25.1 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Lansia dan Berikut Tips untuk Memilihnya

JAKARTA, duniafintech.com – Anda harus mulai berpikir untuk memastikan kesehatan orang tua Anda, dengan cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk lansia. Selain itu, seiring bertambahnya usia orang tua, tubuh mereka tidak sama dan risiko kesehatan meningkat. Simak juga tips memilih asuransi kesehatan terbaik untuk manula.

Seperti diketahhui, asuransi ini bisa mengcover nasabah berusia 60 hingga 99 tahun.

Berbeda dengan asuransi kesehatan untuk anak muda, premi asuransi kesehatan untuk lansia/lansia lebih mahal karena risiko sakit mereka juga biasanya lebih tinggi dan berbeda. Meski rata-rata preminya lebih tinggi, Anda bisa menemukan produk asuransi kesehatan tersebut dengan premi yang murah, lho! Hemat hingga 25%!

Baca juga: Cara Pakai Kartu Asuransi Kesehatan dan Kegunaannya yang Perlu Diketahui

Tips Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik Lansia

Agar Anda tidak salah memilih asuransi kesehatan ini, berikut beberapa tips memilih asuransi kesehatan untuk usia di atas 50an.

  1. Perhatikan kondisi

Sebaiknya Anda juga memilih asuransi hari tua yang mengcover riwayat kesehatan Anda sebelum mengambil asuransi tersebut. Hal ini karena tidak semua polis menanggung penyakit atau cedera yang ada sebelum polis didaftarkan. Misalnya, orang tua Anda menderita penyakit jantung sebelum mengambil asuransi. Jika polis yang Anda pilih mencakup kondisi yang sudah ada sebelumnya, perusahaan asuransi dapat menanggungnya. Memiliki tanggungan karena kondisi yang sudah ada sebelumnya sangat penting, terutama bagi orang tua dengan kondisi seperti diabetes, penyakit autoimun, stroke, kanker, kista, dan penyakit jantung.

  1. Pilih asuransi kesehatan selama hidup

Cari juga rencana yang melindungi orang tua hingga usia 99 tahun atau seumur hidup. Atau Anda juga bisa mencari asuransi yang menanggung minimal 74 tahun usia harapan hidup di Indonesia.

  1. Biaya tanggungan rumah sakit

Sebelum memilih plan, pastikan uang pertanggungan yang Anda dapatkan sesuai dengan biaya rumah sakit, mulai dari biaya rumah sakit, biaya dokter spesialis, obat-obatan hingga pemeriksaan laboratorium. Seperti diketahui bahwa pembiayaan rawat inap lansia kerap lebih mahal, sehingga premi penting untuk memastikan keuntungan rawat inap. Contoh asuransi terebut dapat mencakup tunjangan kesehatan di mana saja di dunia kecuali Amerika Serikat.

Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Lansia

  1. Manfaat asuransi jiwa sekaligus

Akan lebih baik jika asuransi kesehatan orang tua termasuk asuransi jiwa. Apakah Anda membeli paket dalam bentuk alias atau secara terpisah. Oleh karena itu, orang tua dijamin kesehatan dan keamanan finansialnya seiring bertambahnya usia. Asuransi jiwa ini biasanya berguna untuk biaya warisan atau pemakaman.

  1. Menanggung risiko penyakit serius pada lansia

Dapat dikatakan bahwa lansia memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kritis seperti penyakit jantung, diabetes dan stroke. Oleh karena itu, pilihlah asuransi kesehatan untuk manula yang mungkin berisiko terkena penyakit serius ini. Sebab, pengobatan penyakit kritis biasanya membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu asuransi nampaknya bisa menjadi solusi yang terbaik dalam melindungi kesehatan mereka para lansia tersebut.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Terbaik 2023 di Indonesia, Intip Yuk Rekomendasinya

Dengan manfaat ini, orang tua Anda terlindungi dari diagnosis pertama hingga pengobatan selanjutnya, yang tentu saja diperlukan biaya yang tidak sedikit alias mahal untuk mendapatkan pelayanan itu semua. Tidak buruk menambahkan bahwa orang tua Anda tidak lagi memiliki biaya asuransi kesehatan.

6. Dapatkan pemeriksaan medis

Sebelum memilih asuransi kesehatan untuk orang tua, sebaiknya melalui pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa orang tua berisiko sakit, sehingga saat memilih polis asuransi Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan risiko sakit. Selain itu, beberapa perusahaan asuransi mensyaratkan pemeriksaan kesehatan calon nasabah lanjut usia.

Demikian informasi seputar asuransi kesehatan terbaik untuk lansia. Orang yang lanjut usia memang perlu mendapat perhatian khusus dalam segi kesehatannya, karena terdapat proses penurunan kekuatan di dalam diri mereka. Maka alangkah baiknya jika para lansia dapat dilindungi dengan sejumlah asuransi kesehatan dan termasuk asuransi jiwa. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Baca jugaAsuransi Kesehatan Cashless dengan Premi Terjangkau, Ini Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU