28.2 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Asuransi Melahirkan Prudential, Segini Harga Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi melahirkan Prudential merupakan produk asuransi yang menanggung biaya persalinan.

Manfaat pertanggungan melahirkan ini biasanya menjadi bagian dari asuransi kesehatan dan bersifat rider atau tambahan.Namun, juga ada yang berbentuk produk khusus atau stand alone.

Salah satu produk yang sifatnya bukan asuransi tambahan ini, yaitu PRUMy Child dari Asuransi Prudential. Yuk, simak review lengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Memiliki Asuransi Khusus Melahirkan 

Sebelum membahas PRUMy Child dari Prudential, sebaiknya ketahui dulu seberapa penting memiliki asuransi melahirkan.

Pada dasarnya, dengan memiliki asuransi untuk melahirkan, kebahagiaan keluarga akan lebih lengkap. Di samping itu, keluarga akan lebih tenang sebab ketahanan finansial terjaga. Pentingnya memiliki produk ini adalah sebagai berikut:

1. Menekan angka kematian ibu dan anak

Melalui asuransi, kepastian mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai saat proses melahirkan tanpa harus terkendala soal biaya.

2. Kesehatan ibu dan anak secara jasmani dan rohani terjaga

Adapun ketenangan dan kebahagiaan akan terasa tanpa beban finansial. Ibu dapat memberikan ASI dengan baik tanpa harus terganggu dengan kemungkinan masalah finansial. 

Di samping itu, anak pun dapat memperoleh kasih sayang dan perhatian besar dari orang tuanya.

3. Meringankan urusan  

Ketika melahirkan, fokus orang tua tentunya adalah keselamatan anak dan ibu tetap terjaga. Urusan lain, khususnya soal biaya, juga telah teratasi dengan adanya asuransi sehingga hal itu meringankan urusan yang harus ditangani.

Dalam hal ini, pemilik polis asuransi tidak perlu harus bolak balik ke administrasi rumah sakit untuk mengurus tagihan karena langsung ditanggung oleh asuransi.

Baca jugaCara Memilih Polis Asuransi yang Tepat, Ikuti Tips ini Ya!

Cara Daftar Asuransi Kesehatan Prudential

Kalau kamu ingin membeli polis asuransi kesehatan atau kehamilan dari Prudential maka berikut panduan cara daftarnya.

1. Hubungi agen asuransi Prudential

Pertama sekali, coba cari tahu soal kontak agen asuransi Prudential. Agen asuransi bakal membantumu supaya bisa menentukan pilihan produk dengan lebih mudah sesuai kebutuhan. Jika kamu memang membutuhkan asuransi yang mengcover biaya persalinan maka sampaikan dengan jelas kepada pihak agen asuransi. 

Dengan demikian, agen dapat merekomendasikan PRUMy Child kepadamu dan memberikan arahan mengenai cara daftarnya. 

2. Mengisi formulir SPAK

SPAK merupakan singkatan dari Surat Permintaan Asuransi Kesehatan. Surat yang satu ini akan diberikan saat kamu telah menerima gambaran ilustrasi asuransi dan akan mendaftar.  Dalam surat ini, kamu harus mengisi informasi data diri selengkap-lengkapnya.

Di samping itu, kamu juga akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan, di antaranya dokumen data diri serta bukti medical check up.

Tujuannya adalah agar pihak perusahaan asuransi dapat lebih mudah untuk menentukan besaran premi yang perlu kamu bayarkan.

3. Seleksi oleh underwriter

Underwriter adalah pihak yang melakukan analisis terhadap pengajuan calon nasabah asuransi. Pengajuan kamu akan melalui proses underwriting terlebih dahulu.

Nah, selama proses ini, kamu hanya perlu menunggu pengajuan disetujui. Nantinya, hasil seleksi dari proses underwriting akan menghasilkan beberapa pilihan. Kemungkinan, pengajuan pendaftaran kamu akan disetujui atau justru ditolak. 

Boleh jadi juga, pengajuan akan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi, tetapi dengan syarat perlu ada biaya premi tambahan.

asuransi melahirkan prudential

Asuransi Melahirkan Prudential — PRUMy Child

Adapun PRUMy Child adalah produk yang bukan merupakan asuransi tambahan. PRUMy Child menjadi salah satu polis asuransi Prudential. Biasanya, di perusahaan asuransi lain, asuransi melahirkan hanya dijadikan sebagai rider atau manfaat tambahan, tetapi hal itu tidak berlaku dengan PRUMy Child dari Prudential.

Sebagai informasi, polis asuransi ini memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi untuk anak dalam kandungan. Uniknya, polis asuransi ini pun dapat diteruskan saat anak telah dilahirkan untuk kebutuhan kesehatan, pendidikan, dan finansial.

Oleh sebab itu, fungsinya sangat lengkap dan bisa dibilang perlindungannya komprehensif. Pasalnya, dimulai dari saat masih dalam kandungan sampai sudah dilahirkan dan beranjak besar.

Penting diketahui, untuk memiliki asuransi PRUMy Child ditujukan untuk calon ibu yang mengandung dari umur 18 tahun—40 tahun. Selanjutnya, ditujukan untuk calon ibu yang usia kehamilan 20—32 minggu.

Baca jugaCari Asuransi Jiwa Murah? Ini 15 Rekomendasi Produknya

Manfaat Prudential PRUMy Child

1. Pertanggungan jiwa janin atau calon bayi

PRUMy Child akan memberikan uang pertanggungan asuransi jiwa atas janin atau calon bayi dan ibu selama masa kehamilan.

2. Benefit komplikasi yang terjadi pada ibu

Adapun komplikasi yang terjadi selama masa kehamilan atau sesudah melahirkan juga turut dicover. Benefit yang diberikan mulai dari Rp10 juta, Rp20 juta, hingga Rp30 juta.

3. Perawatan di Inkubator atau ICU

Kamu tidak pernah menduga jika terjadi masalah saat melahirkan dan sang anak membutuhkan perawatan di inkubator atau Intensive Care Unit (ICU) atau High Dependency Unit (HDU). 

Nah, pada produk asuransi khusus melahirkan Prudential ini diberikan tanggungan biaya mulai dari Rp250 ribu, Rp500 ribu, hingga Rp1 juta setiap harinya untuk waktu maksimum selama tiga hari.

4. Manfaat kelainan bawaan

Asuransi khusus kehamilan dan melahirkan Prudential ini pun akan memberikan pertanggungan jika terjadi kelainan bawaan pada anak. Benefit yang diterima mulai dari Rp50 juta, Rp100 juta, hingga Rp150 juta.

5. Pertanggungan jiwa atas anak yang meninggal dunia atau cacat

Untuk manfaat lain dari asuransi PRUMy Child, yakni pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia atau menderita cacat total dan tetap setelah kelahiran. Pemegang polis akan menerima uang pertanggungan dari PRUMy Child hingga anak berusia 99 tahun untuk meninggal dunia atau sampai dengan anak berusia 70 tahun untuk cacat total dan tetap.

Di samping itu, manfaat tambahan lainnya adalah terdapat 17 asuransi tambahan atau asuransi rider yang bisa digabungkan dengan polis asuransi melahirkan ini.

Premi PRUMy Child

Untuk premi polis PRUMy Child ini, biaya asuransinya mulai dari Rp400.000 setiap bulan di luar dari asuransi tambahan. Jika kamu menambahkan manfaat tambahan atau rider maka boleh jadii harga preminya akan berbeda, sesuai dengan rider yang dipilih.

Di samping itu, Prudential pun menerapkan syarat khusus jika preminya di bawah yang ditetapkan, yaitu kewajiban untuk memilih PRUsaver, dengan mata uang yang dibayarkan untuk premi ini adalah rupiah.

Demikianlah uraian mengenai asuransi melahirkan Prudential yang penting untuk diketahui. Persiapkan ya pertanggungan dan proteksi untuk kehamilan dan kelahiran si buah hati.

Baca jugaCara Menutup Asuransi BNI Life, Simak Yuk di Sini!

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE