30.9 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

BCA Multifinance: Jenis Pembiayaan hingga Simulasi Hitungnya

JAKARTA, duniafintech.com – BCA Multifinance adalah pengganti entitas pembiayaan BCA yang sebelumnya PT Central Santosa Finance (CSF).

Adapun dengan entitas baru ini, mereka pun resmi menjalankan fungsi pembiayaan yang pada mulanya disediakan oleh CS Finance dengan penambahan fokus usaha.

Entitas yang satu ini menandakan era keberagaman solusi pembiayaan yang bisa ditawarkan BCA kepada nasabah untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen, mitra bisnis, dan masyarakat luas.

Baca juga: Kode Cabang BCA Terlengkap: Daftar Kantor, Kota, dan Alamatnya

Di era terbaru ini, jangkauannya pun akan semakin melebar sehingga pembiayaan yang ditawarkannya juga akan semakin bervariasi.

Fokus usahanya saat ini juga kian luas, yakni pembiayaan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, dan multiguna.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Lifepal.

Sekilas tentang BCA Multifinance

Sebagai informasi, pada 22 November 2017, BCA resmi mengambil alih sepenuhnya kepemilikan saham perseroan CS Finance menjadi 100% dari sebelumnya 70% setelah membeli 30% saham milik PT Multikem Suplindo.

Adapun setelah pembelian itu, komposisi kepemilikan saham menjadi 75% milik BCA dan 25% milik BCA Finance sehingga perusahaan seutuhnya menjadi bagian dari Grup BCA.

Kemudian, CS Finance pun berganti nama menjadi PT BCA Multifinance, yang membidik pada pembiayaan roda dua, roda empat, dan kredit Multiguna.

Pembiayaan Produk Kendaraan BCA Multifinance

Untuk diketahui, perusahaan ini menawarkan berbagai pembiayaan produk kendaraan bermotor, yakni sebagai berikut.

1. Kredit Pemilikan Motor (KPM)

Ini adalah produk pembiayaan sepeda motor yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, perusahaan, maupun kolektif yang memerlukan sepeda motor baru.

2. Kredit Sepeda Motor (KSM)

Merupakan produk pembiayaan sepeda motor baru yang khusus ditujukan bagi nasabah BCA. KSM memberikan harga khusus dan kemudahan bertransaksi lantaran pembayaran angsuran untuk produk KSM dengan autodebet BCA.

3. Kredit Motor Bekas (KMB)

Adalah produk pembiayaan sepeda motor bekas yang diperuntukkan bagi peminat motor bekas. KMB ini bekerja sama dengan banyak dealer dan pos di seluruh Indonesia untuk memudahkanmu memiliki sepeda motor bekas dengan cara kredit.

4.Kredit Mobil Seken (KMS)

KMS merupakan produk pembiayaan mobil yang diperuntukkan bagi masyarakat umum yang membutuhkan mobil seken. Kredit mobil BCA ini hadir dengan berbagai tenor dan DP, serta bekerja sama dengan banyak showroom di beberapa provinsi di tanah air.

Perusahaan ini punya jaringan luas, yang terdiri dari 71 cabang dan 13 pos yang tersebar di wilayah Indonesia, meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Guna mendorong optimalisasi produk, kredit mobil BCA pun menawarkan berbagai merek kendaraan roda dua, di antaranya Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, Piaggio, Benelli, Viar, Ducati, Harley Davidson, Royal Enfield, BMW, dan KTM.

Masuknya merek baru ini akan semakin menambah preferensi masyarakat dalam memilih kendaraan roda dua sesuai selera dan kebutuhan. BCA kredit mobil diharapkan akan semakin membantu masyarakat dalam memiliki kendaraan.

bca multifinance

Pembiayaan Sepeda Motor BCA Multifinance

Lewat KSM BCA atau kredit sepeda motor BCA, kamu dapat memperoleh beberapa keuntungan yang harus dipersiapkan persyaratan dokumennya terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan persetujuan daripada kredit yang akan lebih lebih cepat dari pihak bank.

Bank BCA akan memberikanmu manfaat berupa kenaikan jumlah angsuran yang nantinya membebani. Pasalnya, angsuran yang kamu peroleh sangat ringan serta mempunyai jumlah nilai yang tetap selama jangka waktu pembiayaan.

Baca juga: KlikBCA Individual — Cara Daftar hingga Fitur-fiturnya

Inilah sejumlah keuntungan KSM BCA:

  • Syarat dan dokumen pengajuan kredit mudah.
  • Persetujuan kredit cepat.
  • Bebas dari kenaikan jumlah angsuran yang membebani karena angsurannya ringan dan jumlahnya tetap selama jangka waktu pembiayaan.
  • Sudah termasuk biaya administrasi dan asuransi Total Loss Only (TLO).
  • Pembayaran praktis sebab angsuran bulanan akan di-autodebet dari rekening BCA kamu. Setelah angsuran keenam bisa mempercepat pelunasan tanpa penalti.

Syarat dan ketentuan

Kamu dapat memperoleh dana tunai untuk pembelian sepeda motor idaman dengan persyaratan mudah. Hal ini berlaku buat nasabah reguler, yakni nasabah BCA yang sudah 1 bulan memiliki rekening di BCA, yaitu rekening Tahapan, Tapres, BCA Dollar, Deposito, Giro, atau Kartu Kredit BCA.

Berlaku pula buat nasabah baru, yakni nasabah BCA yang baru memiliki rekening BCA < 1 bulan (rekening Tahapan/Tapres/BCA Dollar, Deposito, Giro, atau Kartu Kredit BCA. Syarat dan ketentuannya sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi cover tabungan
  3. Mutasi rekening
  4. Fotokopi KTP pasangan
  5. Fotokopi Kartu Keluarga
  6. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan –
  7. Fotokopi rekening listrik/Telepon/Fotokopi sertifikat rumah.

*Poin 1 dan 5 berlaku untuk nasabah reguler dan nasabah baru. Untuk nasabah reguler, tidak perlu melengkapi poin 6 dan 7.

Proses dan Cara Pengajuan KSM

Caranya adalah kamu datang ke kantor BCA untuk mengisi form pengajuan kredit sekaligus membawa persyaratannya. Lantas, BCA akan memproses pengajuan pembiayaan kredit motor yang kamu ajukan.

Kemudian, BCA akan menerbitkan hasil proses pengajuan setelah pengecekan berkas pengajuan selesai. Sebagai informasi, syarat utama mengajukan kredit pembiayaan sepeda motor di BCA adalah wajib memiliki 1 rekening Bank BCA, mulai dari rekening Tahapan BCA/Tapres/BCA Dollar, Deposito, Giro, atau Kartu Kredit BCA.

Simulasi Hitung Kredit BCA Multifinance

Nah, sebelum berencana melakukan pengajuan kredit kendaraan bermotor dari Bank BCA, pastikan bahwa kamu mencari tahu terlebih dahulu simulasi perhitungan kreditnya. Hal ini  penting supaya kamu dapat mengetahui perhitungan kredit sepeda motormu.

Berikut ini gambaran simulasi kredit kendaraan roda dua di KSM BCA:

  1. Pilih berbagai wilayah domisili terlebih dahulu. Saat ini, Bank BCA baru memberikan kemudahan pembelian motor secara cicilan kepada tiga daerah, di antaranya Jakarta, Medan, dan Semarang.
  2. Pilih merek dan jenis kendaraan roda dua yang diinginkan, mulai dari merek Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, hingga Vespa yang disediakan melalui Kredit Sepeda Motor (KSM) BCA.
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih tipe motor yang nantinya akan disesuaikan dengan harga motor dan uang muka yang harus disiapkan untuk down payment (DP).
  4. Berikutnya, secara otomatis maka kolom harga motor serta uang muka yang harus disiapkan langsung terisi. Misalnya, kamu membeli motor merek Honda tipe New Beat ISS 2020, maka BCA akan menampilkan harga motor yang berkisar di angka Rp17.600.000 dengan uang muka sebesar Rp3.520.000.
  5. Setelah itu, pilih hitung untuk melihat jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan. BCA memberikan pilihan cicilan selama dua belas, dua puluh empat, hingga tiga puluh enam bulan. Jika sudah dirasa tepat maka kamu bisa mengirimkan formulir pengajuan kredit kendaraan bermotor secara online.
  6. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke CS Finance untuk mengisi beberapa data diri misalnya nama, nomor kartu tanda penduduk (KTP), alamat email, nomor ponsel dan nomor kontak yang bisa dihubungi.
  7. Kemudian, kamu tinggal menunggu proses pengajuan kredit apakah akan disetujui atau tidak. Jangan lupa juga memberikan copy KTP kamu, copy buku rekening kamu, mutasi rekening, dan fotokopi slip gaji kamu.

Sekian ulasan tentang BCA Multifinance yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Daftar BCA Mobile via ATM BCA dan Aktivasinya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Hijau Lagi, Cek Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Jumat (9/12/2022). Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami...

Tips Hadapi Resesi Ekonomi Global Bagi Para Pelaku Usaha ala Rey Insurtech

JAKARTA, duniafintech.com - Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja bisnis sehingga pelaku usaha perlu tips hadapi. Salah satu tips hadapi resesi...

Tips Cek Kesehatan Kendaraan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, duniafintech.com - Tips cek kesehatan kendaraan menjadi salah satu hal penting dipelajari mengingat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sudah di depan...

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...
LANGUAGE