29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik agar Pengeluaran Tidak Membengkak

Pemasukan dan pengeluaran selalu menjadi hal yang wajar bagi siapapun. Namun pengeluaran yang tidak dikontrol tentunya akan membuat diri kita rugi dengan sendirinya. Bak pedang bermata dua, pengeluaran akan membantu kita dalam memenuhi kebutuhan tetapi juga akan membunuh jika tidak tahu cara mengatur keuangan dengan baik.

Dalam mengelola pengeluaran dan pemasukan tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Oleh karena itu, kalian wajib untuk menerapkan beberapa tips sederhana untuk mulai mengatur keuangan.

Cara Mengatur Keuangan dengan Baik

Berikut ini kami akan memberikan cara untuk mengatur keuangan pribadi. Yuk simak penjelasannya sampai selesai.

1. Mulailah Dengan Memilih Kebutuhan

Buatlah list kebutuhan mulai dari yang benar-benar menjadi prioritas hingga yang kurang terlalu dibutuhkan. Jangan sampai kita mendahulukan kebutuhan yang tidak terlalu penting yang itu sendiri akan merugikan bagi kita.

Ini merupakan perencanaan yang paling mendasar yang harus kita lakukan dalam mengelola keuangan pribadi.

Terkadang kita sering mendahulukan pengeluaran yang ternyata hanya untuk kepuasan semata bukan untuk memenuhi kebutuhan wajib.

Dengan perencanaan keuangan yang bagus, kesalahan-kesalahan dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan kemungkinan besar tidak akan terjadi lagi.

2. Jangan Pernah Berutang untuk Kesenangan

Berutang akan menghancurkan keuangan kita jika digunakan untuk hal yang salah. Buatlah sumpah pada diri sendiri bahwa tidak akan pernah berutang untuk kesenangan demi apapun itu.

Cobalah ubah mindset menjadi menabung dulu sebelum membeli jangan membeli dengan cara berutang. Selain kewajiban untuk membayar pada waktu yang tepat, membeli barang dengan berutang malah akan membuat harga barang tersebut lebih mahal karena kita juga harus mengembalikan bunga pinjaman.

3. Cobalah untuk Mulai Berinvestasi

Investasi sedikit demi sedikit akan membantu kita di kemudian hari, mulailah dengan investasi yang memiliki risiko rendah. Investasi seperti reksadana tentunya sangat cocok untuk pemula, kalian bisa mulai berinvestasi mulai dengan 10 ribu rupiah saja.

Intinya dalam berinvestasi kita harus yakin dan konsisten, selanjutnya kita hanya akan menerima hasil dari investasi tersebut di kemudian hari. Semakin kita terbiasa untuk berinvestasi bisa dikatakan kita selangkah lebih maju menuju kebebasan berfinansial.

4. Usahakan untuk Mencari Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif tentunya akan membantu kita dalam mengurangi beban biaya-biaya yang timbul. Entah itu hanya mampu untuk menambal kebutuhan pulsa atau BBM bulanan, tapi itu akan sangat meringankan kita.

Pendapatan pasif bisa kita dapatkan dari banyak cara seperti berinvestasi, mengelola channel YouTube, atau berjualan melalui WhatsApp. Tentunya banyak sekali referensi kita untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan pasif.

5. Catatlah Semua Arus Kas Kalian

Membuat catatan pengeluaran dan pemasukan untuk mengetahui seberapa efektif kalian melakukan kontrol terhadap keuangan.

Lakukan evaluasi setiap bulan untuk membuat perencanaan yang lebih matang kedepannya. catatan keuangan bisa menjadi dasar dalam.

Mengatur keuangan pada dasarnya adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, namun bagi yang belum terbiasa melakukan akan menjadi hal yang sangat berat.

Kerugian Jika Tidak Mengatur Pengeluaran

Jika tidak bijak dalam mengatur keuangan rasanya sangat sulit untuk terbebas dari jeratan pengeluaran yang membengkak. Selain itu, utang juga menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Banyaknya utang yang harus ditanggung oleh seseorang tentunya akan menjadi beban pikiran yang berkelanjutan, sehingga akan sulit untuk bekerja secara maksimal.

Jadi, jika memang belum pernah melakukan perencanaan keuangan ada baiknya untuk memulai dari hal yang sederhana dulu seperti menyusun catatan anggaran.

Seiring dengan berjalannya waktu, kita pasti bisa mengatur pengeluaran dengan baik sehingga tidak lagi kuwalahan dalam menghadapinya.

Selebihnya, jikas sudah terbiasa kita bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan di masa mendatang atau di hari tua. Namun, jika kita tidak melatihnya semenjak dini sudah dipastikan akan kesulitan nantinya. 

Semakin kita pandai mengatur keuangan, maka akan semakin ringan juga beban keuangan yang kita pikirkan setiap harinya. Sehingga kita sendiri bisa kembali produktif dalam melakukan setiap pekerjaan kita.

Itulah kira-kira 5 cara sederhana mengatur pengeluaran serta kerugian yang akan kita dapatkan jika tidak mengatur keuangan.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU