31 C
Jakarta
Jumat, 31 Maret, 2023

Tips Mengembangkan UMKM Agar Tetap Eksis, Begini Caranya!

JAKARTA, duniafintech,com – Tips mengembangkan UMKM tengah marak jadi perbincangan banyak orang akhir-akhir ini, karena banyak bermunculan UMKM baru.

Di era digital saat ini, banyak bermunculan bisnis atau UMKM baru. Namun tidak sedikit dari usaha tersebut gulung tikar. Oleh karena itu, dibutuhkan tips UMKM yang bisa diterapkan untuk mampu mengembangkan bisnis dan bertahan ditengah masa krisis sekalipun.

Permasalahan yang sering tak disadari kebanyakan para pelaku UMKM adalah fokus melakukan penjualan dan melupakan aspek penting lainnya. Padahal, branding, interaksi pelanggan, dan strategi pemasaran sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas produk Anda agar diterima pasar.

Baca juga: Kolaborasi UMKM dengan Lokapasar dan Ritel Modern untuk Go Digital

Lalu, bagaimana tips mengembangkan UMKM yang bisa membantu usaha Anda lebih baik?

Baca juga: Modalku Optimis UMKM Tetap Tumbuh Hadapi Resesi Ekonomi Global

Tips mengembangkan UMKM sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang kerap dialami para pelaku UMKM. Dimana permasalahan tersebut cukup mengganggu tumbuh kembang UMKM menjadi lebih besar.

Menyadari hal tersebut, tim DuniaFintech.com telah merangkum khusus untuk Anda, sembilan tips mengembangkan UMKM yang bisa diterapkan, sebagai berikut:

Tips Mengembangkan UMKM

1. Analisis SWOT

Tips mengembangkan UMKM pertama adalah melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Analisa SWOT yang dimaksud adalah mengetahui serta memahami kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang bisa muncul dari usaha Anda.

Dengan analisis SWOT ini, bisa jadi bekal untuk menentukan langkah dan strategi UMKM selanjutnya.

2. Membuat Business Plan

Tips mengembangkan UMKM berikutnya mungkin terlihat sederhana, namun Anda perlu memastikan bahwa business plan yang Anda buat sudah tepat dan efektif untuk bisnis Anda.

Dengan business plan yang tepat, Anda dapat membuat program kerja yang terarah dan terhindar dari masalah yang tidak diinginkan, seperti pemborosan.

3. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan salah satu strategi bisnis yang sangat penting. Karena ini dapat membantu bisnis untuk membagi pasar menjadi beberapa kelompok konsumen berdasarkan kriteria tertentu sesuai target pasar bisnis.

Sementara itu, Bbsnis yang menerapkan segmentasi pasar akan bisa lebih fokus untuk mengejar pasar tertentu. Sehingga peluang untuk memenangkan pasar lebih besar.

4. Efektivitas Anggaran

Anggaran adalah bagian terpenting bagi setiap usaha, khususnya UMKM. Setiap UMKM harus bisa mengatur dan merencanakan anggaran dengan matang, sehingga modal yang terbatas tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Jadi, kunci tips mengembangkan UMKM ini adalah menyusun biaya kebutuhan secara efisien dan memangkas biaya yang kurang penting.

5. Transformasi Digital

Tips mengembangkan UMKM selanjutnya yakni harus bisa dengan cepat beradaptasi atau bertransformasi operasional bisnisnya ke digital.

Dengan beralih ke digital, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan terutama meningkatkan jumlah penjualan dan membangun branding. Sebab dengan bantuan teknologi, Anda dapat menjangkau pasar lebih luas tanpa dibatasi letak geografis.

6. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Permasalahan yang sering diabaikan UMKM adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Padahal jalinan komunikasi dengan pelanggan sangat penting untuk mendapatkan loyalitas mereka. Pelanggan loyal tidak akan segan untuk melakukan repeat order, bahkan mempromosikan brand Anda ke kolega mereka.

Solusi untuk menjalin hubungan pelanggan adalah dengan menggunakan CRM. Aplikasi CRM dapat mengelola semua informasi pelanggan Anda dari berbagai saluran bisnis dalam satu platform.

Aplikasi CRM juga menyediakan laporan yang memudahkan Anda untuk memahami kebutuhan pelanggan dan kinerja karyawan Anda.

7. Berikan Pengalaman Pelanggan yang Tak Terlupakan

Tips mengembangkan UMKM berikutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang tidak terlupakan. Apakah pengalaman pelanggan penting untuk bisnis? Jawabannya sangat!

Pengalaman pelanggan dapat memberikan efek domino pada bisnis. Apabila Anda melakukannya dengan baik, maka secara tidak langsung Anda telah meningkatkan pemasaran dan penjualan Anda melakukan pemasaran dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh pelanggan yang puas.

Selain itu, customer experience yang positif juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, memberikan brand image yang baik, dan meningkatkan brand awareness.

8. Pikirkan Omnichannel

Bisnis UMKM memang bukanlah bisnis besar, namun itu tidak berarti Anda tidak boleh berada di banyak saluran. Malahan, strategi Omnichannel menjadi sangat penting untuk UMKM, karena dapat memperluas jangkauan pelanggan Anda.

Anda dapat menggunakan aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel untuk mengelola dan menyelaraskan seluruh saluran bisnis Anda secara mudah dalam satu platform terpadu.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan Omnichannel, Anda juga dapat menangkap lebih banyak informasi tentang pelanggan dan memanfaatkan hubungan Anda dengan mereka untuk meningkatkan UMKM Anda.

9. Evaluasi Berkala

Tips mengembangkan UMKM terakhir adalah memantau serta melakukan evaluasi atas pencapaian strategi UMKM yang Anda terapkan. Lakukan evaluasi berdasarkan data akurat seperti yang diberikan dashboard report aplikasi CRM.

Evaluasi akan membantu Anda menentukan area mana yang berkinerja paling efisien dan di sektor mana Anda perlu dibenahi Anda.

Itulah deretan tips mengembangkan UMKM yang akan membantu usaha Anda berkembang menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat ya.

Baca jugaIni Cara Pemerintah Bikin UMKM Naik Kelas 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Investasi Emas dan Keuntungannya, Bisa via Online Juga Lho!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya pun sangat mudah sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya...

Menko Airlangga Puji GoTo Dorong UMKM Menuju Ekonomi Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Sektor ekonomi digital dinilai mampu menjadi salah satu pemantik percepatan pemulihan serta peningkatan daya tahan ekonomi. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko)...

Waspadai Bull Trap Kripto, Begini Tips Cara Menghindari nya Menurut CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Hari ini, Jumat (31/3/23) pukul 12.00 WIB harga Bitcoin masih berada di kisaran lebih dari 423 juta rupiah. Kenaikan pada harga...

Hore! Pemerintah Resmi tidak Naikkan Tarif Listrik hingga Bulan Juni

JAKARTA, duniafintech.com - Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik (Tariff Adjustment) periode April-Juni 2023 untuk 13 (tiga belas) Pelanggan Non Subsidi PT PLN (Persero) telah ditetapkan...

Cara Investasi Bitcoin bagi Pemula: Buat Akun hingga Penarikan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi Bitcoin yang benar untuk pemula tentu wajib dipahami jika kamu ingin terjun ke dunia aset kripto. Saat ini, investasi mata...
LANGUAGE