30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin Sempat Sentuh Posisi Tertinggi dalam 6 Minggu

JAKARTA, duniafintech.com – Berita bitcoin hari ini terkait harga kripto terbesar di dunia, bitcoin sempat menyentuh level tertinggi dalam enam minggu sebelum kembali terkoreksi. 

Kripto lainnya, yang lebih kecil termasuk Ether, Litecoin dan Solana juga awalnya menguat dan kembali terkoreksi.

Volatilitas terjadi ketika para pedagang menunggu persidangan Sam Bankman-Fried, pendiri pertukaran kripto FTX yang bangkrut, yang dijadwalkan akan dimulai pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com, Selasa (3/10/2023).

Berita Bitcoin Hari Ini: Ada Arus Pembelian yang Signifikan

Salah satu pendiri penyedia likuiditas derivatif aset digital OrBit, Caroline Mauron mengatakan ada arus pembelian yang signifikan, kemungkinan didorong oleh dimulainya kuartal akuntansi baru, dan pergerakan yang diakibatkannya diperburuk oleh langkanya likuiditas akhir pekan.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin dan Ethereum Menguat

ISFF 2023 INDODAX

Mauron mengatakan dia memperkirakan Bitcoin akan terus naik pada Oktober, dengan USD 30,000 atau setara Rp 466,2 juta (asumsi kurs Rp 15.540 oer dolar AS) dipandang sebagai level resistensi utama berikutnya.

“Terakhir kali Bitcoin jatuh di bulan Oktober adalah selama pasar bearish 2018,” kata Mauron dalam keterangannya, dikutip dari Yahoo Finance.

Reli awal tampaknya terbantu oleh spekulasi Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada akhirnya akan menyetujui usulan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin oleh BlackRock, meskipun regulator menunda keputusan tersebut minggu lalu.

Di sisi lain, ProShares, VanEck dan Bitwise, meluncurkan dana berjangka Ether pada Senin. Peluncuran ini dilakukan hampir tepat dua tahun setelah ETF Bitcoin-futures ditayangkan perdana di AS dan mendapatkan banyak keriuhan dan pengumpulan aset yang cepat untuk produk pertama tersebut, ProShares Bitcoin Strategy ETF (ticker BITO). 

Namun, peluncuran tersebut terjadi pada puncak booming kripto, ketika Bitcoin, mata uang virtual terbesar, diperdagangkan di atas USD 60.000 atau setara Rp 932,4 juta. 

Perlombaan untuk mendapatkan dominasi dan aset kali ini bisa menjadi lebih menantang karena harga kripto melemah dan minat investor terhadap sektor yang dulunya panas ini hampir padam.

Berita Bitcoin Hari Ini: Harga Bitcoin Cs Kembali Terpukul

Sementara itu, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Selasa, (3/10/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali meleah 1,38 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 4,73 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 27.521 per koin atau setara Rp 427,7 juta (asumsi kurs Rp 15.542 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut melemah. ETH turun 4,28 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 4,50 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 25,76 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 2,04 persen, tetapi masih menguat 2,14 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,33 juta per koin. 

Kemudian kripto Cardano (ADA) kembali berada di zona merah. ADA merosot 3,06 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 5,47 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 4.016 per koin.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Kembali Alami Penurunan

berita bitcoin hari ini

Adapun Solana (SOL) kembali terkoreksi. SOL anjlok 4,01 persen dalam sehari tetapi masih menguat 19,95 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 361.437 per koin.

XRP terpantau kembali berada di zona merah. XRP terkoreksi 2,25 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 1,42 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.960 per koin. 

Harga Kripto Lainnya

Koin Meme Dogecoin (DOGE) turut memerah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 2,54 persen tetapi masih menguat 1,54 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 960,78 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,1 triliun atau setara Rp 17.092 triliun.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Masih Loyo, Simak Harga Kripto Hari Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE