27.2 C
Jakarta
Selasa, 27 Februari, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Melemah, Solana Cerah

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Kamis (15/12/2022).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan kembali bertengger di zona merah.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Semringah, Intip Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Melemah 0,61 Persen

Mengacu pada data Coinmarketcap, Kamis pagi, 15 Desember 2022, Bitcoin (BTC) kembali melemah 0,61 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 5,94 persen sepekan.

Kini, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu berada di level USD 17.837 per koin atau setara Rp 277 juta (asumsi kurs Rp 15.532 per dolar AS). 

Sementara itu, Ethereum (ETH) pun ikut melemah pada pagi ini. Diketahui, ETH turun 0,41 persen, tetapi masih menguat 6,83 persen dalam sepekan sehingga saat ini harganya berada di level USD 1.312 per koin. 

Selanjutnya ada Binance coin (BNB) yang terpantau masih lesu. Adapun dalam 24 jam terakhir, BNB ambles 1,27 persen dan 5,67 persen sepekan. Dengan demikian, BNB dibanderol dengan harga USD 267,58 per koin. 

Cardano juga harus kembali melemah pada pagi ini. Dalam satu hari terakhir, ADA turun 0,92 persen dan 0,25 persen sepekan sehingga saat ini ADA berada pada level USD 0,3083 per koin.

Solana di Zona Hijau

Di lain sisi, Solana (SOL) berhasil bertengger di zona hijau, dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 3,38 persen dan 5,44 persen sepekan. Kini, harga SOL berada di level USD 14,24 per koin.

Adapun XRP kembali terkoreksi. Diketahui, XRP ambles 2,12 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat tipis 0,66 persen sepekan sehingga saat ini XRP dibanderol seharga USD 0,3851 per koin. 

Sementara itu, koin meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali melemah. Dalam satu hari terakhir, DOGE merosot 2,26 persen dan 7,22 persen sepekan. Hal itu membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,08867 per token.

Kemudian, ada Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) yang pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal itu membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00.

Binance USD (BUSD) diketahui menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir dan hal itu membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Bergairah, Cek Harganya!

Untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir mengalami penguatan ke level USD 868,1 miliar dari sebelumnya di level USD 849,9 miliar.

berita bitcoin hari ini

Berita Bitcoin Hari Ini: The Fed Naikkan Suku Bunga, BTC Kembali Melemah

Usai Federal Reserve AS (The Fed) pada Rabu (14/12/2022) menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin (0,5 poin persentase) untuk terus memperlambat ekonomi dan kenaikan harga moderat, kondisi pasar kripto kembali tertekan.

Adapun keputusan ini membawa kisaran target dana federal menjadi 4,25 persen hingga 4,5 persen, level tertinggi dalam 15 tahun.

Sementara itu, Ketua Fed, Jerome Powell, sudah mengisyaratkan tingkat puncak untuk siklus kenaikan saat ini, diharapkan sekitar tahun depan  kemungkinan akan lebih dari 5 persen.

Usai pengumuman tersebut, pasar kripto kembali terjebak di zona merah, demikian halnya dengan kripto terbesar di dunia, Bitcoin.

Saat ini, Bitcoin (BTC) telah turun sebesar 2,5 persen dari hari sebelumnya dan kini diperdagangkan di kisaran USD 17.740 (Rp 275,4 juta).

Diketahui, kenaikan suku bunga oleh Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), panel kebijakan moneter Fed, menandakan perlambatan laju kenaikan oleh Fed, yang selama empat pertemuan berturut-turut terakhir sudah menaikkan suku bunga dengan kenaikan 75 basis poin.

“50 basis poin masih merupakan peningkatan besar secara historis dan kami masih memiliki beberapa cara untuk dilakukan,” ucap Powell dalam konferensi pers setelah pernyataan FOMC, dikutip dari CoinDesk, Kamis (15/12/2022).

Adapun inflasi yang diukur dengan indeks harga konsumen (CPI) terus melambat secara tahunan. Laporan CPI November menunjukkan inflasi menjadi 7,1 persen, turun dari 7,7 persen pada Oktober.

Pejabat The Fed sudah mengatakan selama sebulan terakhir mungkin tepat untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga sementara ekonomi menyesuaikan dengan tingkat biaya pinjaman yang lebih tinggi. 

“Namun, peningkatan yang sedang berlangsung dalam kisaran target akan sesuai,” demikian pernyataan FOMC.

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Loyo Lagi, Ini Daftar Harga Bitcoin Cs

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE