26.7 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Asuransi Lippo Life: Jenis Produk, Manfaat hingga Cara Klaim

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi Lippo Life adalah layanan pertanggungan yang merupakan bagian dari Lippo Group dan salah satu pemain lama di bidang asuransi tanah air. Dengan jaringan pemasaran yang luas serta pelayanan prima menjadikan Lippo General Insurance Tbk berhasil mengantongi gelar asuransi terbaik pada tahun 2012 lalu. Dalam artikel berikut ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai Lippo General Insurance.

Sekilas tentang Asuransi Lippo Life

Pada awalnya, PT Lippo General Insurance Tbk ini bernama PT Asuransi Brawidjaja pada saat perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 6 September 1963. Kemudian, mereka berganti nama hingga sebanyak lima kali sampai pada akhirnya mereka menggunakan nama PT Lippo General Insurance Tbk hingga saat ini.

Pemain lama dari industri asuransi umum Indonesia ini sekarang telah menjadi perusahaan asuransi yang tidak hanya bergerak di bidang asuransi kerugian saja, melainkan juga asuransi kesehatan. Selain itu, mereka pun memiliki perusahaan-perusahaan rekanan yang juga berfokus pada asuransi jiwa.

Lippo sendiri juga memiliki satu kantor pusat yang berlokasi di wilayah Jakarta dan 14 kantor pemasaran lain dan juga operasional yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Selain providernya yang berjumlah kurang lebih dari 800 fasilitas kesehatan dan rumah sakit ini, Lippo Insurance juga bekerjasama dengan hampir sebanyak 600 dokter praktek di seluruh Indonesia.

Menariknya dari layanan ini adalah kehadiran e-benefit lippo insurance, yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan nasabahnya untuk mengakses polisnya dengan lebih mudah dan praktis.

Produk dan Polis Asuransi Lippo Life

Produk asuransi kesehatan dan asuransi umum memang menjadi fokus dari Asuransi Lippo. Mereka juga memiliki 5 produk asuransi kesehatan dan 9 produk asuransi umum. Berikut ini adalah daftar produk asuransinya, antara lain:

Produk Asuransi Kesehatan

Lippo life assurance memiliki sebanyak 5 produk asuransi kesehatan unggulan terbaik untuk kebutuhan individu maupun perusahaan. Kelima produknya memiliki berbagai manfaatnya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Menariknya adalah produk-produk asuransi kesehatan Lippo ini bisa disandingkan dengan BPJS Kesehatan. Berikut ini adalah produk-produk asuransi kesehatan Lippo.

1. Perlindungan Kesehatan Prima

Produk asuransi kesehatan jenis ini diperuntukkan bagi Individu dan keluarga yang memiliki 3 pilihan plan, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Beberapa keunggulan dari produk Perlindungan Kesehatan Prima salah satunya adalah masa tunggunya yang hanya dalam waktu 15 hari dan 8 bulan untuk penyakit kritis.

Selain itu, masa perlindungannya juga hingga usia 65 tahun. Menariknya adalah terdapat juga fitur saldo prima yang bisa digunakan untuk membayar obat dan vitamin. Penggantian biayanya pun bisa secara cashless (non-tunai) baik itu untuk rawat inap atau rawat jalan. Penggantian biayanya juga dapat dilakukan untuk biaya dokter spesialis, perawatan gigi, dan biaya lainnya yang terkait dan ditagih rumah sakit.

2. Medicare

Mediacare ini adalah fasilitas asuransi kesehatan untuk karyawan perusahaan. Produk ini hadir untuk dapat membuat keuangan perusahaan tetap stabil karena biaya preminya yang sangat terjangkau.

Manfaat dari produk Medicare ini adalah penanggungan terhadap berbagai biaya yang ada di rumah sakit, mulai dari ICU, dokter bedah hingga rawat inap, serta penggantian biaya akan dibayar oleh perusahaan asuransi sesuai dengan yang ditagihkan oleh rumah sakit. Kemudahan pun akan ditawarkan melalui adanya fitur cashless (non-tunai) di rumah sakit yang bekerjasama dengan lippo insurance.

Selain itu ada juga santunan untuk biaya rawat jalan, perawatan gigi, fisioterapi, vitamin dan juga obat-obatan. Selain itu, biaya persalinan juga masuk ke daftar biaya yang ditanggung, baik itu lahiran normal maupun caesar. Tak hanya itu saja, melainkan juga untuk kacamata dan perawatan gigi termasuk pemasangan gigi palsu pun masuk.

3. HealthPlus+ Family

Produk Healthplus ini merupakan produk asuransi kesehatan Lippo yang bisa disandingkan dengan BPJS Kesehatan. Tak hanya itu saja, melainkan juga ada beberapa manfaat lain dari produk ini, yaitu pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan, serta terdapat juga fitur cashless di rumah sakit rekanan lippo insurance.

Masa tunggunya pun cukup singkat hanya dalam kurun waktu 15 hari dan 9 bulan untuk penyakit kritis yang terdaftar dalam polis. Sedangkan untuk masa perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi Lippo cukup panjang, yakni hingga usia 65 tahun.

4. HealthPlus+ Business

Produk asuransi kesehatan Lippo satu ini diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh karyawannya. Keunggulan yang terdapat dari produk ini, antara lain adalah fasilitas rawat inap hingga kelas VVIP yang berlaku di rumah sakit mana pun, serta ada tambahan rider untuk rawat jalan atau perawatan gigi.

Semua keunggulan tersebut dapat didapatkan dengan premi yang sangat murah jika dibandingkan dengan produk sejenis dari kompetitor.

5. HealthPlus+ Mikro

HealthPlus+ Micro merupakan produk asuransi kesehatan Lippo yang dapat memberikan jaminan kesehatan bagi karyawan secara lengkap dan juga komprehensif. Karyawan yang nantinya terdaftar pada polis ini, maka nanti akan mendapatkan manfaat berupa perawatan patah tulang, termasuk juga biaya alat bantu selama perawatan, fitur profit sharing, santunan rawat inap harian dan juga santunan kecelakaan dan jaminan bagi yang memerlukan cuci darah dan/atau kemoterapi.

Produk Asuransi Umum Lippo Insurance

1. MyTravel Domestic

Jenis produk asuransi ini secara khusus akan mengawalmu selama melakukan perjalanan dalam negeri, dengan cara memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan dan ketidaknyamanan selama dalam perjalanan. Asuransi ini berlaku untuk perjalanan dengan transportasi umum baik itu laut, darat atau udara.

Produk ini juga akan memberikan fasilitas penjaminan penggantian bagasi apabila terjadi kehilangan selama pemegang polis melakukan perjalanan, besaran biaya penggantian ini sebesar Rp1 juta. Sedangkan jika ternyata kamu mengalami penundaan keberangkatan pesawat dalam negeri, maka tiket pesawatnya akan diganti sebesar Rp2,5 juta.

Kemudian ada juga santunan kematian atau cacat tetap kurang lebih sebesar 50 juta dan juga santunan perawatan akibat kecelakaan sebesar Rp15 juta.

2. MyTravel International

Produk asuransi umum Lippo satu ini sangat cocok bagi kamu yang memang membutuhkan perlindungan jiwa ketika sedang melakukan perjalanan ke luar negeri. Dalam produk ini terdapat 3 plan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu Premier, Executive, dan Reguler. Manfaat yang akan didapatkan para pemegang polisnya, antara lain untuk kelas Executive ada pertanggungan rawat inap di luar negeri hingga sebesar Rp1,5 miliar ($100.000) dan rawat lanjutan dalam negeri sebesar Rp15 juta.

Jika kamu mengalami pembatalan perjalanan dari maskapai, maka akan diberikan uang pengganti sebesar $3000. Jika terjadi kecelakaan hingga menyebabkan cacat tetap akan diberikan santunan perawatan sebesar $100.000. Lalu, ada juga uang ketidaknyamanan yang akan diberikan maksimal sebesar $300 jika pemberangkatan pesawat delay atau bagasi terlambat datang.

3. Golden Care

Usia senja, atau ketika seseorang sudah berusia sekitar 50 hingga 75 tahunan memang sangat rentan mengalami banyak ketidaknyamanan yang dirasakan oleh tubuh. Seperti darah tinggi, rematik, kolesterol, dan berbagai penyakit lainnya secara tidak langsung pernah dialami. Golden Care adalah produk Lippo life assurance yang memang ditujukan untuk memberikan solusi perlindungan untuk usia lanjut (lansia).

Dalam produk asuransi ini juga terdapat beberapa manfaat yang akan ditawarkan, mulai dari santunan kematian akibat kecelakaan hingga santunan biaya pemakaman. Tidak hanya itu saja, melainkan juga ada biaya perawatan akibat kecelakaan dengan mencakup di dalamnya penggantian biaya patah tulang, fisioterapi, alat bantu gerak, dan lainnya. Selain itu, ada juga fasilitas santunan untuk cacat tetap atau sebagian yang terjadi akibat kecelakaan.

4. Motor Protection

Nah produk asuransi umum Lippo ini sangat cocok untukmu yang senang menggunakan sepeda motor. Jika kamu ingin membeli produk ini, maka nantinya pemegang polis ini akan mendapatkan penggantian kehilangan motor jika tidak ditemukan lebih dari 60 hari, besaran biaya penggantinya adalah sebesar 75% dari harga pasaran.

Lalu, ada pertanggungan dari kecelakaan apabila motor mengalami kerusakan total akibat banjir, tanah longsor, huru hara, kecelakaan, dan bencana alam lainnya akan diberikan biaya kerusakan motor. Produk ini juga akan menawarkan manfaat berupa pengalihan tanggung gugat pihak ketiga.

Manfaat Asuransi Lippo Life

  1. Asuransi Kesehatan, manfaat yang akan didapat oleh pemegang polis adalah pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan.
  2. Asuransi Mobil yang akan memberikan manfaat berupa ganti rugi atas risiko kerusakan sebagian atau total dan juga ganti rugi untuk kehilangan pada mobil.
  3. Asuransi Motor, yakni ganti rugi atas risiko kerugian TLO dan pencurian sepeda motor yang terdaftar.
  4. Asuransi Perjalanan, produk ini memiliki manfaat antara lain adalah ganti rugi atas risiko kecelakaan, kehilangan bagas, dan penundaan perjalanan (delay) yang bisa saja menimpamu selama melakukan perjalanan domestik maupun internasional.
  5. Asuransi Kecelakaan Diri, manfaatnya adalah santunan meninggal dunia, santunan cacat baik tetap atau total, pertanggungan biaya perawatan dan pemakaman akibat kecelakaan.
  6. Asuransi Properti, manfaatnya berupa ganti rugi atas risiko kerugian atau kerusakan dan juga penggantian biaya perawatan yang dikeluarkan akibat risiko tersebut pada rumah dan apartemen
  7. Asuransi Cargo, manfaat yang ditawarkan berupa ganti rugi terhadap risiko kerugian pada barang akibat fenomena alam dan kerusakan atau kehilangan alat angkut karena tindakan kejahatan
  8. Asuransi Aneka, diberi pertanggungan biaya atas kerugian pemasangan alat berat, kerusakan mesin, kerugian pada uang, tanggung gugat dan golf hole in one.
  9. Asuransi Mikro, memberikan proteksi kesehatan dengan biaya premi yang terjangkau
  10. Asuransi Kesehatan Kumpulan, memberikan pertanggungan biaya rawat inap,rawat jalan, pembedahan untuk karyawan perusahaan.

Cara Membeli Lippo Insurance

Untuk bisa membeli asuransi ini, maka kamu dapat melakukannya sendiri dengan mendatangi langsung kantor cabang Lippo insurance terdekat. Selain itu, bisa juga mendaftar secara online melalui situs agregator, selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi e-Benefit lippo yang bisa didapatkan gratis dan bisa diunduh di play store.

Cara Bayar Premi Asuransi

Pembayaran asuransi Lippo terbilang sangat mudah, yakni bisa membayar melalui Kartu kredit, transfer ATM, transfer melalui teller bank, M-banking, bahkan Internet Banking. Menariknya saat ini adalah lippo life assurance juga memberlakukan metode pembayaran baru, yaitu melalui OVO, baik itu OVO Cash ataupun OVO Points.

Cara Klaim Asuransi Lippo Life

Klaim Asuransi Kesehatan Lippo

Untuk mengklaim asuransi kesehatan, terdapat dua metode berbeda, yakni:

Klaim Asuransi Cashless

Scan QR Code yang tertera pada aplikasi e-benefit Lippo Insurance atau bisa juga diganti dengan menunjukkan kartu peserta asuransi kesehatan dan kartu identitas.

  • Petugas asuransi nantinya akan mengecek dan memproses pendaftaran tertanggung.
  • Tertanggung akan menjalani perawatan atau pengobatan di rumah sakit.
  • Ketika perawatan kesehatan selesai, maka biaya tagihan rumah sakit akan konfirmasi ke pihak perusahaan asuransi.
  • Jika terdapat kelebihan mengenai tagihan rumah sakit di luar pertanggungan, maka akan dibebankan langsung kepada pihak tertanggung.

Klaim Asuransi Reimbursement

  • Ketika peserta sudah terdaftar dan melakukan rawat inap, rawat jalan, persalinan, rawat gigi dan kacamata, melakukan pengobatan dan membayar ke rumah sakit baru bisa untuk mengajukan klaim asuransi ini.
  • Peserta juga diharuskan untuk mengisi form klaim dan juga mengajukan dokumen pendukung yang dibutuhkan, lalu dokumen pendukung tersebut dikirimkan ke Lippo Insurance.
  • Setelah itu, nantinya pihak Lippo Insurance akan melakukan analisa klaim asuransi.
  • Jika terjadi pengajuan ulang klaim harus disesuaikan dengan polis terdaftar
  • Ketika semua sudah disetujui oleh pihak Lippo Insurance maka sepenuhnya akan ditanggung

Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor

  • Pemegang polis harus melaporkan kejadian ke call center Lippo Insurance lebih dulu.
  • Kemudian, peserta harus melengkapi berbagai dokumen yang diminta, yaitu formulir klaim, polis yang masih aktif, fotokopi STNK, fotokopi SIM, dan identitas sesuai polis.
  • Selanjutnya adalah pihak asuransi akan melakukan survei tempat kejadian.
  • Persetujuan klaim asuransi kendaraan di bengkel rekanan.
  • Penyelesaian tagihan.

Klaim Asuransi non Kendaraan Bermotor

Ada tiga jenis terkait cara klaim asuransi non kendaraan bermotor, yaitu klaim asuransi non kendaraan bermotor, klaim asuransi kecelakaan diri, dan ada klaim asuransi harta-benda bergerak. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk klaim asuransi masing-masing dari ketiganya, antara lain:

Klaim Asuransi non Kendaraan Bermotor

Klaim asuransi non kendaraan bermotor ini sama seperti kamu mengklaim asuransi kendaraan bermotor yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Asuransi Kecelakaan Diri

  • Melaporkan kejadian langsung ke call center Lippo Insurance.
  • Melengkapi berbagai dokumen yang diminta, seperti formulir laporan pengajuan klaim, kronologi kecelakaan yang terjadi, dan fotokopi kartu identitas.
  • Jika tertanggung sudah meninggal dunia maka diperlukan dokumen tambahan, berupa surat keterangan hasil pemeriksaan jenazah, fotokopi surat keterangan meninggal dunia (kelurahan, rumah sakit, dan kepolisian setempat), salinan surat ahli waris dan kartu keluarga.
  • Jika tertanggung hilang karena kecelakaan maka harus menyertakan surat keterangan tentang kecelakaan dan penghentian pencarian yang diterbitkan oleh pihak berwenang dan juga surat pernyataan dari ahli waris akan mengembalikan santunan apabila tertanggung ditemukan dalam keadaan hidup.
  • Lampirkan juga surat keterangan pemeriksaan dari dokter yang saat itu melakukan perawatan dan pengobatan jika tertanggung mengalami cacat tetap.
  • Dokumen lainnya yang sekiranya relevan, wajar, dan patut diminta oleh penanggung yang masih berkaitan dengan penyelesaian klaim.
  • Survei jika diperlukan.

Klaim Asuransi Harta-Benda Bergerak

  • Melengkapi berbagai dokumen yang dibutuhkan berupa formulir klaim asuransi harta-benda bergerak, ikhtisar pertanggungan asuransi harta-benda bergerak, dan fotokopi kartu identitas tertanggung.
  • Mengirimkan barang/gawai yang sudah rusak dan juga seluruh kelengkapan dokumen serta formulir yang telah diisi ke kantor operasional PT Lippo General Insurance Tbk.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai asuransi Lippo Life mulai dari produk, cara beli, cara cek polis, hingga cara klaimnya. Jika kamu tertarik untuk membeli asuransi ini, maka kamu bisa langsung menghubungi agen asuransi Lippo atau datang langsung ke kantornya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE