27.7 C
Jakarta
Rabu, 30 November, 2022

Berita Bitcoin Hari Ini: Hore, Bitcoin cs Mulai Kembali Stabil!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini mengulas harga Bitcoin dan kripto big cap lainnya pada perdagangan Selasa (15/11).

Adapun Bitcoin (BTC), Ethereum, dan kripto lainnya saat ini terpantau sudah mulai stabil kembali. BTC pun menguat setelah beberapa hari sebelumnya sempat anjlok lantaran investor khawatir dengan dampak dari krisis yang menimpa bursa kripto terbesar kedua, yaitu FTX.

Berikut ini berita Bitcoin hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Loyo, Cek di Sini Daftar Harganya

Berita Bitcoin Hari Ini: Pergerakan 7 Kripto Utama

Berdasarkan data CoinMarketCap pada pukul 10.00 WIB tadi, Bitcoin melesat 4,13% ke posisi harga US$ 16.754,13/koin atau setara dengan Rp 260.359.180/koin (asumsi kurs Rp 15.540/US$).

Sementara itu, Ethereum melonjak 5,99% ke posisi US$ 1.258,39/koin atau Rp 19.555.381/koin. Inilah pergerakan 7 kripto utama non-stablecoin pada hari ini.

  1. Bitcoin (BTC)

Dalam Dolar AS: 16.754,13

Dalam Rupiah: 260.359.180

Perubahan Harian (%): 4,13%

Perubahan 7 Hari (%): -18,40%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 321,81

  1. Ethereum (ETH)

Dalam Dolar AS: 1.258,39

Dalam Rupiah: 19.555.381

Perubahan Harian (%): 5,99%

Perubahan 7 Hari (%): -18,77%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 153,99

  1. BNB

Dalam Dolar AS: 281,30

Dalam Rupiah: 4.371.402

Perubahan Harian (%): 4,42%

Perubahan 7 Hari (%): -17,79%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 45,01

  1. XRP

Dalam Dolar AS: 0,37 5.

Dalam Rupiah: 750

Perubahan Harian (%): 11,48%

Perubahan 7 Hari (%): -19,13%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 18,59 

  1. Dogecoin (DOGE)

Dalam Dolar AS: 0,08686

Dalam Rupiah: 1.350

Perubahan Harian (%): 6,41%

Perubahan 7 Hari (%): -20,70%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 11,52

  1. Cardano (ADA)

Dalam Dolar AS: 0,3339

Dalam Rupiah: 5.189

Perubahan Harian (%):3,80%

Perubahan 7 Hari (%):-15,80%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 11,49 

  1. Polygon (MATIC)

Dalam Dolar AS: 0,9382

Dalam Rupiah: 14.580

Perubahan Harian (%): 9,75%

Perubahan 7 Hari (%): -21,54%

Kapitalisasi Pasar (US$ Miliar): 8,19

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Akhirnya, Bitcoin Cs Menguat! Cek Harganya di Sini

Berita Bitcoin Hari Ini: Pasar Kripto Kembali Stabil

Adapun pasar kripto kembali stabil dan mulai menghijau kembali usai beberapa hari belakangan terdampak dari sentimen krisis bursa kripto FTX.

“Kami telah melihat ketidakstabilan pasar yang lebih luas meskipun ada beberapa perkembangan makro yang positif untuk aset berisiko secara keseluruhan,” ucap Kepala riset kelembagaan di bursa kripto Coinbase, David Duong, dikutip dari CoinDesk.

“Masih muncul rekanan mana yang mungkin telah meminjamkan atau berinteraksi dengan FTX atau Alameda Research dan apa kewajiban persisnya. Bitcoin tidak hanya dapat menguji ulang posisi terendah 2022 tetapi menyentuh level US$ 13.000. Kami pikir ada titik support di US$ 13.500.”

Diketahui, kripto kembali berguncang setelah adanya kerentanan neraca pertukaran kripto FTX dan pengajuan konsekuen untuk perlindungan kebangkrutan bab (Chapter) 11. Pada Jumat lalu, inti dari kerajaan kripto yang dulunya merupakan keajaiban kripto, Sam Bankman-Fried , mengalami peretasan yang menyebabkan adanya arus keluar sekitar US$ 600 juta.

Saat ini, regulator tengah meningkatkan pengawasan mereka terhadap FTX dan Alameda Research, yang alokasi token FTT FTX yang menjadi acuan terbesarnya memicu penguraian cepat di FTX.

Berita Bitcoin Hari Ini

Berimbas terhadap Bursa Kripto Lainnya

Sebagai informasi saja, krisis FTX ini juga berimbas terhadap bursa kripto lainnya, salah satunya adalah Crypto.com. Meski demkian, pihak Crypto.com kemudian membuat cuitan di Twitter.

Di samping itu, CEO Crypto.com, Kris Marszalek, pun sempat muncul di YouTube, kemarin, untuk menjawab beberapa spekulasi terkait transaksi penarikan dana yang mengindikasikan kebangkrutan.

Adapun pengguna menanyakan transaksi penarikan Ethereum dari Crypto.com yang terjadi bulan lalu dan dipindahkan ke platform lain. Akan tetapi, Marszalek mengatakan bahwa penarikan Ethereum senilai US$ 400 juta itu tidak sengaja dan sudah dipulihkan.

Meski begitu, pernyataan Marszalek ini tidak mempan. Hal itu karena penarikan dana di bursa kripto tersebut justru meningkat selama akhir pekan selepas cuitan Marszalek.

“Kepercayaan sangat tinggi karena transparansi atau kurangnya transparansi dalam industri ini. Bagaimana Anda menilai bursa mana yang harus dipercaya saat ini?” tutur Kepala Pertukaran BitStamp Asia-Pasifik yang berbasis di Singapura.

“Pada kenyataannya, semua perusahaan sedang diuji kemampuannya untuk memenuhi kewajiban dan kontrol kepatuhan. Pasar meminta bukti nyata daripada berasumsi bahwa pihak-pihak telah bertindak dengan itikad baik.”

Seperti diketahui, FTX yang berbasis di Bahama sudah mengajukan kebangkrutan pada Jumat lalu usai penarikan dana besar-besaran awal pekan. Kesepakatan penyelamatan dengan bursa kripto kompetitor Binance gagal tercapai, yang memperkeruh keruntuhan FTX.

Kendati krisis FTX masih menjadi perhatian investor, tetapi hari ini mereka cenderung melupakan sejenak dan merespons positif dari melandainya inflasi di Amerika Serikat (AS), sekalipun respons tersebut dianggap sudah terlambat.

Sekian ulasan tentang berita Bitcoin hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Cs Loyo, Ini Daftar Harganya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Payment Gateway  Gratis Terbaik, Simak di Sini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway adalah penyedia layanan pembayaran dan transaksi online yang membantu proses pembayaran bisnis. Adapun gerbang pembayaran ini bertugas menghubungkan pembeli dengan...

Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA hingga BRI, Intip Kurs-nya

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.673 di perdagangan pasar spot Senin (28/11). Adapun Rupiah melemah 0,39%...

Berita Kripto Hari Ini: FTX Lanjutkan Bayar Gaji Pegawainya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini mengulas pertukaran/bursa kripto yang bangkrut, yaitu FTX, dan perusahaan afiliasinya. Pada Senin, 28 November 2022, FTX yang sudah...

Modal Usaha UMKM jadi Fokus Amartha Kolaborasi dengan eFishery

JAKARTA, duniafintech.com -  PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) sebagai perusahaan teknologi finansial yang berfokus pada penyaluran modal usaha bagi UMKM, menjalin kolaborasi dengan eFishery. eFishery...

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com - Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi. Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau...
LANGUAGE