26.1 C
Jakarta
Minggu, 19 Mei, 2024

Bank Jago vs Blu by BCA, Intip Yuk 4 Perbandingannya

JAKARTA, duniafintech.com – Bank Jago vs Blu by BCA, siapa pemenang alias yang paling kece di antara keduanya? Intip yuk di bawah ini.

Sebagaimana diketahui, Bank Jago dan Blu by BCA menjadi bank digital terpopuler di Indonesia saat ini. Keduanya pun menyediakan layanan kekinian yang pas buat keseharian era modern yang bebas ribet dan anti fee mahal.

Bukan cuma bisa buat kirim dan terima uang, di kedua layanan perbankan ini, kamu pun dapat melakukan transaksi keuangan yang lebih kompleks, misalnya saja mengelola kantong tabungan dan integrasi dengan sistem pembayaran di merchant dan online payment lainnya.

Buat kamu yang masih kebingungan dalam memilih antara Bank Jago atau Blu by BCA, berikut ini akan disajikan perbandingan keduanya, seperti dinukil dari investbro.id.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Bank Jago, Cair dalam Hitungan Jam!

Bank Jago vs Blu: Sekilas tentang Bank Jago dan Blu by BCA

1. Bank Jago

Bank digital yang sudah didirikan sejak 29 tahun lalu dengan nama PT Bank Artos Indonesia Tbk ini pada pada tahun 2019 diakuisisi oleh Jerry Ng dan Patrick Sugito Walujo lalu menjelma bank digital yang saat ini sudah punya lebih dari 25 kantor cabang.

Hingga kini, Bank Jago telah menjadi pusat perhatian sebab sejak diakuisisi, nilai sahamnya terus meningkat dan sekarang sudah menyentuh harga Rp13 ribuan, sementara pada tahun 2020 awal harganya masih di kisaran Rp2 ribuan.

Di lain sisi, persepsi publik dan pasar kian baik dengan adanya pembukuan laba yang tertinggi selama 6 tahun terakhir. Dalam hal ini, Bank Jago sukses mendapatkan laba bersih sebesar Rp86 miliar, yang banyak ditopang dari pendapatan bunga yang meningkat 624% pada tahun 2021.

2. Blu by BCA

Ini adalah produk dari Bank Digital BCA yang beroperasi sejak kurang lebih setahun terakhir. Meski terhitung “anak baru”, tetapi Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terkumpul hingga Maret 2022 lalu sudah mencapai Rp2,4 triliun. 

Tentunya, hal itu tidak terlepas dari kepopularitasan Bank BCA dan fitur yang ditawarkan blu. Adapun saat ini, pengguna blu ditaksir mencapai 60 ribu orang, yang kebanyakan berasal dari kalangan milenial.

Hal itu terjadi karena aplikasi blu ini memang memudahkan untuk transaksi cardless, cashless, dan bebas biaya admin sehingga sangat pas buat karakter kebanyakan milenial yang tidak suka ribet dan perhitungan dengan biaya-biaya.

Bank Jago vs Blu by BCA: Komparasi Fitur-fiturnya

Inilah beberapa perbandingan Bank Jago dan Blu by BCA dari berbagai aspek yang bisa kamu pertimbangkan.

bank jago vs blu

1. Fitur Transaksi

Berikut ini fitur transaksi yang beragam dari aplikasi Jago milik Bank Jago:

  • Kirim uang ke semua bank di Indonesia gratis
  • Bayar tagihan Kartu Kredit, BPJS, Listrik, Air lewat aplikasi
  • Top up e-Wallet, seperti DANA, GoPay, OVO, Link Aja, dan ShopeePay
  • Kartu Debit Visa yang memungkinkan tarik tunai di ATM Bersama atau ATM Bank Jago
  • Integrasi dengan layanan transportasi Gojek sehingga bayar tagihan di Gojek bisa lewat Jago tanpa mesti pindah aplikasi

Adapun fitur dari Blu by BCA adalah:

  • QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah sistem pembayaran hanya dengan scan barcode. Fitur ini sangat mudah digunakan, apalagi hampir semua modern merchant saat ini sudah menyediakan metode pembayaran QRIS
  • Bayar dan beli kebutuhan rumah tangga, kantor dan sehari-hari lewat satu aplikasi
  • Tarik tunai cardless di semua ATM BCA. Jadi Anda tidak perlu bawa-bawa kartu atm untuk tarik tunai. Cukup menggunakan aplikasi blu dan kode transaksi
  • Top up e-money untuk isi dompet digital lebih cepat dan bebas biaya admin
  • Transfer bank gratis, selama 20 x setiap bulan dengan syarat saldo rata-rata Rp1 juta

2. Fitur Tabungan

Untuk fitur tabungan pada masing-masing bank digital ini dapat dimanfaatkan untuk kelola dana tabungan kamu menjadi beberapa pos atau kebutuhan. Dengan demikian, seluruh penghasilanmu dapat dialokasikan langsung dan beberapa fitur memungkinkanmu untuk berbagi dana dengan pengguna lain.

Baca juga: Biaya dan Limit Bank Jago, Cek di Sini Yuk!

Sebagai informasi, Bank Jago memiliki fitur tabungan bernama “Kantong” yang bisa digunakan untuk pribadi dan bersama. Berikut ini keunggulan fitur Kantong:

  • Bisa pilih mode, apakah untuk tabungan atau untuk keperluan pembayaran
  • Anda bisa menghubungkan Kantong dengan kartu debit Visa Jago
  • Buat pos pembayaran khusus untuk transaksi pengeluaran yang makin fleksibel
  • Bisa atur target dan melihat perkembangan nilai tabungan, supaya makin semangat nabung
  • Aktifkan auto save untuk menyimpan tabungan secara otomatis di Kantong Utama
  • Buat kategori transaksi seperti biaya sekolah anak, cicilan rumah tangga, kantor, cicilan kendaraan dan lainnya
  • Kantong bersama untuk transaksi yang ditanggung bersama teman atau anggota keluarga kamu
  • Bisa lihat riwayat transaksi anggota Kantong, sehingga lebih aman
  • Bisa kunci Kantong untuk menyimpan uang dan mendapatkan bunga
  • Dan masih banyak lagi fitur tabungan lainya

Blu by BCA pun memiliki sederet fitur tabungan yang memudahkanmu untuk mengelola gaji dan penghasilan lebih teratur, yakni:

  • blu Account:jenis tabungan dengan rekening aktif untuk kebutuhan segala jenis transaksi. Anda bisa buka rekening hanya lewat aplikasi dan bisa setor dari ATM bersama atau Online Banking
  • bluSaving: jenis tabungan khusus untuk tujuan tertentu, misalnya persiapan liburan, biaya kuliah dan lainnya. bluSaving juga menawarkan suku bunga yang kompetitif, jadi Anda bisa dapat tabungan tambahan
  • bluGether: tabungan untuk patungan online yang bisa digunakan seperti acara bersama, arisan, persiapan resepsi nikah dan hal penting lain. Terdapat creator yang bisa undang 24 anggota lain untuk bergabung
  • bluDeposit: menawarkan kemudahan untuk deposito, karena bisa diajukan dan dipantau hasilnya lewat aplikasi. Saldo minimal juga hanya Rp1 jutaan saja. Kamu bisa tarik dana kapan pun meski belum jatuh tempo, tanpa biaya admin

3. Fitur Kartu Debit

Adapun kartu debit fisik buat sebagian orang memang masih diperlukan, misalnya buat tarik tunai di ATM atau belanja di offline store. Nah, Bank Jago telah menyediakan kartu debit fisik, sementara bluBCA—hingga artikel ini dirilis—masih belum menyediakannya. Penarikan dana tunai bisa dilakukan via ATM BCA yang mendukung penarikan cardless.

4. Fitur Kredit

Perlu diketahui, fitur kredit merupakan layanan pinjaman online yang banyak ditemukan di bank digital. Keunggulan kredit di bank digital ini, antara lain, prosesnya mudah dan cepat cair.

Dalam hal ini, Bank Jago menawarkan fitur Jago Kredit Pintar. Lewat fitur ini, kamu bisa bayar cicilan kebutuhan rumah, dana darurat, kesehatan, dan kebutuhan lainnya. Di lain sisi, bluBCA hingga belum menyediakan fitur kredit. Akan tetapi, kabarnya, fitur kredit bluBCA bakal diluncurkan pada akhir tahun 2022 mendatang.

Sekian ulasan tentang Bank Jago vs Blu by BCA yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, sudah menentukan pilihan?

Baca juga: Gampang! Ternyata Begini Cara Daftar Bank Jago

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU