25 C
Jakarta
Minggu, 27 November, 2022

AUSTRALIA AKAN AKUI BITCOIN DAN BEBASKAN PAJAK BAGI BISNIS BITCOIN

duniafintech.com – Bitcoin akan mulai diperlakukan sebagai uang di Australia pada tanggal 1 Juli 2017, dan akan dibebaskan dari pajak barang dan jasa (GST). Pedagang dan investor Bitcoin tidak akan dikenakan pajak untuk membeli dan menjual Bitcoin melalui bursa dan platform perdagangan yang sudah diatur.

Selama dua tahun terakhir, pasar pertukaran Bitcoin Australia secara signifikan berada di belakang pasar yang sudah jauh lebih berkembang seperti Korea Selatan dan Jepang, yang menguasai lebih dari setengah pangsa pasar pertukaran Bitcoin global.

Dua faktor utama yang menyebabkan perusahaan startup, bursa, dan bisnis Bitcoin dan mata uang digital lainnya di Australia enggan berbuat banyak adalah adanya penolakan layanan perbankan oleh bank-bank terkemuka Australia sebagai akibat sifat anti-persaingan dan pajak ganda terhadap perdagangan Bitcoin yang diterapkan pemerintah Australia.

Mulai tanggal 1 Juli, pajak ganda, pajak perdagangan, barang dan jasa dalam Bitcoin akan dikecualikan. Dalam anggaran tahun 2017 sampai 2018 pada bagian “Backing innovation and FinTech,” pemerintah Australia menulis:

Pemerintah akan mempermudah bisnis mata uang digital inovatif yang baru beroperasi di Australia. Mulai 1 Juli 2017, pembelian mata uang digital tidak lagi menjadi subjek GST, yang memungkinkan mata uang digital ini diperlakukan seperti uang sebagaimana halnya untuk tujuan GST. Sementara saat ini, konsumen yang menggunakan mata uang digital secara efektif menanggung GST dua kali: sekali pada pembelian mata uang digital dan sekali lagi digunakan untuk mendapatkan barang dan jasa lainnya yang dikenai GST. “

Pemerintah akan lindungi bisnis dan bursa Bitcoin

Lebih penting lagi, visi baru pemerintah Australia untuk memacu pertumbuhan fintech dan pasar mata uang digital kemungkinan besar akan mencegah bank lokal dan lembaga keuangan menolak layanan perbankan terhadap bisnis dan pertukaran Bitcoin.

Jika masalah tersebut di atas dapat diatasi pada tanggal 1 Juli, pasar Bitcoin Australia berpotensi mengalami pertumbuhan pesat dalam hal basis pengguna dan volume perdagangan. Dokumen tersebut selanjutnya berbunyi:

Inovasi akan mendorong pertumbuhan produktivitas di Australia. Itulah sebabnya Agen Investasi dan Ilmu Pengetahuan Pemerintah sebesar $1,1 miliar dirancang untuk memungkinkan Australia memanfaatkan sepenuhnya peluang ekonomi baru. Pemerintah berkomitmen untuk membangun Australia sebagai pusat teknologi keuangan global terkemuka (fintech) dan mengumumkan sebuah paket baru yang bertujuan untuk memposisikan industri fintech lokal kami sebagai pemimpin dunia.”

Pada konferensi Blockchain NZ yang diadakan di Auckland, Selandia Baru awal pekan ini, pakar Bitcoin dan security Andreas Antonopoulos menekankan kurang terlibatnya permerintah Australia dalam pasar Bitcoin setempat dan dampak tindakan itu terhadap bisnis dan pertukaran Bitcoin.

Lebih dari itu, Antonopoulos mengkritik kebijakan perpajakan pemerintah daerah terhadap Bitcoin, yang pada dasarnya menjauhkan bisnis dan pengguna Bitcoin dari Australia ke negara lain.

Dengan kebijakan baru Australia ini, ekosistem Bitcoin di negara ini diharapkan dapat berubah drastis. Bank akan mulai menawarkan layanan bagi bursa Bitcoin dan penjual tidak akan dikenai pajak GST saat membeli Bitcoin.

Sumber: cointelegraph.com

Picture: pixabay.com

Written by: Rosmy Sophia

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Menghitung Obligasi pada Harga Diskonto dan Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghitung obligasi perlu dipahami oleh mereka yang memilih menggunakan instrumen investasi yang satu ini. Tujuannya adalah agar para investor, khususnya pemula,...

Cara Berinvestasi di Bank dan Beberapa Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara berinvestasi di bank tentu saja akan sangat penting diketahui oleh masyarakat secara luas sekarang ini. Investasi di bank sendiri menjadi solusi...

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate: Cashback hingga Mitra Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Tipe kemitraan Shopee Affiliate penting dipahami saat kamu akan mengisi formulir pendaftaran Shopee affiliate. Seperti diketahui, banyak orang yang tertarik dengan kemitraan...

Surat Berharga Negara: Jenis-jenis hingga Cara Kerjanya

JAKARTA, duniafintech.com – Surat Berharga Negara (SBN) masih menjadi salah satu pilihan instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan. Bagi para pemula, SBN pun layak untuk dimiliki....

Indonesia Krisis Beras dan Pemerintah Harus Impor?

JAKARTA, duniafintech.com - Indonesia saat ini harus dihadapi dengan adanya ancaman bahaya pangan, stok beras beras nasional sedang berada titik terendah atau krisis. Hal semacam...
LANGUAGE