30.1 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli, 2024

BCA KLIKPAY BIKIN PRAKTIS BELANJA ONLINE

duniafintech.com – Apa bedanya antara Klik BCA dan BCA KlikPay? Sekilas memang identik. Tapi, ada perbedaan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Penggunaan Klik BCA dan BCA KlikPay sama-sama langsung men-debet saldo nasabah rekening BCA. Tapi, keduanya juga memiliki beberapa perbedaan. Username dan password keduanya, misalnya, berbeda. Artinya, tidak otomatis username dan password Klik BCA bisa digunakan untuk BCA KlikPay.

Verifikasi terhadap setiap transaksi yang dilakukan juga berbeda. Jika Klik BCA menggunakan Key BCA (token fisik) untuk proses verifikasinya, lain halnya dengan BCA KlikPay yang menggunakan One Time Password (OTP) ke nomor HP pengguna.

Lalu, untuk mengakses layanan Klik BCA harus login ke https://ibank.klikbca.com. Namun, untuk mengakses KlikPay BCA tidak harus membuka halaman KlikPay BCA, melainkan langsung diarahkan (redirect) ke halaman KlikPay BCA saat berbelanja online.

Sebenarnya, layanan KlikPay BCA merupakan bagian dari layanan Klik BCA yang khusus untuk memudahkan dalam pembayaran secara online. Sementara itu, Klik BCA lebih mencakup layanan perbankan yang bisa dilakukan secara online meliputi transfer, informasi saldo, mutasi, history transaksi, pembelian voucher seluler, dan pembayaran berbagai macam tagihan.

Keberadaan KlikPay BCA memang dirancang khusus untuk mempemudah pembayaran di berbagai toko online yang sedang menjamur saat ini. Nasabah yang memiliki fasilitas Klik BCA Individu atau BCA Card bisa mendaftar BCA KlikPay.

Klik BCA Individu adalah layanan internet banking BCA yang mudah, praktis, aman dan nyaman digunakan. Nasabah yang belum memiliki KlikBCA dapat melakukan registrasi Internet Banking BCA di ATM atau cabang BCA terdekat dan kemudian mendapatkan KeyBCA di cabang BCA terdekat untuk pengamanan transaksi finansial.

BCA Card adalah layanan kartu kredit BCA yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan BCA maupun transaksi lainnya seperti tarik tunai di ATM BCA dan Autopay BCA. Nasabah yang belum memiliki BCA Card dapat mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk mengajukan permohonan BCA Card.

BCA menggunakan tiga lapis sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi pengguna, yaitu Secure Socket Layer (SSL), password, dan enkripsi EV SSL 2048 bit. SSL adalah teknologi pengamanan yang ‘mengacak’ jalur komunikasi antarkomputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Lalu, kode One Time Password (OTP) yang dihasilkan oleh sistem BCA merupakan bagian keamanan dari sisi password. Kode OTP adalah password yang dihasilkan oleh teknologi pengamanan yang selalu menghasilkan password yang berbeda setiap kali alat pengamannya digunakan. Terakhir, BCA menggunakan teknologi enkripsi EV SSL 2048 bit untuk melindungi komunikasi antara komputer pengguna dan server BCA selama pengguna mengakses BCA KlikPay. Jadi, berbelanja online dengan BCA KlikPay bikin praktis dan aman.

 

Source: klikbca.com

Written by: Sebastian Atmodjo

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU