31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Masih Loyo, Cek Daftar Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita bitcoin hari ini terkait harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya pada perdagangan Kamis (7/9/2023).

Adapun mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mengalami pergerakan yang seragam dan terpantau masih berada di zona merah.

Berikut ini bitcoin hari ini yang perlu diketahui, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Cara Beli Ethereum di INDODAX: Perbandingan Investasi Bitcoin

ISFF 2023 INDODAX

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Kembali Melemah 0,02 Persen

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis 7 September 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah 0,02 persen dalam 24 jam dan 5,59 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 25.735 per koin atau setara Rp 395 juta (asumsi kurs Rp 15.351 per dolar AS).

Ethereum (ETH) masih melemah. ETH anjlok 0,71 persen sehari terakhir dan 5,61 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 25 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih memerah. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 0,54 persen dan 5,18 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,2 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA merosot 0,56 persen dan 4,60 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 3.954 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali terkoreksi. SOL meluncur turun 3,95 persen dalam sehari dan 7,56 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 300.581 per koin.

XRP mengikuti jejak kripto lainnya yang melemah. XRP merosot 1,27 persen dalam 24 jam dan 6,34 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.713 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali lesu. Dalam satu hari terakhir DOGE melemah 1,23 persen dan 2,34 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 956,75 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level Rp 15.853 triliun. 

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin Sentuh Level Terendah dalam 6 Bulan

Harga bitcoin (BTC) masih alami tekanan pasar pekan ini, meskipun sempat menguat pekan lalu setelah kemenangan pengadilan Grayscale dalam gugatannya terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Harga Bitcoin turun hingga di level USD 25.000 atau setara Rp 383 juta (asumsi kurs Rp 15.320 per dolar AS) yang merupakan harga terendah sejak pertengahan Maret 2023. 

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Prediksi Bitcoin Akan Alami Penurunan ?

Berita Bitcoin Hari Ini

Seorang analis kripto, Will Clemente mengatakan penurunan harga Bitcoin merupakan gambaran sikap apatis dari investor kripto belakangan ini dan lemahnya volume perdagangan. 

“Total volume perdagangan kripto adalah yang terlemah sejak 2020, tren pencarian Google berada pada posisi terendah multi-tahun dan realisasi volatilitas serta Bollinger Bands mingguan semuanya mendekati rekor terendah,” kata Clemente, dikutip dari CoinDesk.

Makroekonomi Memperparah Tekanan Harga

Dalam pengumuman terpisah pada Senin, Arab Saudi dan Rusia mengejutkan pasar, masing-masing mengatakan mereka akan memperpanjang pengurangan produksi minyak selama tiga bulan lagi hingga Desember. 

Berita tersebut membuat harga minyak mentah WTI naik lebih dari 1 persen menjadi USD 86,74 atau setara Rp, 13 juta,  level terkuat sejak November 2022. Pada sisi lain, harga minyak yang lebih tinggi menyebabkan harga yang lebih tinggi di pompa bensin, yang menyebabkan pembacaan inflasi yang lebih tinggi dan dengan demikian juga meningkatkan tingkat suku bunga. 

Sejauh instrumen suku bunga bersaing dengan aset berisiko untuk mendapatkan modal, berita tentang minyak dalam jangka pendek dapat dianggap bearish untuk harga bitcoin.

Pasar akan mendapatkan pembacaan resmi berikutnya mengenai inflasi AS pada 13 September ketika pemerintah merilis laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk Agustus.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Bitcoin dan Solana Pulih Kembali, Simak Harga Kripto Hari Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU