32.4 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Hijau, Simak Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Senin (28/11/2022).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan bertengger di zona hijau.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin Cs Masih Menguat, Ini Daftarnya

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Menguat 0,57 Persen

Menurut data Coinmarketcap, Senin pagi, 28 November 2022, Bitcoin (BTC) menguat 0,57 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,73 persen sepekan. Harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu kini berada di level USD 16.582 per koin atau setara Rp 260,2 juta (asumsi kurs Rp 15.693 per dolar AS). 

Di samping itu, Ethereum (ETH) pun masih menguat pada pagi ini. Diketahui, ETH naik 0,74 persen dan 6,03 persen dalam sepekan sehingga saat ini berada di level USD 1.215 per koin.  

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang masih lanjutkan penguatan. Dalam 24 jam terakhir, BNB naik 0,50 persen dan 18,79 persen sepekan. Dengan demikian, BNB dibanderol dengan harga USD 314,10 per koin. 

Lalu ada Cardano yang juga melanjutkan penguatan. Dalam satu hari terakhir, ADA naik 1,47 persen dan 2,31 persen sepekan sehingga ADA saat ini berada di level USD 0,3152 per koin.

Sementara itu, Solana (SOL) masih bertengger di zona hijau, dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 1,90 persen dan 16,60 persen sepekan. Kini, harga SOL berada di level USD 14,39 per koin.

XRP pun masih melanjutkan penguatan. Diketahui, XRP naik 1,33 persen dalam 24 jam terakhir dan 10,96 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4035 per koin. 

Adapun koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini juga masih menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 16.55 persen dan 34,02 persen sepekan. Hal itu membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,1042 per token.

Kemudian, ada Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) yang pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen sehingga harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00. Binance USD (BUSD) pun menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan ke level USD 844,3 miliar.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs di Zona Hijau, Intip Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: El Salvador Buat Kantor Bitcoin Nasional

Pemerintah El Salvador dikabarkan sudah membuat National Bitcoin Office atau Kantor Bitcoin Nasional  (ONBTC) usai Presiden El Salvador Nayib Bukele mengungkapkan akan beli satu Bitcoin setiap hari.

Pada laporan juga disebutkan bahwa entitas ini diciptakan lewat surat keputusan nomor 49 yang ditandatangani oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Bukele. Hal itu sebagaimana laporan Torres yang dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (27/11/2022) kemarin.

Adapun Kantor Bitcoin Nasional ini didirikan dengan “otonomi fungsional dan teknis dalam kepresidenan” pada 25 November 2022. Kantor tersebut berfungsi untuk mengelola semua proyek yang terkait dengan cryptocurrency dan didirikan dalam keputusan Nomor 49 oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele.

Keputusan nomor 49 diterbitkan dalam lembaran negara resmi El Salvador yang dirangkum dalam pasal dua.

“Pasal dua mendefinisikan tujuan ONBTC yang akan merancang, diagnosis, merencanakan, memprogram, mengoordinasikan, menindaklanjuti, mengukur, menganalisis, dan evaluasi rencana, program dan proyek yang terkait dengan bitcoin untuk pembangunan ekonomi negara,” begitu unggahan yang diterbitkan oleh catatan Torres.

“Itu juga akan dapat berkolaborasi dengan negara lain bisa diperlukan, dalam hal yang berkaitan dengan bitcoin.”

Sebagai informasi, pembuatan ONBTC mengikuti Bukele yang menjelaskan negaranya akan membeli satu Bitcoin setiap hari. Kala itu, simpanan Bitcoin milik El Salvador sekitar 2.381 BTC dan sudah sembilan hari sejak pengumuman Bukele yang berarti negara itu telah memperoleh sembilan Bitcoin lagi.

berita bitcoin hari ini

Unit Administrasi Khusus

Menurut Torres, Bukele akan bertanggung jawab untuk menunjuk direktur ONBTC dan pendukung bitcoin, istri Max Keiser Stacy Herbert akan terlibat.

“Merasa terhormat untuk terlibat dalam menyiapkan kantor bitcoin untuk presiden Bukele,” demikian cuitan Herbert pada 1 November 2022.

Di samping itu, ONBTC punya akun Twitter dan mengatakan bahwa laporan akan segera dipublikasikan.

“Kantor bitcoin nasional akan segera menerbitkan laporan pertama kami. Topiknya akan membahas penambangan bitcoin di El Salvador.”

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa tagihan aset digital akan membantu mendukung rencana penerbitan obligasi bitcoin. Adapun gagasan obligasi bitcoin El Salvador telah ditunda dan laporan mencatat obligasi itu mungkin diterbitkan oleh perusahaan La Geo.

Kantor ONBTC pun akan mengelola pertemuan individu dengan Bukele sehubungan dengan pelajaran bitcoin dan blockchain.

“Badan baru ini akan bekerja sebagai unit administrasi khusus dengan otonomi fungsional dan teknis.” 

Sekian ulasan tentang berita Bitcoin hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Menanjak Lagi, Cek Harganya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE