26.7 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Manfaat dan Cara Daftar Asuransi Pendidikan Bank BRI Syariah

JAKARTA, duniafintech.comAsuransi Pendidikan Bank BRI Syariah adalah solusi terbaik bagi orang tua yang tengah merencanakan keuangan untuk anaknya. Dengan Danasiswa Syariah ini—nama produknya—dana pendidikan dipastikan dapat lebih terjamin. Danasiswa Syariah diketahui bakal memberikan jaminan pendidikan anak sejak duduk di bangku taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. 

Namun, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu manfaat hingga cara daftar asuransi pendidikan ini sebelum membelinya. Ulasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Mengenai Asuransi Pendidikan Bank BRI Syariah

Asuransi pendidikan dari bank pelat merah syariah ini adalah Danasiswa Syariah. Program asuransi pendidikan syariah tersebut dirancang khusus untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan anak sejak taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.

Sebagai informasi, produk yang satu ini adalah bagian dari program asuransi BRI Life—anak perusahaan dari bank terbesar di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI). Program asuransi BRI Life sendiri sudah beroperasi di industri asuransi jiwa selama lebih dari 30 tahun sehingga kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Di sisi lain, asuransi pendidikan Danasiswa Syariah ini juga menggunakan prinsip syariah dengan cakupan perlindungan berupa dana pendidikan yang dipadukan dengan proteksi asuransi jiwa dan kecelakaan diri. Polis Danasiswa Syariah sendiri menggunakan akad Tabarru, yakni tolong-menolong dan Wakalah bil Ujrah (upah).

Untuk diketahui, BRI Life pun menyediakan produk asuransi lainnya, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, Penyakit Kritis, Proteksi dan Investasi, dan Hari Tua. Selain itu, BRI Life pun sudah mengantongi izin usaha dan mendapat pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KEP-181/KM.13/1988 pada 10 Oktober 1988 sehingga keamanannya terjamin.

Manfaat Asuransi Pendidikan Bank BRI Syariah

Adapun masa perjanjian asuransi Danasiswa Syariah BRI ini minimal selama 5 tahun dan maksimalnya 10 tahun. Pembayaran kontribusi reguler minimal 2 tahun dan dapat dibayarkan tunggal atau bertahap, mulai dari tahunan, semester, triwulan, dan bulanan. Untuk manfaat dari produk asuransi pendidikan Danasiswa Syariah ini, di antaranya:

  • Pemberian manfaat Tahapan Dana Pendidikan (THP).
  • Saat nasabah terdiagnosa penyakit kritis, maka akan mendapatkan pembebasan biaya kontribusi. 
  • Polis asuransi juga menjadi bebas premi saat tertanggung meninggal dunia. 
  • Jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan maka ahli waris berhak atas santunan duka sebagai Uang Pertanggungan sebesar 100 persen dari total dana pendidikan.
  • Jika tertanggung meninggal dunia bukan karena kecelakaan maka Uang Pertanggungan adalah 50 persen dari total dana pendidikan.
  • Pemberian manfaat Tahapan Dana Pendidikan (THP) secara bertahap sesuai jenjang pendidikan anak.
  • Jika anak meninggal dunia selama masa asuransi, maka akan mendapatkan santunan sebesar Rp 15 juta ditambah dengan nilai tunai polis saat peserta meninggal dunia dan polis akan berakhir.
  • Polis berakhir jika semua THP telah diterima seluruhnya.

Biaya Premi Danasiswa Syariah

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besaran premi dari asuransi pendidikan dari BRI Syariah ini, yakni usia tertanggung—dalam hal ini adalah orangtua—, kondisi kesehatan tertanggung, usia anak, target dana pendidikan, serta masa asuransi. Usai mengetahui faktor itu, pihak asuransi nantinya bisa melakukan perhitungan premi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas soal besaran premi asuransi pendidikan ini, Anda dapat bisa langsung menghubungi call center BRI Life di nomor 1500087.  Kemudian, Anda pun dapat langsung mendatangi kantor pusat BRI Life, dengan alamat di Graha Irama Lt. Mezzanine Jalan H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav 1 & 2 Jakarta. Atau, Anda bisa juga datang langsung ke kantor cabang terdekat di kota Anda.

Syarat Daftar dan Klaim

Asuransi pendidikan dari Bank BRI Syariah ini dapat Anda peroleh dengan berbagai cara, misalnya lewat agen asuransi atau langsung di kantor cabang. Jika Anda ingin cara yang lebih mudah, Anda sebagai calon nasabah dapat mendaftar via online di situs resmi BRI Life. Kemudian, pilih laman Produk dan pilih Dana Pendidikan.

Di samping itu, calon nasabah pun tinggal pilih “Hubungi Kami” apabila ingin membeli produk Danasiswa Syariah ini. Di samping itu, jangan lupa pula untuk melengkapi kolom data diri. Berikutnya, calon nasabah hanya perlu menunggu pihak BRI Life menghubunginya.

Sementara itu, syarat daftar atau untuk memperoleh produk Danasiswa Syariah adalah seperti berikut ini: 

  • Ketentuan usia masuk 17 tahun dan maksimum 55 tahun.
  • Batasan masa asuransi 22 tahun minus usia anak
  • Minimal masa perjanjian asuransi Danasiswa Syariah BRI adalah 5 tahun dan maksimal 10 tahun. 
  • Pilihan pembayaran kontribusi reguler minimal dua tahun dan bisa dibayarkan tunggal atau bertahap, mulai dari tahunan, semester, triwulan, dan bulanan.

Di sisi lain, jika Anda sudah resmi menjadi nasabah Danasiswa Syariah, Anda pun perlu tahu soal prosedur dalam mengajukan klaim. Yang paling penting di sini adalah Anda harus memastikan pengajuan klaim ini tepat waktu agar memudahkan proses pencairan. Syarat pencairan klaimnya adalah sebagai berikut:

  • Nasabah menghubungi perusahaan setelah kejadian yang menimbulkan klaim
  • Unduh formulir klaim di laman https://brilife.co.id/unduh-formulir-klaim
  • Siapkan dokumen seperti fotokopi polis, formulir klaim yang sudah terisi, surat keterangan kematian, Surat Kuasa Penerima Manfaat, bila penerima manfaat lebih dari satu, bukti identitas, dan sebagainya.
  • Kirimkan berkas tersebut ke perusahaan BRI Life 
  • BRI Life akan memverifikasi dokumen klaim
  • Ketika asuransi menerima klaim, nasabah bakal memperoleh pencairan dana ke rekening terdaftar. Namun, sebaliknya, jika klaim tertolak, pihak BRI Life bakal menginformasikan kepada calon nasabah untuk melengkapi dokumen klaim.

Kelebihan Asuransi Danasiswa Syariah

Ada beberapa keunggulan dari produk asuransi BRI Syriah ini jika dibandingkan dengan produk asuransi pendidikan berbasis syariah lain yang ada di Indonesia, yakni:

  1. Memberikan tahapan dana pendidikan sesuai jenjang sekolah anak

Jika Anda memiliki produk ini, sebagai orang tua, Anda tidak perlu khawatir soal biaya pendidikan anak Anda nantinya. Pasalnya, asuransi pendidikan yang satu ini menawarkan manfaat bagi calon nasabah atau nasabah terdaftar. Polisny bakal memberikan Tahapan Dana Pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan sang buah hari hingga masa asuransi  berakhir.  

  1. Nasabah tidak perlu khawatir asuransi pendidikan akan hangus

Adapun konsep dari produk Danasiswa Syariah adalah menggabungkan antara tabungan dan perlindungan jiwa. Saat nasabah meninggal dunia karena sebab apa pun, tetap akan memberikan manfaat. Dengan demikian, calon nasabah tidak perlu khawatir dengan keberadaan asuransi pendidikan yang sudah hangus saat mengalami hal buruk tadi.

  1. Bebas premi jika orang tua meninggal dunia

Keunggulan lain dari Danasiswa Syaraih, yakni polis secara otomatis menjadi bebas premi saat tertanggung utama, dalam hal ini orang tua, terdiagnosis penyakit kritis ataupun meninggal dunia. Di samping itu, pembayaran tahapan dana pendidikannya akan menyesuaikan dengan jenjang pendidikan anak meski polis telah bebas premi.

  1. Manfaat tunai

Produk Danasiswa Syariah ini pun memberikan manfaat Nilai Tunai apabila tertanggung mengundurkan diri. Tentu saja hal itu lebih unggul ketimbang asuransi pendidikan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai asuransi pendidikan Bank BRI Syariah yang bernama Danasiswa Syariah. Sebagaimana sudah dijabarkan di atas, program asuransi pendidikan syariah yang satu ini dirancang khusus untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan anak sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi sehingga Anda, utamanya sebagai orang tua, sangat direkomendasikan untuk membelinya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bursa Kripto Masih Belum Terealisasi, Langkah Mendag Zulkifli Hasan Ditunggu

JAKARTA, duniafintech.com - Keberadaan bursa kripto sebagai bagian dari ekosistem perdagangan legal aset kripto di Indonesia hingga kini belum berujung atau terealisasi.  Meski pucuk pimpinan...

Segera Siapkan Regulasi Investasi Kripto, Zulkifli Hasan Bilang Biar Lebih Aman

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi aset kripto saat ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus beradaptasi dengan tren ekosistem ekonomi digital itu. Hal itu...

Harga Volkswagen Polo hingga Daftar Dealernya

JAKARTA, duniafintech.com – Volkswagen Polo hingga kini masih menjadi salah satu mobil asal Jerman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Baik di Indonesia maupun di...

Estimasi Biaya Laparoskopi, Mahal Enggak Ya?

JAKARTA, duniafintech.com – Estimasi biaya laparoskopi di rumah sakit memang terbilang cukup menguras kantong, bahkan bisa mencapai puluhan juta. Laparoskopi sendiri adalah tindakan medis berupa...

Sesuai Syariat Islam, Begini Prinsip P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Pastinya P2P lending sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, dunia fintech syariah terus mengalami peningkatan....
LANGUAGE