31.5 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17 Februari 2013 lalu.

Nah, marketplace yang banyak diakses untuk membeli produk reksadana ini menyediakan berbagai produk lainnya seperti obligasi, saham, dan lainnya. Sebagai pionir e-commerce investasi digital, Bareksa memiliki fitur-fitur yang menarik, di antaranya sebagai berikut.

Fitur-fitur Bareksa

1. Bareksa menyediakan berbagai data market yang sangat up to date, komprehensif dan mendalam pada tahap awal meliputi produk-produk yang dimilikinya seperti reksadana, obligasi, dan saham.

2. Platform Bareksa menyediakan berbagai alat dan aplikasi digital untuk memudahkan investor dan calon investor yang ingin membeli produk investasi di website dan aplikasi resminya. Website dan aplikasi tersebut telah dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan pengguna dalam mencari, mengolah, bahkan menganalisis data yang sesuai kepada masing-masing penggunanya.

3. Platform fintech investasi ini tidak hanya menjual produk investasi saja. Di sisi lain, Bareksa juga turut memberikan edukasi dan informasi seputar investasi. Tidak hanya itu, bahkan analis yang bekerja sama dengan Bareksa juga memberikan analisis yang mendalam dan relevan kepada investor dan calon investor. Sehingga pengguna akan sangat terbantu dalam mengambil keputusan.

Analis Bareksa ini siap menjadi rekan diskusi bagi para pengguna yang ingin mencari tahu tentang produk-produk serta perkembangan investasi di Indonesia.

4. Bareksa menyediakan platform digital bagi pengguna yang ingin berinvestasi. Caranya juga sangat mudah, pengguna bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun melalui komputer pribadi (PC), gadget, dan lain sebagainya. Marketplace milik Bareksa juga telah teruji dalam memberikan pengamanan, kenyamanan, serta keefektivitasan kepada penggunanya untuk bertransaksi di sana.

Kelebihan Mendaftar di Bareksa

Apa saja kelebihan Mendaftar di Bareksa? Ada beberapa keunggulan jika kamu menjadi investor di Bareksa, yaitu sebagai berikut.

1. Bareksa tidak menetapkan biaya transaksi kepada pengguna yang ingin membeli produk reksadana sebagaimana ketika kamu menggunakan layanan manajer investasi (MI). Hal ini menjadi nilai yang sangat baik dan memberikan user experience yang berarti kepada para penggunanya, karena tidak harus lagi mengeluarkan biaya transaksi atau fee.

2. Ketika kamu telah ingin membeli banyak produk investasi di marketplace Bareksa, maka kamu hanya memerlukan satu akun saja. Artinya, satu akun tersebut dapat digunakan untuk membeli berbagai produk investasi di Bareksa.

3. Bareksa juga memiliki fitur dan alat investasi yang sangat mendukung pengguna menemukan produk investasi yang sesuai, misalnya simulator bareksa, kalkulator investasi, dan lain sebagainya. Hal ini dibuat agar para pengguna tidak lagi kewalahan dalam memilih produk yang tepat dan sesuai dengan profilnya.

Cara Daftar Akun Bareksa

Jika kamu ingin mendaftarkan akun di Bareksa, maka berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

1. Unduh dan buka aplikasi Bareksa, kemudian klik ikon login yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.

2. Setelah itu pilih opsi “Daftar Baru”. Nanti akan muncul permintaan untuk mengisi identitas, seperti KTP, NIK, hingga nomor paspor apabila kamu merupakan warga negara asing.

3. Setelah itu, kamu harus melengkapi data diri sebagai syarat pendaftaran, seperti nama, tanggal dan tempat lahir, agama, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Kamu akan mendapat opsi mendaftar sebagai investor surat berharga negara atau tidak. Apabila kamu  ingin menjadi investor surat berharga negara, maka kamu harus memasukkan info nomor pokok wajib pajak sebagai syarat diterima di Bareksa.

Kemudian kamu juga akan diminta untuk mengisi alamat yang sesuai dengan KTP. Lalu, pihak Bareksa akan meminta calon penggunanya mengisi kelengkapan data seputar pekerjaan, penghasilan, status pernikahan, dan lain sebagainya. Hal ini penting karena akan menentukan rekomendasi produk investasi apa yang cocok untuk kamu beli ke depan.

4. Setelah semua data yang kamu isi lengkap dan benar, maka kamu akan mendapatkan permintaan mengisi kode one time password yang masuk melalui SMS ke ponsel. Kemudian, pihak Bareksa akan meminta penggunanya mengisi informasi seputar rekening bank yang digunakan.

5. Terakhir, setelah kode OTP yang kamu masukkan benar dan diterima, akan muncul halaman persetujuan dan tanda tangan yang harus kamu klik centang, dan setelah itu barulah membubuhkan tanda tangan elektronik.

6. Apabila semua langkah tersebut telah dilakukan dengan benar, maka tinggal tunggu pihak Bareksa memverifikasi dokumen yang kamu kirim secara keseluruhan. Apabila diterima, maka kamu tinggal melakukan deposit dan sudah bisa membeli produk investasi di platform marketplace tersebut.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

Cek di sini untuk mengetahui daftar investasi digital berizin di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE