29.3 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online maupun Offline

Pindah faskes bpjs kesehatan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile dan secara offline dengan mengunjungi langsung kantornya. Bagi Anda peserta BPJS Kesehatan dan ingin pindah faskes (Fasilitas Kesehatan) BPJS, kini sudah bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi langsung kantor terdekat dari domisili. Sebab, pihak BPJS sudah meluncurkan sebuah aplikasi bagi para pesertanya untuk mengurus berbagai keperluan BPJS dengan mudah dan cepat.

Biasanya harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat dan cukup memakan waktu hanya untuk mengurus pindah fasilitas kesehatan BPJS. Meskipun begitu, tidak jarang juga yang masih menggunakan cara lama ini, tapi cara ini banyak terkendala masalah administrasi dan persyaratan dokumen. Sehingga, proses pindah fasilitas kesehatan ini membutuhkan waktu cukup lama, karena itu banyak dikeluhkan oleh masyarakat saat ingin mengurus pindah fasilitas kesehatan bpjs.

Cara Pindah Faskes BPJS melalui Aplikasi Mobile JKN

Saat ini, pihak bpjs sudah menyediakan aplikasi mobile mereka, yaitu Mobile JKN. Bagi pesertanya yang ingin pindah fasilitas kesehatan bpjs secara online ke tingkat fasilitas lebih tinggi atau lebih rendah melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut ini adalah cara pindah fasilitas kesehatan hingga perubahan data secara online, antara lain:

  • Mengunduh dan menginstall aplikasi Mobile JKN pada smartphone terlebih dahulu.
  • Buka aplikasinya dan daftarkan diri sebagai peserta baru.
  • Kemudian, mengisi data pribadi (Nomor BPJS, email, KTP, dan sebagainya).
  • Bagi peserta lama, maka lakukan login dengan nomor bpjs di aplikasi Mobile JKN.
  • Lalu, pilih menu “Ubah Data Peserta” di halaman utama.
  • Setelah itu, pada kolom faskes akan muncul pop up untuk memilih provinsi, kabupaten, dan pilihan faskes. Kemudian, “tekan simpan” jika sudah menentukan pilihan tersebut.
  • Selanjutnya adalah menunggu notifikasi kode verifikasi melalui email atau nomor handphone yang terdaftar.
  • Kemudian, lakukan verifikasi pada saat menerima kode verifikasi dari pihak BPJS dan ubahlah data peserta milikmu.
  • Setelah berhasil diverifikasi, maka bisa langsung konfirmasi perubahan data tersebut dengan menekan “OK”.

Penting untuk diketahui bahwasanya perubahan faskes mulai efektif dan berlaku pada bulan berikutnya. Jadi, untuk iuran BPJS Kesehatan pada bulan saat pengajuan pindah faskes masih berlaku untuk iuran faskes yang lama. Proses pindah fasilitas kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN hanya berlangsung dalam hitungan menit saja, maka sudah dapat mengubah data kepesertaan BPJS milikmu.

Cara Pindah Faskes BPJS secara Offline

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang tidak memiliki handphone atau gadget mumpuni untuk mengunduh dan menginstall aplikasi mobile jkn. Maka, bisa juga dengan melakukan perpindahan faskes bpjs dengan mengunjungi kantor bpjs kesehatan terdekat secara langsung. Tidak perlu mengunjungi kantor pusat dan cukup mengunjungi kantor cabang terdekat sesuai domisili Anda saja untuk melakukan perubahan faskes bpjs. Namun, sebelum datang langsung perlu untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan oleh pihak BPJS, yaitu:

  • KTP dan Kartu Peserta BPJS Kesehatan.
  • Kartu Keluarga.
  • Khusus PNS, POLRI, TNI, dan PPNPN siapkan daftar kolektif gaji.
  • Bukti pembayaran terakhir, fotokopi buku rekening bagi yang ingin pindah dari kelas 3 menjadi kelas 2 atau 1. 
  • Surat keterangan domisili, kuliah, atau kerja.

Setelah menyiapkan dokumen seperti di atas, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan pindah fasilitas kesehatan bpjs, antara lain:

  • Mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat.
  • Kemudian, mengambil formulir khusus penggantian faskes yang terdapat pada loket.
  • Setelah itu, isilah formulir dengan data secara lengkap dan benar.
  • Pengisian formulir dapat dilakukan langsung di tempat maupun di rumah.
  • Selanjutnya, apabila semua kolom data sudah terisi semua, maka serahkan formulir tersebut ke petugas BPJS yang bertugas di loket.

Dengan begitu, maka penggantian faskes berhasil dilakukan dan pemberlakuan faskes ini mulai efektif pada bulan berikutnya. Apalagi sekarang ini ada keringanan beban iuran pada masa Covid-19 sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. 

Kesimpulan

Demikianlah cara untuk melakukan perpindahan faskes bpjs secara online maupun offline. Dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN diharapkan dapat mengubah cara pandang masyarakat bahwa pelayanan kesehatan tidak hanya melayani masyarakat kelas atas, melainkan berbagai kalangan masyarakat saat ingin mengakses layanan kesehatan milik pemerintah ini.

Perlu juga untuk diketahui bahwa aplikasi Mobile JKN menyediakan fitur seperti pelayanan pindah faskes, pendaftaran bpjs, permohonan keringanan iuran, cek tagihan, dan sebagainya dapat diurus menggunakan aplikasi mobile jkn. 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Profil Asuransi Mobil BESS hingga Daftar Bengkel Rekanannya

JAKARTA, duniafitech.com – Asuransi Mobil BESS atau BESS Car Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi kendaraan terbaik dan populer di Indonesia. Sebagai informasi, perusahaan ini...

Harus Cepat Dihindari, Inilah Bahaya FOMO Bagi Trader Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Bahaya FOMO bagi trader kripto merupakan istilah rasa ketakutan yang berlebihan akan suatu hal.  FOMO atau Fear Of Missing Out adalah rasa...

Mudah! Begini Cara Top Up OVO lewat Bank Bukopin via Wokee

JAKARTA, duniafintech.com – Mau tahu cara top up OVO lewat Bank Bukopin? Pada dasarnya, caranya  sebenarnya sangat gampang kok untuk kamu lakukan. Seperti diketahui, belakangan...

Luhut: Kita Salah Satu Negara yang Punya Utang Terkecil di Dunia

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Letnan Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan buka-bukaan soal utang pemerintah Indonesia yang sudah menembus...

Tol Serang-Panimbang Pakai Utang China, Luhut: Jangan Mubazir!

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan...
LANGUAGE