35 C
Jakarta
Senin, 28 September, 2020

Beli Kartu E-Money Dapat Diskon 50%

duniafintech.com – Mengapa pemerintah sampai ngotot menerapkan sistem pembayaran non tunai? Hal ini perlu untuk menyiasati beban bank sentral untuk mencetak dan mengendalikan peredarannya. Salah satu program untuk e-money yakni beli kartu e-money dapat diskon 50%.

Biaya pencetakan dan redesain uang tunai yang juga membutuhkan biaya tinggi, harus dilakukan secara berkala, dan penggunaannya yang dianggap menyulitkan karena perlu dihitung secara manual, dimana jika jumlahnya banyak risiko kesalahan penghitungan menjadi lebih besar. Dengan demikian siasat beli kartu e-money dapat diskon 50% diharapkan dapat meningkatkan penggunaan sistem pembayaran non tunai.

Oleh karenanya, untuk menyiasati hal tersebut pemerintah mencoba menumbuhkan less cash society atau masyarakat yang dalam transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan uang dalam bentuk digital.

Salah satu jalan yang diambil pemerintah dalam mendorong terwujudnya less cash society ialah dengan menerapkan sistem pembayaran non tunai di sektor transposrtasi Indonesia.

Langkah ini sudah mulai disosialisasikan sejak musim mudik libur Lebaran kemarin. Hasilnya cukup baik.

Berkaca pada pengalaman penggunaan uang elektronik saat mudik lebaran kemarin, Skema pembayaran non tunai yang diterapkan mampu sedikit mengatasi tumpukan kendaraan di pintu-pintu tol.

Selain itu, secara umum, penggunaan uang elektronik berarti akan mengurangi kecenderungan masyarakat menyimpan banyak uang fisik di dalam dompet. Hal ini diyakini akan mereduksi tingkat kejahatan seperti perampokan, dan pencurian.

Nantinya langkah ini akan mulai aktif diterapkan di ruas-ruas jalan tol pada 1 Oktober 2017. Agar seluruh masyarakat dan pengguna jalan tol mengetahui dan terbiasa dengan aturan baru tersebut, pemerintah terus melakukan edukasi dan sosialisasi.

Dan salah satu upaya sosialisasinya adalah dengan memberikan diskon sebesar 10 persen di beberapa ruas tol, dan diskon 50 persen untuk setiap pembelian kartu uang elektronik.

Khusus untuk diskon pembelian sebesar 50 persen, akan diselenggarakan hingga 30 September 2017 oleh Perbankan dan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol).

Beberapa kartu uang elektronik yang diberikan diskon untuk setiap pembeliannya adalah E-Toll Card dan E-Money Bank Mandiri, Brizzi BRI, Flazz BCA, Tapcash BNI, dan Blink BTN.

Hal ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan uang elektronik.

Source : suara.com

Written by : Hendratanu Wijaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Seberapa Penting Pemanfaatan Teknologi di Bidang Asuransi? Simak!

DuniaFintech.com - Kemajuan dan digitalisasi melalui teknologi dinilai mampu mengubah sektor industri asuransi. Setidaknya hal itulah yang dikatakan oleh Presiden Direktur Mandiri...

Targetkan Milenial, MCAS Bersama Telkomsel Luncurkan DigiSaham Berbasis Whatsapp

Duniafintech.com - PT M Cash Integrasi Tbk, perusahaan distribusi digital  di Indonesia, MCAS mengumumkan peluncuran DigiSaham, platform informasi saham real-time berbasis WhatsApp...

Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Warga Indonesia Saat Pandemi

Duniafintech.com - Pada periode Agustus 2020, aplikasi selain non-game, TikTok paling banyak diunduh warga Indonesia. Data yang dirilis Sensor Tower menunjukkan jumlah...

Aplikasi Cicilan Tanpa Kartu Kredit ini Memudahkan Anda Dalam Bertransaksi Online, Ini Pilihannya

Duniafintech.com - Cicilan tanpa kartu kredit adalah salah satu produk Fintech yang popular saat ini. Hadirnya fintech dengan aplikasi kredit online yang...

Layanan Permodalan dan Pinjaman Online Untuk Petani? Simak Disini!

DuniaFintech.com - Layanan keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia telah beragam. Hingga kini, terdapat berbagai permodalan dan pinjaman untuk berbagai profesi seperti...
LANGUAGE