24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

BAGAIMANA JADINYA JIKA BLOCKCHAIN DITERAPKAN PADA SEKTOR KESEHATAN DI INDONESIA

duniafintech.com – Sebagai teknologi masa depan, teknologi Blockchain memang sudah terbukti bisa menjadi sebuah solusi yang mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang saat ini sedang berkembang dalam berbagai sektor bisnis seperti energi, industri kreatif, kemanusiaan, kesehatan, dll.

Dimana teknologi Blockchain sangat memudahkan para pelaku bisnis dan pihak investor dalam banyak hal seperti kepemilikan asset, hak paten, hak cipta, identitas pribadi, pendanaan suatu bisnis hingga menekan angka kejahatan cyber di dunia maya.

Itu semua merupakan manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan sistem jaringan Blockchain yakni keamanan dan juga transparansi menjadi hal yang diutamakan dalam penerapan teknologi Blockchain di berbagai sektor.

Apalagi jika sektor bisnis tersebut menyangkut kebutuhan banyak orang dalam kasus ini seperti sektor kesehatan, yang mana kesehatan menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini.

Dikarenakan masalah kesehatan bisa menyerang siapa saja secara tiba-tiba sehingga dibutuhkan penangganan pasien yang baik dan juga cepat dari pihak rumah sakit.

Inilah yang ingin diwujudkan oleh teknologi Blockchain yang nantinya jika benar-benar diterapkan pada sektor kesehatan di Indonesia. Yang mana teknologi Blockchain mampu memangkas waktu dalam proses penangganan pasien di rumah sakit. Dikarenakan pihak rumah sakit dapat memperoleh riwayat medis sang pasien dari rumah sakit sebelumnya sang pasien dirawat.

Bukan hanya itu, penerapan Blockchain pada sektor kesehatan juga bisa mempermudah pencatatan medis bagi setiap pasien di rumah sakit, mengawasi pemberian obat kepada pasien serta mengatur maintenance peralatan medis secara digital. Alhasil, data kesehatan pasien di rumah sakit tidak mudah untuk diretas oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang biasanya digunakan untuk penipuan dan pemerasan sejumlah uang.

Jika Blockchain diterapkan pada sektor kesehatan di Indonesia, Indonesia akan mengikuti jejak dua negara yang telah terlebih dahulu menerapkan Blockchain pada sektor kesehatan yakni Amerika Serikat dan Estonia.

Menarik untuk ditunggu kapan Indonesia akan mulai menerapkan Blockchain sebagai teknologi masa depan pada sektor kesehatan yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi setiap rumah sakit di Indonesia yang sudah terkoneksi dengan sistem jaringan Blockchain.

Written by : Febrian Surya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE