27.7 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Asuransi Mobil: Intip Tips Memilih dan Rekomendasinya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi mobil adalah proteksi penting bagi kendaraan roda empat kesayanganmu saat ini. Apa saja rekomendasinya?

Mengingat aset yang satu ini punya nilai ekonomi tinggi, sudah sewajarnyalah untuk mempertimbangkan dan membuat anggaran tersendiri terkait perawatannya.

Tentunya, hal ini akan berguna sebagai upaya menjaga nilai asetnya tetap dalam kondisi yang baik dan tidak merosot akibat adanya kerusakan dan berbagai risiko lainnya.

Berikut ini ulasan selengkapnya.

Menggunakan Asuransi Mobil

Menggunakan asuransi bagi kendaraan roda empat dapat membantumu untuk mengalihkan risiko yang bisa saja terjadi kapan pun terhadap mobilmu, di antaranya:

  • Timbulnya kerugian atau kerusakan terhadap kendaraan/mobil itu sendiri
  • Kerugian yang muncul akibat adanya kewajiban dalam bentuk tanggung jawab hukum yang wajib dipenuhi oleh tertanggung terhadap pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak/orang lain yang mengalami kerugian akibat tindakanmu sebagai seorang pengendara, misalnya orang yang mengalami kerugian karena kamu menabrak kendaraannya di jalanan

Asuransi Mobil

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan asuransi kendaraan saat ini dan hal itu pun menjadi nilai lebih tersendiri buat para calon nasabah sebab tersedia beragam pilihan yang dapat dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Meski demikian, simak terlebih dahulu yuk sejumlah tips berikut ini sebelum memutuskan untuk memilih dan menggunakan jasa layanan pertanggungan mobil.

1. Pilih sesuai dengan kebutuhan

Ketika hendak memutuskan untuk membeli sesuatu, akan sangat penting untuk mengetahui kebutuhan terlebih dahulu. Hal ini pun berlaku ketika kamu akan memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi mobil. Dalam hal ini, pastikan bahwa kamu mengerti dengan jelas mengenai layanan dan jaminan yang diberikan oleh perusahaan asuransi sehingga kamu dengan mudah bisa memilih satu yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan mobil itu sendiri.

2. Pertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi

Perlu juga diingat bahwa kamu sebaiknya tidak memilih perusahaan asuransi kendaraan roda empat dengan sembarangan. Pasalnya, hal itu akan melibatkan aset kamu yang bernilai ekonomi cukup tinggi dan kamu pun tentu tidak ingin mengalami kerugian akibat memilih perusahaan asuransi yang tidak profesional. Pastikan bahwa kamu telah memilih sebuah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan serta mudah saat mengajukan klaim.

3. Bandingkan Besaran Premi yang Ditetapkan

Selanjutnya, kamu pun sebaiknya tidak terpaku pada jumlah premi kecil yang ditawarkan oleh satu perusahaan asuransi saja sebab ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan premi terjangkau dan ringan sehingga kamu sebenarnya punya banyak pilihan yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

4. Layanan dan Kredibilitas Bengkel Rekanan

Kemudian, cobalah pertimbangkan soal bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi sebab kamu akan berhubungan langsung dengan mereka apabila sewaktu-waktu sesuatu menimpa mobilmu. Pastikan bahwa bengkel itu punya infrastruktur yang memadai serta layanan yang memuaskan supaya kamu merasa nyaman dan tenang saat berurusan dengan mereka.

5. Fitur Layanan yang Ditawarkan

Sekalipun tampak sama, tetapi dalam kenyataannya setiap perusahaan asuransi akan punya fitur layanan yang berbeda-beda dan keunggulan masing-masing. Hal itu mungkin akan menambah jumlah premi yang mesti dibayarkan sehingga gunakanlah fitur-fitur yang memang sangat kamu butuhkan.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

1. Adira Autocillin

Asuransi mobil dari PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira) ini akan memberikan jaminan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.

Keuntungan: 

  • Tersedia 385 bengkel rekanan 
  • Cara klaim: Melalui Autocillin Mobile Claim App, yakni pelaporan klaim secara langsung dan mudah melalui telepon seluler.
  • Tersedia fasilitas perpanjangan STNK dan Autocillin Rescue (fasilitas seperti Mobil Derek (Towing Car), Bantuan Darurat di Jalan (Emergency Roadside Assistance), Ambulans, dll).
  • Call Center 24 jam: Hubungi call center Asuransi Adira (Adira Care) di nomor 1500-456 atau email ke [email protected]

2. Autocillin Ikhlas

Produk asuransi mobil berbasis syariah dari PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira) ini memberikan jaminan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan.  Dalam pengelolaan dananya, mereka menerapkan prinsip syariah.

Baca jugaMeski Harga BBM Naik, Industri Asuransi Jiwa Tetap Optimis Tumbuh

Keuntungan:

  • Tersedia 385 bengkel rekanan 
  • Cara klaim: Melalui Autocillin Mobile Claim App, yakni pelaporan klaim secara langsung dan mudah melalui telepon seluler.
  • Tersedia fasilitas perpanjangan STNK dan Autocillin Rescue (fasilitas seperti Mobil Derek (Towing Car), Bantuan Darurat di Jalan (Emergency Roadside Assistance), Ambulans, dll).
  • Call Center 24 jam : Hubungi Adira Care di nomor 1500-456 atau email ke [email protected]

3. Asuransi Mobil Garda Oto 

Asuransi dari PT Asuransi Astra Buana ini memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis, termasuk kehilangan akibat pencurian.

Baca jugaAsuransi Raksa: Daftar Produk, Polis, hingga Cara Klaimnya

Keuntungan:

  • Bengkel rekanan: tersedia 397 bengkel
  • Cara klaim: bisa dilakukan melalui aplikasi Garda Mobile Otocare, aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk pengecekan informasi polis, lapor klaim, status klaim, request bantuan darurat dimana saja dan kapan saja.
  • Layanan Home Survey & Pickup Delivery Service: bebas pilih lokasi survey, klaim serta layanan antar jemput kendaraan menuju dan dari bengkel.
  • Tersedia layanan Bantuan Darurat Garda Siaga (Emergency Roadside Assistance & Towing Car) 24 Jam
  • Call Center 24 jam: hubungi Garda Akses di nomor (021) 1500-112 atau e-mail ke [email protected]

4. Mega Insurance 

Produk asuransi kendaraan bermotor yang diterbitkan oleh PT Asuransi Umum Mega ini memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Keuntungan:

  • Bengkel rekanan: tersedia lebih dari 250 bengkel rekanan
  • Registrasi & Tracking Claim: Melalui aplikasi Mega Insurance Assistant (MIA) App.
  • Terdapat paket bundling perluasan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 
  • Call Center 24 jam: Hubungi (Halo MIA – Mega Insurance Assistant) di nomor 1500-119 atau email ke [email protected]

5. Sompo

Asuransi kendaraan roda empat dari PT Sompo Asuransi Indonesia ini memberikan jaminan perlindungan atas mobil yang diasuransikan dari segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, berat, hingga total (misal: hilangnya kendaraan).

Keuntungan:

  • Bengkel rekanan: tersedia 263 bengkel rekanan
  • Tersedia fitur Replacement Parts On the Spot (RPOS) atau penggantian salah satu bagian kendaraan langsung di tempat dan juga Ultimate Service untuk mengoptimalkan perlindungan kendaraan.
  • Cara pelaporan klaim yang mudah melalui : Hubungi nomor telepon : 14051 atau di 081-113 -14051 (WhatsApp only). Mendatangi Kantor SOMPO, datang ke Car Claim Point (CCP) atau datang ke Bengkel Anchor Sompo.
  • Call Center 24 jam: Hubungi nomor 14051 atau 081-113-14051 (WhatsApp) atau melalui email ke [email protected]

Sekian ulasan tentang asuransi mobil yang perlu kamu ketahui. Beli yuk produknya sekarang juga!

Baca jugaAsuransi Mobil: Kenali Manfaat Umum hingga Khususnya di Sini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE