29.2 C
Jakarta
Rabu, 29 Mei, 2024

Asuransi Kesehatan untuk Wanita: Manfaat hingga Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan untuk wanita, dari manfaat hingga rekomendasi produknya, sangat penting untuk diketahui.

Perlu diketahui, wanita nyatanya lebih membutuhkan asuransi kesehatan ketimbang pria.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang hal tersebut, simak yuk ulasannya berikut ini, seperti disitat dari Qoala.

Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Wanita

  1. Biaya kesehatan semakin mahal

Inflasi bukan hanya terjadi pada keuangan negara tapi juga pada biaya kesehatan. 

Ada pepatah yang mengatakan kalau sehat itu mahal harganya.

Industri kesehatan sudah mengalami kenaikan harga di Indonesia dan mempengaruhi kesejahteraan dari masyarakatnya.

Ketika kamu sakit dan kamu tidak memiliki asuransi, dana darurat yang kamu miliki belum tentu bisa menutupi biaya rumah sakit.

Pengeluaran biaya untuk kesehatan sangat berhubungan dengan penurunan kesejahteraan sehingga untuk bisa mengatasinya, kamu membutuhkan asuransi kesehatan agar bisa mendapatkan perawatan dan juga perlindungan biaya dari asuransi sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ketika kamu sakit.

Baca juga: Cara Pakai Kartu Asuransi Kesehatan dan Kegunaannya yang Perlu Diketahui

  1. Risiko sakit yang dimiliki wanita lebih tinggi

Biaya yang tinggi juga diikuti dengan risiko penyakit yang lebih tinggi.

Wanita memiliki risiko lebih tinggi pada beberapa penyakit seperti kanker payudara dan kanker serviks bahkan depresi yang bisa didapatkan setelah mereka melahirkan.

Penelitian menyatakan bahwa kecenderungan wanita bisa memiliki risiko penyakit lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit itu adalah karena hormon.

Wanita bisa mendapatkan perlindungan dari penyakit tersebut lewat asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan khusus bisa memberikan perawatan dan penanganan yang sesuai. 

Adapun penyakit berisiko tinggi juga bisa ikut dilindungi dengan adanya asuransi ini.

Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Perempuan

  1. Perlindungan kehamilan

Masa kehamilan merupakan hal yang sangat penting dan juga ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan.

Namun, masa-masa seperti ini memakan biaya yang terbilang mahal karena proses-proses yang dimilikinya.

Terdapat pihak yang merasa cukup karena memiliki tabungan tetapi kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk melindungi kamu secara menyeluruh ketika sedang hamil.

Beberapa kehamilan memiliki risiko kesehatan yang tinggi entah itu untuk ibu maupun anak sehingga memiliki asuransi kesehatan sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap semua risiko yang berhubungan dengan kehamilan.

Perlindungan ini juga berhubungan dengan uang pertanggungan untuk laboratorium, persalinan, rumah sakit, dan konsultasi dokter.

  1. Perlindungan cervic

Pola hidup sehat memang bisa mencegah banyak penyakit tetapi ada penyakit yang sulit dideteksi dan muncul secara tiba-tiba.

Contohnya seorang wanita yang tiba-tiba mengidap kanker serviks stadium tinggi.

Kanker dengan jenis ini merupakan salah satu penyebab kematian terbesar pada wanita karena gejalanya sangat sulit untuk dikenali ketika tidak melakukan tes.

Kanker serviks dapat mengenai banyak wanita yang melahirkan, merokok, melakukan aktivitas seksual dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Cara terbaik untuk bisa mendapatkan perlindungan diri adalah dengan membeli asuransi kesehatan sehingga ketika sakit, kamu bisa langsung mendapatkan penanganan dan juga tidak harus membayarkan biaya perawatannya yang terbilang mahal.

  1. Perlindungan kanker payudara

Mirip dengan kanker serviks, kanker payudara juga menghantui banyak wanita karena kanker ini paling banyak diderita oleh wanita.

Tingkat keparahan dari kanker ini akan dilihat dari keganasan tumornya.

Belum ada penelitian yang menunjukkan faktor pasti penyebabnya tetapi gaya hidup sangat berpengaruh kepada calon penderitanya.

Perempuan dapat langsung mendeteksi adanya kanker ini secara dini dengan cara merasakan benjolan, perubahan, atau pembengkakan yang terjadi pada bagian itu.

Karena penyebabnya yang belum diketahui maka wanita harus melindungi dirinya dari resiko kanker payudara dan salah satu cara untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menggunakan asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan terhadap kanker payudara, baik dari sisi biaya maupun medis.

Cara Memilih Produk yang Tepat

  1. Berusaha untuk membeli asuransi saat masih muda

Banyak orang yang belum sadar kalau hal yang mempengaruhi asuransi kesehatan adalah usia karena ketika seseorang yang masih muda mengajukan asuransi ini maka biaya premi mereka dapatkan bisa jadi lebih terjangkau.

Hal ini diakibatkan oleh mereka yang masih berusia muda memiliki risiko penyakit yang lebih rendah daripada mereka yang sudah berusia lanjut sehingga perusahaan asuransi bisa memberikan biaya premium lebih murah ketika nasabah ini masih sehat.

Membeli produk keuangan ini saat masih muda bisa membuat kamu mendapatkan manfaat perlindungannya secara lebih cepat.

Kamu bisa mengajukan asuransi ketika umur kamu berada pada rentang 25 hingga 30 tahun karena kalau lebih dari itu maka biaya asuransi yang perlu kamu bayarkan akan lebih besar.

  1. Memperhatikan semua poin yang ada di polis asuransi dengan baik

Sebelum kamu membeli asuransi kesehatan maka kamu perlu mempelajari setiap poin yang terdapat pada polis asuransi karena seringkali polis asuransi ini memiliki istilah-istilah khusus yang ada kaitannya dengan layanan asuransi serta teknisnya.

Kamu pastinya tidak akan bisa mengetahui manfaat dan layanan yang bisa kamu dapatkan tanpa memahami secara keseluruhan terkait dengan glosarium itu. 

Kamu pun perlu memperhatikan ketentuan yang berhubungan dengan pengecualian manfaat perlindungan.

Pengecualian ini biasanya berhubungan dengan penyakit yang pernah diderita oleh pemegang polis sebelum asuransi ini diajukan dan juga masalah kesehatan yang terjadi karena kesalahan dari pemegang polis itu sendiri.

Beberapa asuransi kesehatan umum lainnya juga tidak akan menanggung biaya penuh pengobatan penyakit kronis sehingga kamu bisa mengajukan asuransi tambahan yang kamu perlukan kalau kamu ingin mendapatkan perlindungan dari penyakit tersebut juga.

Pastikan untuk memeriksa cara klaim untuk mengetahui persyaratannya dan menentukan kalau klaim tersebut mudah atau tidak untuk dilakukan.

  1. Jangan fokus mencari yang biaya preminya murah

Kamu harus tahu kalau manfaat perlindungan asuransi ini berbanding lurus dengan biaya preminya.

Baca juga: Asuransi Kesehatan untuk Lansia: Manfaat, Rekomendasi Produk, Tips Memilih

Kalau kamu ingin mendapatkan perlindungan yang lebih komprehensif maka kamu juga perlu membayar premi yang lebih mahal.

Akan tetapi, ada beberapa asuransi yang akan memberikan kamu layanan yang bagus tetapi biaya preminya murah. 

Maka dari itu, kamu harus selalu memastikan keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari sebuah produk dan pastikan kalau hal yang kamu dapatkan sesuai dengan biaya premi yang kamu bayarkan.

  1. Bandingkan manfaat perlindungan yang didapatkan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membandingkan manfaat perlindungan serta biaya premi pada berbagai macam produk berbeda. 

Hal ini penting untuk dilakukan karena supaya kita bisa mendapatkan asuransi terbaik yang biaya preminya murah.

Terdapat beberapa asuransi yang akan menanggung biaya kesehatan ketika kamu pergi ke luar negeri dan ada pula yang memberikan perlindungan untuk rumah sakit dalam negeri saja. 

Perbedaan ini harus kamu bandingkan supaya kamu bisa tahu apa yang lebih menguntungkan dan yang kamu butuhkan.

Kamu pun dapat melakukan negosiasi dengan perusahaan terkait dengan manfaat perlindungan yang bisa kamu dapatkan. 

Jika tidak tahu kelebihan dan kekurangan dari produk asuransi yang kamu beli ini maka kamu tidak akan bisa membuat perusahaan bisa memberikan kamu layanan yang bagus.

asuransi kesehatan untuk wanita

Rekomendasi Produk Asuransi Kesehatan untuk Wanita

  1. Asuransi jiwa

Kamu perlu mempertimbangkan asuransi jiwa terutama untuk wanita yang merupakan tulang punggung keluarga karena asuransi jiwa akan menjadi penolong untuk keluarga ketika si tulang punggung ini harus berhenti kerja karena meninggal dunia atau alasan cacat.

Uang pertanggungan yang didapatkan dari asuransi jiwa ini bisa digunakan keluarga untuk terus hidup dan membayar hutang yang mungkin ditinggalkan oleh tulang punggung keluarga ini.

  1. Asuransi penyakit kritis

Setiap wanita membutuhkan asuransi terhadap penyakit kritis karena wanita rentan untuk terkena kanker yang biaya pengobatannya tidak murah.

Penyakit kanker ini bisa membuat finansial dari keluarga langsung memburuk. Namun kamu bisa mengatasinya dengan Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) dengan X Booster.

Produk ini akan membantu pasien dengan memberikan perawatan kanker serta dialisis yang nilai manfaatnya mencapai Rp90 miliar per tahun dan ada juga perawatan kanker eksperimental yang nilai manfaatnya mencapai 1,8 miliar rupiah.

Manfaat tersebut sudah termasuk biaya konsultasi, obat, dan tes.

  1. Asuransi rawat inap

Semua orang pasti tidak ingin sakit tetapi ada waktunya ketika kita tiba-tiba sakit dan saat hal ini terjadi maka kita ingin mendapatkan layanan terbaik di rumah sakit.

Kita bisa mendapatkan hal ini kalau kita dan keluarga kita memiliki jaminan kesehatan yang memberikan pengobatan dan perawatan terbaik.

Hal ini bisa kamu dapatkan dari Super You by Sequis Online melalui produk Super Well Protection. 

Kamu bukan hanya akan mendapatkan jaminan mendapatkan kamar rawat inap yang setara dengan VIP, melainkan juga mendapatkan perlindungan dari penyakit kritis serta perawatan Setelah sembuh hingga 5 tahun.

  1. Asuransi untuk melahirkan

Semua perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produk yang mereka miliki supaya bisa mendapatkan nasabah.

Kamu harus melihat promo yang mereka berikan ini karena seringkali produk yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Salah satu hal yang harus kamu sangat pertimbangkan adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap biaya persalinan. 

Sering kali hal ini akan mencakup hal-hal seperti biaya dokter, rumah sakit, dan juga layanan tambahan. 

Ada juga asuransi yang menanggung ketika terjadi komplikasi ketika kamu sedang melahirkan atau sedang hamil.

Sebagai tambahan informasi, bagi kamu yang ingin belajar tentang dunia aset kripto, kamu bisa mempelajarinya di INDODAX Academy.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Terbaik 2023 di Indonesia, Intip Yuk Rekomendasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU