22.8 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Belajar Bisnis dari Drakor Start Up. Ini Pembelajaran yang Bisa Dipetik

DuniaFintech.com – Setelah drama Itaewon Class, drama korea Start Up turut mencuri hati masyarakat. Siapa sangka, kita bisa belajar bisnis dari drakor Start Up ini loh!

Tidak hanya fokus pada cerita romantis, drakor Start Up juga menghadirkan pelajaran inspiratif tentang dunia bisnis dan tantangan anak muda dalam menghadapi persaingan. Penasaran dengan belajar bisnis dari drakor Start Up?

Ini poin penting belajar bisnis dari drakor Start Up yang bisa kita tanamkan dalam kehidupan.

Pentingnya jiwa kepemimpinan atau leadership

Jiwa kepemimpinan atau leadership merupakan skill yang sangat penting untuk Anda ketika akan memulai bisnis. Kemampuan memimpin yang baik akan menjadi fondasi dalam bisnis Anda.

Pemimpin yang baik harus bisa berempati dengan karyawan dan anggota timnya. Tunjukkan kepedulian dan jangan bersikap superior dengan tidak bersedia menerima kritik. Anda juga harus bisa memecahkan masalah ketika bisnismu berhadapan dengan situasi mendesak. 

Leader atau pemimpin akan memegang peran penting dalam sebuah perusahaan loh! Masih ingat kan pembahasan terkait investor? Dimana pemimpin atau founder perusahaan akan menjadi pertimbangan utama para investor saat ingin menanamkan modalnya.

Pentingnya peran mentor

Sehebat apa pun Anda atau bagaimana pun Anda memiliki jiwa kepemimpinan dalam berbisnis, Anda tetap memerlukan mentor yang dipercaya bisa membimbing dalam membangun bisnis. Seorang mentor bisa memberikan pandangan baru dan ide-ide terkait keputusan bisnis yang akan diambil.

Biasanya, mentor adalah orang yang telah memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih banyak darI Anda. Sehingga, mentor bisa membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada Anda, sehingga panduan dari mentor bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika akan membangun bisnis.

Baca juga:

Tidak hanya mengenal tren tapi memiliki business plan yang jelas

Dengan mengenal tren, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang hal-hal yang diminati oleh calon konsumen Anda.

Namun tidak cukup itu, dalam drakor ini, Anda bisa belajar bahwa selain tren, Anda juga harus memiliki business plan yang jelas.

Bagaimana bisa mendapatkan business plan? Jawabannya adalah survei lapangan.

Survei awal sebelum memulai bisnis sangatlah penting. Jika sudah memiliki pemetaan yang mumpuni lewat survei itu, kamu bisa menyusun business plan yang tepat sasaran.

Untuk bisa menarik perhatian investor, Anda perlu menyediakan business plan yang jelas. Tanpa business plan yang jelas, investor tentu tidak mau mengambil resiko dengan menginvestasikan dananya untuk bisnis tersebut.

Pintar memilih tim yang solid dan berkualitas

Tim atau rekan kerja yang tepat akan menentukan hasil akhir yang bisa Anda capai dalam rencana untuk membangun bisnis. Melalui drama korea Start Up, kita bisa belajar bahwa memilih rekan kerja tidak bisa sekedar didasari oleh rasa kenal, tetapi memang rekan kerja yang Anda butuhkan dan berkualitas.

Jika Anda tidak memiliki tim yang terdiri dari orang-orang berkualitas dan solid satu sama lain, tentunya akan sulit mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, jangan hanya memilih anggota tim yang memiliki kapabilitas yang Anda harapkan, tapi juga seberapa baik mental mereka dalam mendukung dan bekerja sama dalam tim.

Pertimbangkanlah dengan matang siapa yang pantas menjadi rekan kerja Anda sebelum memulai bisnis. 

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE