25.6 C
Jakarta
Jumat, 30 September, 2022

Asuransi Rawat Jalan yang Bagus 2022, Inilah Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar asuransi rawat jalan yang bagus tahun 2022 ini perlu untuk kamu ketahui supaya kamu memiliki pertimbangan yang baik.

Sebagai informasi, manfaat rawat jalan nyatanya memang cukup sering diabaikan, padahal sangat diperlukan. Lantas, apa saja rekomendasinya? Berikut ini ulasannya.

Apa Itu Asuransi Rawat Jalan?

Asuransi rawat jalan adalah jenis asuransi kesehatan yang diberikan ketika masa pemulihan, terutama saat menyelesaikan rawat inap di rumah sakit.

Jenis asuransi kesehatan tidak hanya memberikan bantuan untuk rawat inap di rumah sakit, tetapi juga rawat jalan.

Jenis asuransi kesehatan ini biasanya memberikan santunan mulai dari rujukan ke dokter pasca rawat inap, pemeriksaan kesehatan melalui laboratorium dan biaya pengobatan lainnya.

Baca juga: Daftar Perusahaan Asuransi Rawat Jalan Terbaik di Indonesia

Setiap perusahaan asuransi biasanya juga memiliki batas waktu tertentu untuk menentukan berapa banyak kamu harus melakukan check up.

Oleh karena itu kamu juga harus mempertimbangkan manfaat yang diberikan perusahaan asuransi supaya tidak ada kesalahpahaman terkait polis asuransi.

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asuransi ini digunakan pasca melakukan rawat inap di rumah sakit.

Tentunya jenis asuransi ini sangat dibutuhkan para nasabah yang harus melakukan masa pemulihan setelah perawatan intensif di rumah sakit.

Definisi rawat jalan tidak hanya sekedar dilakukan setelah melakukan rawat inap saja, melainkan bisa dilakukan dalam berbagai hal.

Misalnya saja perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan perawatan ke dokter umum atau spesialis.

Jadi, santunan rawat jalan tersebut pun bisa diberikan dalam kondisi rawat jalan khusus sesuai dengan kesepakatan di polis.

Baca juga: Asuransi Jasindo: Keunggulan dan Daftar Produknya

Jenis asuransi ini harus didiskusikan oleh masing-masing agen asuransi untuk tahu apa saja klaim yang akan didapat.

Kamu pun juga harus memastikan kalau produk asuransi tersebut memiliki fasilitas rawat jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, tidak terjadi penolakan klaim atau diberikan santunan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Biasanya, pihak asuransi tertentu memberikan maksimal waktu yang berbeda untuk para nasabah dalam memberikan santunan kunjungan dokter.

Kamu juga dapat memilih dokter sendiri sesuai kenyamanan dan kepercayaan demi masa depan kesehatan yang lebih baik.

Kamu bisa mendapatkan asuransi kesehatan rawat jalan saja tanpa rawat inap maupun dengan rawat inap. Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu memilih sesuai kebutuhanmu.

asuransi rawat jalan yang bagus

Daftar Asuransi Rawat Jalan yang Bagus 2022

Berikut ini pilihannya terbaik dari asuransi yang akan sangat penting dalam meminimalkan biaya perawatan atau pengobatan di rumah sakit, seperti dikutip dari Lifepal.

1. Asuransi Jagadiri

Asuransi satu ini memiliki penawaran menarik karena siap menanggung lima anggota keluarga sekaligus dalam satu produk asuransi. Preminya mulai dari Rp280 ribu untuk satu keluarga. Asuransi Jagadiri pun hadir dengan manfaat no claim bonus yang mana 25 persen dari premi tahunan dapat dikembalikan jika tak terpakai. Syaratnya adalah pemegang polis wajib berusia minimal 21 tahun dengan usia masuk anak mulai dari 30 hari—23 tahun serta usia dewasa dari 18—60 tahun.

2. Asuransi Sinarmas

Asuransi Sinarmas punya produk yang tidak kalah lengkapnya dengan brand lainnya, yakni Simas Sehat. Dengan manfaat asuransi kecelakaan diri sebesar Rp10 juta, Simas Sehat punya banyak kelebihan yang bisa dinikmati, mulai dari manfaat rawat jalan dan kecelakaan diri sekaligus, perawatan inap, hingga durasi waktu untuk mempelajari polis selama 15 hari. Simas Sehat pun memiliki tiga plan asuransi yang dipilih sesuai kebutuhan.

3. Asuransi BNI Life

Asuransi BNI Life menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik saat ini karena punya cakupan yang sangat lengkap, yakni Spectra HealthCare. Saat menggunakan asuransi rawat jalan bagus bernama Spectra HealthCare ini, BNI Life akan memberikan perlindungan finansial untuk segala risiko yang ditanggung, mulai dari rawat inap, melahirkan, hingga perawatan jalan. Premi yang ditawarkan terbilang sangat murah, yakni Rp600 ribuan saja per tahunnya. Spectra HealthCare pun menyediakan fasilitas klaim cashless dan reimbursement. 

4. Asuransi AIA

Perusahaan asuransi ini juga memiliki satu program kesehatan karyawan yang berkualitas, yang dinamakan Protection MediPro. Dengan asuransi kesehatan AIA ini, setiap karyawan yang harus menjalani perawatan kesehatan akan mendapatkan banyak manfaat, termasuk rider dengan premi yang terjangkau, mulai Rp50 ribuan per bulan. Premi ringan ini juga telah mencakup pertanggungan biaya dokter konsultasi, obat-obatan, perawatan gigi, pemeriksaan diagnostik, laboratorium, dan fisioterapi dengan batas tahunan Rp5,2 jutaan per tahun.

5. Asuransi Allianz

Allianz SmartMed Premier juga menjadi salah satu asuransi rawat jalan yang juga bagus. Asuransi ini akan memberikan proteksi komprehensif bagi kamu dan keluarga serta menjangkau sejumlah negara di seluruh dunia, dengan total manfaat mencapai Rp6 miliar per orang dalam setahun. Selain itu, SmartMEd Premier dari Allianz Indonesia pun memberikan fasilitas rawat jalan kelas VIP di rumah sakit jaringan Allianz yang berada di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan lainnya. Di samping untuk rawat jalan dan rawat inap, asuransi ini juga menyediakan manfaat spesial, yakni kemoterapi, hemodialisis, evakuasi medis dan pemulangan darurat, HIV/AIDS, dan biaya pemakaman.

6. Asuransi Manulife

Bukan hanya memberikan manfaat rawat jalan pada pesertanya, MiUltimate HealthCare pun mengahadirkan limit tahunan apabila pemegang polis menderita sakit yang kritis, misalnya kanker, serangan jantung, gagal ginjal, atau transplantasi organ. Layanan ini pun telah cashless meski tetap menyediakan pilihan klaim dengan sistem reimbursement.

Baca juga: Asuransi Kesehatan AXA Mandiri — Produk dan Preminya

7. Asuransi Cigna

PT Asuransi Cigna juga ikut memberikan akses perlindungan kesehatan melalui produk asuransi kesehatannya, yakni Cigna Premium Health Protection. Manfaat yang diberikan asuransi ini, selain rawat jalan, yaitu pemeriksaan kesehatan sebagai deteksi penyakit sejak dini, pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap. Asuransi Cigna pun menjanjikan kemudahan bagi nasabahnya kelengkapan fasilitas berupa klaim secara cashless. Total, sudah ada lebih dari 800 rumah sakit jaringan Cigna di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

8. Asuransi Prudential

Asuransi yang cover rawat jalan lainnya dan juga menjadi asuransi rawat jalan terbaik adalah PRUPrime Healthcare Plus Prudential. Polis tersebut memberikan biaya pertanggungan untuk rawat jalan akibat kecelakaan (48 jam setelah kecelakaan), rawat jalan lanjutan akibat kecelakaan, rawat jalan sesudah maupun sebelum rawat inap, rawat jalan cuci darah, hingga rawat jalan tindakan bedah.

Tips Memilih Asuransi Rawat Jalan

Berikut ini adalah sejumlah pertimbangan sebelum kamu akhirnya memutuskan mana asuransi yang harus dimiliki polisnya.

1. Sesuaikan premi dengan kemampuan

Sebaiknya, sebelum memutuskan, kamu menentukan premi bulanannya sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Hal itu perlu dilakukan supaya pengeluaran kamu tidak terganggu oleh tambahan asuransi rawat jalan. Pasalnya, premi sifatnya merupakan iuran wajib yang harus disetorkan setiap bulannya. Oleh sebab itu, sesuaikan premi dengan jangkauan keuangan kamu. Jangan sampai niat awal kamu untuk memproteksi diri justru menyusahkan kamu dan keluarga.

2. Usahakan yang menyediakan fitur cashless

Pada era digital seperti sekarang, sangat penting untuk membuat semuanya mudah, salah satunya untuk pembayaran klaim supaya tidak perlu repot ke perusahaan asuransi atau bertemu agen akan jauh lebih mudah apabila cashless. Sistem cashless di asuransi rawat jalan ini, selain memudahkan, juga akan memberikan keuntungan bagi pemegang polis. Saat berobat jalan, kamu nantinya hanya perlu menunjukkan kartu asuransi kamu tanpa harus mengeluarkan uang.

3. Pilih yang jaringan rumah sakitnya luas

Agar dapat menerima manfaat yang jauh lebih banyak, ada baiknya kamu pun memilih asuransi kesehatan terbaik yang punya jaringan rumah sakit yang luas. Banyaknya pilihan rumah sakit dan fasilitas yang dapat diperoleh tentunya menjadi pertimbangan kamu untuk memilih asuransi yang paling tepat. Jaringan rumah sakit yang luas ini pun kelak akan membantu kamu saat jauh dari rumah dan memerlukan rawat jalan segera. Dengan demikian, tidak akan merepotkan lagi sebab asuransi rawat jalan kamu punya jaringan rumah sakit di mana-mana.

4. Pilih asuransi kesehatan dengan plafon tinggi

Sama halnya saat belanja di online shop, begitulah cara memilih asuransi terbaik. Dalam hal ini, kamu bisa bandingkan semua asuransi yang ada untuk diseleksi. Pilihlah asuransi yang menawarkan platform besar atau mungkin tanpa limit. Tentu saja, hal itu akan berdampak terhadap layanan yang kamu dapatkan nantinya. Kian tinggi platform, kamu pun akan lebih leluasa untuk berobat tanpa harus waswas dengan biayanya.

Itulah informasi tentang asuransi rawat jalan yang bagus beserta tips untuk memilihnya. Selamat menentukan pilihan ya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Butuh Integrasi Pertumbuhan Hijau

JAKARTA, duniafintech.com - UOB Indonesia berpandangan bahwa proses integrasi pertumbuhan hijau ke dalam strategi pembangunan nasional akan menjadi kunci dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan jangka...

Potensi Resesi di Negara Maju Tahun 2023

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai negara penggerak perekonomian dunia, diprediksi akan memiliki...

Harga BBM Indonesia Masih Lebih Murah Dibanding Negara Lain

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia masih tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Jokowi...

Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Timpang, Timbulkan Korban

JAKARTA, duniafintech.com - Literasi keuangan dan inklusi keuangan yang timpang, menjadi sorotan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo menyatakan indeks...

Pinjol Cepat Cair: Prosedur Pengajuan & Daftar Aplikasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana yang cepat. Saat ini, pinjol yang berizin...
LANGUAGE