29.2 C
Jakarta
Kamis, 18 Agustus, 2022

Banyak yang Belum Tahu, 5 BUMN Ini Berikan Gaji Besar Buat Fresh Graduate

JAKARTA, duniafintech.com – Bekerja di badan usaha milik negara atau BUMN menjadi keinginan bagi para pencari kerja. Selain jenjang karir yang cukup baik, gaji, pendapatan dan tunjangan lainnya juga menjadi alasan kenapa posisi ini cukup menggiurkan. 

Bahkan, untuk posisi jabatan tertentu, penghasilan atau gaji yang ditawarkan BUMN ini pun bukan kaleng-kaleng. Ada beberapa jabatan di perusahaan BUMN yang memiliki gaji mencapai ratusan juta rupiah. Lalu bagaimana untuk para lulusan baru atau fresh graduate? 

Dilansir dari CNBC Indonesia, berikut beberapa BUMN yang memberikan gaji besar untuk karyawannya termasuk lulusan baru, diolah dari indeed dan beberapa sumber :

  1. Pertamina

Salah satu perusahaan pelat merah yang memiliki reputasi sebagai perusahaan yang memberikan kesejahteraan lengkap kepada karyawannya ini banyak diminati oleh para pelamar kerja.

Gaji untuk para staf Pertamina berkisar Rp 4 – Rp 7 juta. Untuk level administrasi sampai engineer, berkisar Rp 19 – Rp 22 juta. Sementara untuk Site Engineer berkisar Rp 30 – Rp 33 juta, Drilling Supervisor mencapai Rp 55 juta.

Sementara, estimasi gaji yang diberikan Pertamina untuk seorang fresh graduate ada dalam kisaran Rp 4 juta sampai Rp 8 Juta.

Namun perlu dicatat, besaran gaji yang diterima karyawan Pertamina di atas belum termasuk benefit lainnya. Misalnya, seperti dana pensiun, kendaraan dinas, rumah dinas, tunjangan kesehatan, hingga bonus.

2. Telkom

Perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor telekomunikasi ini menawarkan gaji di rentang Rp 8 – Rp 10 juta. Khusus karyawan yang masuk melalui program Management Trainee (MT), gaji yang ditawarkan di rentang Rp 7 – Rp 8 juta.

Untuk posisi seperti Senior Manager, gaji berkisar di angka Rp 39 – Rp 42 juta per bulan. Bahkan untuk posisi Product Manager, perusahaan berani membayar gaji di rentang Rp 88 juta hingga Rp 94 juta.

Sedangkan, untuk program rekrut fresh graduate, estimasi gaji yang diberikan dalam program ini bisa dibilang cukup besar, yaitu mencapai Rp 10 juta.

3. BTN

Beberapa perbankan biasanya juga membuka program ODP atau Officer Development Program. Program tersebut khusus untuk mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. Estimasi gajinya BTN untuk program tersebut bisa memberikan angka di kisaran Rp 6 juta hingga Rp 8 juta.

4. Bank Mandiri

Selain BTN, program Officer Development Program atau ODP Bank Mandiri juga memiliki gaji yang cukup menggiurkan bagi para pencari kerja. ODP Bank Mandiri memiliki estimasi gaji sekitar Rp 6 juta per bulannya.

Bank Mandiri menjadi salah satu bank pelat merah yang memberikan gaji paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Untuk pelamar yang melalui jalur MT, gaji yang diberikan berkisar Rp 5,3 juta hingga Rp 6 juta per bulan.

Baca juga: Berapa Harga Mobil Vellfire? Intip Yuk!

Adapun untuk level staf mencapai Rp 10 juta per bulan. Untuk level manager bisa berkisar di antara Rp 27 – Rp 30 juta, dan level branch manager berkisar Rp 68 – 74 juta per bulan.

5. Bank Rakyat Indonesia

Selain Mandiri, BRI berada di posisi kedua bank BUMN yang memberikan gaji terbaik kepada karyawannya. Untuk level staf, gaji yang diberikan berkisar Rp 4 sampai Rp 6 juta per bulan.

Kemudian, posisi service quality assurance sebesar Rp 19,5 juta, branch manager di angka Rp 22,8 juta, level senior manager mencapai Rp 32,5 juta. Adapun untuk gaji tertinggi BRI dipegang oleh jajaran direksi yang mencapai Rp 220 juta per bulannya.

Baca jugaBahaya! Penambang Kripto Dibidik Para Hacker, Kenali 3 Modus Serangan Ini

Baca juga: Nissan Teana — Spesifikasi hingga Daftar Harganya

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...

Cara Isi E-Money via ATM Mandiri dan Update Saldonya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara isi e-money via ATM Mandiri dalam ulasan berikut ini sangat penting diketahui oleh para pengguna layanan yang satu ini. Kalau kamu...

Langkah Erick Thohir Stabilkan Harga Tiket Pesawat

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan sejumlah langkah agar maskapai penerbangan nasional dapat menstabilkan harga tiket pesawat. Erick...
LANGUAGE