan manfaat biaya kamar sebesar 3x lipat dari plan yang dipilih bila dirawat di luar negeri (seluruh dunia kecuali Amerika Serikat).

7. Jaga Sehat Keluarga

Produk ini menawarkan satu premi untuk melindungi hingga lima orang anggota yang tercatat dalam satu kartu keluarga. Adapun cakupan asuransi JAGADIRI juga bukan hanya pemeriksaan kesehatan, melainkan untuk seluruh penyakit, termasuk HIV/AIDS dan Corona.

Adapun Jaga Sehat Keluarga ditawarkan mulai dari Rp280.000 untuk berlima dengan jaminan 25% uang kembali dari premi tahunan kalau tidak ada klaim.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai apa itu asuransi kesehatan keluarga yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui ragam produknya, Anda kini bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi yang satu ini.

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi dengan Mobil Pengganti hingga Manfaatnya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...

Pajak Fintech Berikan Kontribusi Rp83,15 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Keuangan mencatat sektor keuangan digital atau financial technology (fintech) memberikan kontribusi (pajak) sebesar Rp83,15 miliar dari capaian bulan Juni 2022...

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Lanjutkan Penguatan Harga

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan aset kripto yang masih menguat dan menunjukkan pergerakan yang cukup signifikan.  Belakangan ini, harga Bitcoin...
LANGUAGE