26.2 C
Jakarta
Rabu, 19 Juni, 2024

Berita Ekonomi Hari Ini: Pembangunan IKN Capai 300 Investor

JAKARTA, duniafintech.com – Berita ekonomi hari ini mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara aktif menyampaikan perkembangan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur kepada investor asing. Dalam setiap kesempatan, baik di dalam maupun di luar negeri, Presiden Jokowi menginformasikan progres IKN, dan hasilnya sangat positif.

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa hingga saat ini, sudah ada 300 komitmen dalam bentuk Letter of Intent (LOI) yang telah ditandatangani oleh para investor. Jumlah ini mencerminkan minat investasi yang besar terhadap proyek IKN.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Neraca Perdagangan Catatkan Surplus

“Dalam setiap kunjungan ke negara manapun, kami menyampaikan progres IKN, dan banyak investor yang menunjukkan minat. Hingga saat ini, lebih dari 300 LOI telah ditandatangani,” ungkap Jokowi.

Meskipun demikian, Jokowi menegaskan bahwa jumlah ini masih terus bertambah, dan realisasi investasi masih memerlukan waktu. Untuk memberikan peluang kepada investor dalam negeri, mereka diberikan kesempatan untuk menggarap potensi pengembangan di IKN Nusantara terlebih dahulu. Setelah itu, investor asing yang telah menandatangani LOI dapat merealisasikan proyeknya.

“Meskipun sampai saat ini belum ada realisasi yang dimulai, tapi dengan adanya lebih dari 300 LOI, masih ada potensi yang besar. Prioritas saat ini adalah menggandeng investor domestik terlebih dahulu,” jelas Jokowi.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Harga Properti Meningkat, Penjualan Turun

Sejak beberapa bulan lalu, sejumlah proyek investor dalam negeri di IKN telah diresmikan pembangunannya oleh Presiden Jokowi. Menurutnya, dengan momentum pembangunan yang sudah dimulai oleh investor dalam negeri, investor asing akan semakin yakin dan tertarik untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN.

“Hingga saat ini, belum ada investor asing yang masuk ke IKN. Namun, saya yakin bahwa setelah investor dalam negeri mulai bergerak, dengan semakin banyaknya setiap bulannya, investor dari luar akan segera mengikuti. Kita tinggal tunggu waktu,” tambah Jokowi.

Jokowi Optimis Investor Asing Akan Masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperlihatkan keyakinannya bahwa investor asing akan segera berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang sedang dibangun di Kalimantan Timur. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa banyak investor dalam negeri telah mulai melakukan proyek pembangunan besar di IKN.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Penerimaan Pajak Naik, Utang LN Turun

Meskipun hingga saat ini belum ada investor asing yang terlibat langsung di IKN, Jokowi meyakinkan bahwa dengan semakin intensifnya pembangunan yang dilakukan oleh investor domestik, investor asing akan lebih percaya diri untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan IKN.

“Sampai saat ini belum ada investor asing yang masuk ke IKN. Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, maka investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk,” ujar Jokowi.

IKN Nusantara merupakan salah satu proyek andalan yang ditawarkan oleh Jokowi kepada para investor. Ia merencanakan IKN sebagai kota pintar yang berbasis hutan, menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca juga: Berita Ekonomi Hari Ini: Pemerintah Tambah 10 % Saham Freeport

Investasi di IKN tidak hanya terbatas pada satu sektor, melainkan melibatkan berbagai sektor, termasuk infrastruktur, transportasi, teknologi, pendidikan, energi, keuangan, pariwisata, kesehatan, dan perumahan.

“Kami menawarkan pembangunan ibu kota baru Nusantara. Kota pintar berbasis hutan dan alam, dengan 70% area hijau dan 80% transportasi publik berbasis energi hijau,” ungkap Jokowi.

Iklan

ARTIKEL TERBARU