27.6 C
Jakarta
Minggu, 21 April, 2024

Update! Inilah Daftar Bank Terbaik di Indonesia 2022

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar bank terbaik di Indonesia tahun 2022 penting untuk diketahui oleh masyarakat yang ingin menabung di bank. Pasalnya, industri perbankan memang terus mengalami perubahan dalam beberapa waktu belakangan. Misalnya saja bank bermunculannya bank-bank baru.

Di samping itu, persaingan perbankan juga tampak dari gencarnya bank mencari nasabah serta persaingan dalam meningkatkan nilai aset. Oleh sebab itu, berikut ini bank-bank terbaik di tanah air yang perlu diketahui.

  1. DBS—Daftar Bank Terbaik di Indonesia

Bank yang berkantor pusat di Singapura ini dinobatkan oleh Forbes sebagai bank terbaik di tanah air. Adapun bank ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama The Development Bank of Singapore Limited.

Baca juga: Yuk Belajar Investasi Gratis dengan Rekomendasi Simulasi Saham Online Berikut Ini

Di sisi lain, PT Bank DBS Indonesia adalah salah satu dari banyak bank DBS yang berdiri di Asia. Bank ini sudah punya 37 kantor cabang, 2 kantor kas, dan lebih dari 1600 karyawan aktif di 13 kota besar di seluruh Indonesia.

  1. Bank Central Asia (BCA)—Daftar Bank Terbaik di Indonesia

BCA memang punya daya tarik tersendiri dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berdiri sejak tahun 1957, dari waktu ke waktu layanan bank BCA pun semakin baik dan membaik. 

Adapun jenis tabungan BCA juga produk simpanan dari bank BCA lainnya adalah Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, TabunganKu, Tapres, BCA Dollar, Giro, Giro Valas, Deposito Berjangka, LAKU.

Perbankan elektronik yang dimilikinya, yakni ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, Flazz BCA, BCA By Phone, Klik BCA, m-BCA, SMS BCA, BCA KlikPay, BCA Mobile, myBCA, dan DUITT.

  1. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Baru saja dibentuk dari gabungan 3 bank syariah milik negara, BSI sudah masuk dalam tiga besar bank terbaik di tanah air. Berdiri pada Februari 2021, BSI adalah peleburan dari BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah. Nah, gabungan dari 3 bank ini kemudian menjadi salah satu bank dengan nilai aset tertinggi di Indonesia.

Baca juga: Mau Tukar Uang Baru Online di Bank Indonesia? Begini Syarat dan Caranya

  1. Bank Mandiri

Bank terbaik lainnya di daftar ini adalah Bank Mandiri. Didirikan pada 2 Oktober 1998, bank ini merupakan bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Adapun produknya berupa e-Banking Kartu Mandiri Prabayar seperti ATM Mandiri, Mandiri Debit, Mandiri Prabayar (e-Money), Mandiri e-Cash. Untuk kartu kreditnya, yaitu Mandiri MasterCard dan Mandiri Visa.

  1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Hingga kini, BRI masih menempati peringkat tinggi, bahkan dikenal hingga dunia.

Lembaga perbankan yang satu ini berdiri pada 16 Desember 1895, yang kemudian dijadikan sebagai hari kelahiran BRI. Daftar simpanan tabungan Bank BRI meliputi BRI Simpedes, Tabungan Britama, Britama Bisnis, Simpedes TKI, Tabungan BRI Simpel. Kemudian, juga tersedia Tabungan Haji, Britama Rencana, dan BRI Junio.

  1. Citibank

Didirikan pada tahun 1812 sebagai CitiBank of New York, CitiBank merupakan divisi konsumen dan perusahaan bank dari jasa finansial raksasa Citigroup. Bank ini punya beberapa pelayanan yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah, di antaranya kartu kredit, hipotek, pinjaman komersial, pinjaman pribadi, dan jalur kredit.

Baca juga: Dukung Green Banking, Portofolio Hijau BNI Capai Rp170,5 Triliun

  1. BCA Syariah

Seperti BCA, BCA Syariah juga dimiliki oleh Djarum Grup. Bank yang satu ini didirikan untuk menargetkan konsumen di Indonesia, utamanya umat Islam. BCA Syariah pun dinobatkan sebagai bank terbaik ke-7 di tanah air.

  1. HSBC Holdings

The Hongkong and Shanghai Banking Corporation atau Bank HSBC adalah bank dari luar negeri yang juga masuk dalam daftar bank terbaik di Indonesia. Bank dengan kantor pusat di Kota London ini bahkan mulai membuka cabangnnya di Indonesia sejak 1865 silam!

Pada mulanya, bank ini membantu pembiayaan dan memfasilitasi perdagangan gula di wilayah nusantara. Akan tetapi, saat ini HSBC menawarkan banyak layanan, mulai dari layanan di bidang komersial, korporasi, perbankan ritel, hingga wealth management.

  1. Bank Negara Indonesia (BNI)

BNI adalah bank milik pemerintah atau juga bisa disebut sebagai perusahaan BUMN di Indonesia. Bank yang didirikan pada tahun 1946 silam ini sekarang punya 914 kantor cabang di Indonesia dan 5 kantor cabang di luar negeri.

Anak perusahaannya mencakup BNI Remittance Limited – Hong Kong, PT Bina Usaha Indonesia, PT BNI Life, PT BNI Multi Finance, PT BNI Nomura Jafco Investment, PT BNI Nomura Jafco Manajemen Ventura, PT BNI Nomura Jafco Ventura Satu, PT BNI Securities, PT Pembiayaan Artha Negara, PT Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT Asuransi Tri Pakarta, Bank BNI Syariah, dan Bank Nusa Nasional (telah spin-off 2009).

  1. CIMB Niaga

Berdiri pada tahun 1955, mayoritas saham PT Bank CIMB Niaga Tbk saat ini dimiliki oleh CIMB Group. Adapun Bank CIMB Niaga merupakan bank pembayar (payment bank) KSEI terbesar dari nilai transaksi. Dengan pangsa pasar 11%, CIMB Niaga kini menjadi bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia.

  1. Jenius

Sempat memegang gelar sebagai bank digital terbaik di Indonesia selama beberapa tahun., Jenius memang menjadi pionir dari digital banking di Indonesia sejak tahun 2016 silam dan wajib masuk dalam daftar bank terbaik di Indonesia saat ini.

Jenius sendiri merupakan aplikasi bank digital paling populer saat ini, yang sukses merengkuh jutaan nasabah. Jenius pun kaya dengan fitur dan punya kebijakan biaya yang fleksibel.

  1. Panin Bank

Salah satu bank komersial utama di Indonesia ini berdiri pada tahun 1971 sebagai hasil merger dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia. Bank ini punya lebih dari 450 jaringan usaha dan lebih dari 18.500 ATM ALTO dan jaringan ATM Bersama, Internet Banking, Mobile Banking, Phone Banking, dan Call Center.

  1. Bank Muamalat

Bank syariah yang punya kategori yang terbaik dalam jajaran bank syariah ini tidak memiliki cabang konvensional seperti bank yang lainnya sehingga bank Muamalat memiliki kedudukan tertinggi di antara yang lainnya. Resmi beroperasi di Indonesia pada tahun 1992 dan sampai saat ini, Bank Muamalat terus memberikan pelayanan yang memuaskan nasabah dan tentu saja memiliki sistem keuangan berbasis islam sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis.

  1. OCBC NISP

Bank tertua keempat di Indonesia ini berdiri pada 4 April 1941. Reputasi bank ini di dunia industri dan pertumbuhannya yang menjanjikan, berhasil menarik perhatian berbagai institusi, misalnya saja International Finance Corporation (IFC).

Adapun produknya meliputi Tabungan Harian, Tabungan Berhadiah Ganda, Tabungan Berjangka, dan OCBC NISP Dollar.

  1. BPR Dana Mandiri

PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dana Mandiri didirikan pada 15 September 2009 silam dan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2010. Karyawan bank ini terdiri dari 2 orang Direksi, 2 orang Komisaris, 9 orang karyawan tetap, serta 3 karyawan kontrak dan 2 orang karyawan non administrasi (Outsourcing), yakni petugas keamanan dan seorang supir sehingga total tenaga kerjanya 18 orang.

Demikianlah ulasan mengenai daftar bank terbaik di Indonesia. Adakah salah satu di antara deretan bank itu menjadi tempat Anda menyimpan uang saat ini?

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE