26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Saat ini, cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak sangat mudah, cukup secara online. Dengan begitu, peserta tidak perlu ke kantor BPJS terdekat untuk mengeceknya.

BPJS Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapatkan tugas dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Hadirnya BPJS Kesehatan memiliki peran sentral dalam mewujudkan sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan, melalui program tersebut masyarakat Indonesia dapat berobat dengan aman dan terjangkau. Bahkan, jaminan sosial yang diberikan tidak ada batasan seperti halnya jaminan kesehatan swasta.

Supaya bisa merasakan manfaat dari jaminan kesehatan dari BPJS, maka diperlukan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Untuk cara pendaftarannya bisa mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan maupun secara online. Status kepesertaan BPJS Kesehatan akan aktif setelah kamu sudah terdaftar sebagai peserta. Namun, status kepesertaan tersebut juga dapat nonaktif karena beberapa hal.

Sebab itu, sangat penting bagi peserta BPJS Kesehatan untuk mengecek status keanggotaannya. Jangan sampai saat dibutuhkan, ternyata kepesertaan belum atau sudah tidak aktif lagi. Sekarang ini sudah sangat mudah untuk cek kartu BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online. Dengan begitu, peserta BPJS Kesehatan tidak perlu lagi mengunjungi kantornya untuk cek kepesertaan bpjs.

3 Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

Berikut ini adalah rangkuman tentang cara cek BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak secara online.

  1. Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan melalui Aplikasi

Untuk melakukannya melalui aplikasi, antara lain sebagai berikut:

  • Mengunduh dan menginstall aplikasi Mobile JKN di Play Store maupun App Store.
  • Kemudian, buka aplikasi Mobile JKN di smartphone Anda.
  • Setelah itu, nantinya akan termuat halaman login pada aplikasi dan meminta nomor kartu bpjs atau email yang aktif, serta password.
  • Jika sudah pernah mendaftar aplikasi ini, maka langsung mengisi form login tersebut. Tapi, apabila belum mendaftar aplikasi, maka tekan ‘register’.
  • Kemudian, isilah form pendaftaran yang tertera di halaman. Mulai dari nomor BPJS, KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, email dan nomor handphone aktif, dan password. Isilah alamat email dan nomor telepon sesuai dengan data saat mendaftar bpjs kesehatan.
  • Selanjutnya, klik ‘register’ dan nanti Anda akan menerima form verifikasi dengan kode angka unik yang akan dikirimkan ke alamat email.
  • Setelah itu, buka pesan masuk dari BPJS Kesehatan di email tersebut untuk menyalin kode uniknya guna dimasukkan pada kolom verifikasi.
  • Kemudian, klik ‘verify’ maka Anda akan masuk ke menu utama dengan tampilan fitur Mobile JKN.
  • Setelah masuk ke dalam menu utama, lalu pilih menu ‘peserta’ untuk mengetahui status kepesertaan bpjs kesehatan.
  • Melalui aplikasi ini Anda juga bisa melihat informasi terkait keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang menjadi tanggungan.
  1. Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan melalui Call Center

Cara cek bpjs kesehatan masih aktif atau tidak juga bisa dilakukan melalui bpjs call center, dengan menghubungi langsung ke nomor call center bpjs. Nantinya, kamu akan terhubung langsung dengan pusat Customer Service BPJS Kesehatan yang akan siap membantu dan mengatasi keluhan Anda selama 24 jam.

  1. Cara Cek Kepesertaan BPJS Kesehatan melalui SMS

Cara cek kepesertaan bpjs juga bisa melalui SMS dengan format yang bisa digunakan untuk mencari status keanggotaan, yaitu:

  • Menggunakan NIK KTP
  • Menggunakan NOKA (Nomor Kartu BPJS Kesehatan)
  • Menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai).

Melalui salah satu format di atas, maka kamu hanya perlu mengirimkan format tersebut ke nomor 08777-5500-400. Setelah itu, hanya perlu menunggu balasan SMS dari BPJS Kesehatan.

Kesimpulan

Status kepesertaan BPJS Kesehatan sangat bergantung pada kelancaran pembayaran iuran. Lakukan iuran BPJS rutin setiap bula agar status kepesertaannya tetap aktif. Selain itu, lakukan juga pengecekan kepesertaan BPJS secara berkala guna memastikan status BPJS aktif atau tidak.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE