27.2 C
Jakarta
Jumat, 8 Desember, 2023

Ragam Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit yang Perlu Dipahami

JAKARTA, duniafintech.com – Ragam kelebihan dan kekurangan kartu kredit nampaknya merupakan hal yang penting dipelajari dalam mengarungi jaman serba modern saat ini. Pasalnya ada baiknya untuk mempertimbangkan sebelum melakukan pengajuan terkait berbagai manfaat serta kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Seperti diketahui pertumbuhan para pengguna kartu kredit di Indonesia mengalami perlambatan sejak tahun 2015. Bahkan pada tahun 2018 beredar hampir 18 juta kartu kredit, dan hanya naik 0.2 persen dari tahun sebelumnya.

Perkembangan teknologi pembayaran digital atau fintech menjadi salah satu penyebabnya, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kartu kredit masih menjadi salah satu pilihan masyarakat karena beragam kelebihan yang dimilikinya meski juga memiliki kekurangan.

Karena tak sedikit yang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan solusi untuk membeli atau membayar kala tak memiliki uang tunai. Ada baiknya kartu kredit digunakan dengan bijak untuk menghindari dari segala macam malapetaka.

Berikut tim DuniaFintech sampaikan kelebihan dan kekurangan kartu kredit yang dapat kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

Baca jugaCara Membuat Kartu Kredit tanpa Slip Gaji Ternyata Mudah!

ragam kelebihan kartu kredit

Baca jugaBerapa Limit Kartu Kredit BCA? Bisa Cek dengan Cara ini Ya!

Ragam Kelebihan Kartu Kredit

Apa Saja Kelebihan Kartu Kredit?

  1. Membayar Belakangan

Salah satu ragam kelebihan dari kartu kredit yakni memberikan kemudahan dalam membeli atau membayar meski tidak memiliki uang cash pada saat membutuhkannya segera.

Jika tengah mengalami kondisi ini, kartu kredit merupakan solusi yang bijak dan diharapkan untuk segera membayar tagihan pada akhir periode yang telah ditentukan, demi menjaga reputasi rekening agar tetap aman.

  1. Poin Reward

Banyak kartu kredit yang memberikan poin reward bagi penggunanya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari poin-poin tersebut, seperti halnya mendapat cashback dan diskon yang kerap tersaji kala menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat dan hotel.

Poin ini akan memberikan keuntungan tersendiri jika bisa dimanfaatkan dengan baik.

  1. Keamanan Terjamin

Selanjutnya sebelum membahas kekurangan kartu kredit, keuntungan lainnya yakni adanya sistem keamanan khusus. Sebagai contoh jika nasabah merasa kehilangan kartu kredit maka perusahaan penerbit kartu tersebut dapat melakukan blokir agar terhindari dari aksi yang tidak diinginkan oleh orang lain. Bahkan jika ada transaksi yang mencurigakan dari kartu kredit kamu, perusahaan penerbit kartu tersebut pun juga akan segera memberitahu.

  1. Sarana Membangun Track Record

Membayar tagihan kartu kredit sesuai jatuh tempo yang seharusnya, bisa dijadikan ajang untuk membangun track record yang baik, dan keuntungan lainnya jadi bisa mengajukan kartu kredit jenis lain.

Biasanya perusahaan kartu kredit akan memberikan info ke agen pelaporan kredit jika kamu ingin membuat kartu kredit baru.

Semakin baik track record yang dimiliki, semakin besar juga kemungkinan untuk memuluskan pengajuan kartu kredit lainnya.

Kekurangan Kartu Kredit

  1. Banyak biaya tambahan

Kekurangan yang pertama akan ada jenis biaya yang harus dibayar kepada penerbit kala kamu menggunakan kartu kredit. Biasanya biaya yang keluar bisa lebih besar jumlahnya dibandingkan dengan sarana peminjaman uang lainnya. Annual Fee (Iuran Tahunan), biaya lainnya dan penalti akan menjadi tanggunang para pemilik kartu kredit.

  1. Berhubungan dengan Skor Kredit

Menggunakan kartu kredit ini sangat berhungan dengan urusan skor kredit, yang kerap diketahui sebagai hal yang dapat menentukan apakah pengajuan peminjaman dapat disetujui atau ditolak.

Keterlambatan dalam segala hal tagihan kartu kredit akan mempengarugi skor kredit, yang berimbas dengan kesulitan mengajukan hal apapun yang berkaitan dengan peminjaman kepada bank.

  1. Ketagihan untuk Berhutang

Kelemahan ini sebaiknya bisa kita hindari sebagai pengguna kartu kredit yakni ketagihan untuk berhutang. Hal yang paling ditakuti dari manfaat kartu kredit adalah kemudahannya untuk membayar, hingga berdampak memberikan kenyamanan dalam berhutang.

Penggunaan kartu kredit memang membutuhkan beberapa pertimbangan. Alangkah baiknya kartu kredit bisa menjadi pilihan yang baik dikala kamu sudah merasa stabil dari segi finansial, dan yang terpenting adalah bisa digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab.

Dengan mempelajari ragam kelebihan dan kekurangan kartu kredit, diharapkan kamu akan dapat mengambil keputusan finansial yang lebih bijak.

Baca jugaCara Memblokir Kartu Debit dan Kartu Kredit BCA Termudah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Link Pinjol Ilegal Mudah Cair yang Perlu Diwaspadai, Teliti sebelum Meminjam!

JAKARTA, duniafintech.com – Link pinjol ilegal mudah cair tentunya perlu diwaspadai. Pinjaman online ilegal masih menjadi masalah yang serius di Indonesia.  Banyak aplikasi pinjaman online...

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk dengan Baik dan Benar

JAKAARTA, duniafintech.com - Perkara hutang ini tidak bisa dihindari pada suatu kondisi, mau tidak mau, Anda harus siap untuk melunasi tepat waktu agar tidak...

Kualitas Layanan Fintech di Indonesia: Bagaimana Peluang dan Tantangannya?

JAKARTA, duniafintech.com – Kualitas layanan fintech di Indonesia adalah hal penting yang perlu diketahui terkait perkembangan financial technology di tanah air. Pada zaman sekarang, peran...

Produk Investasi Syariah yang Halal dan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com - Produk investasi syariah merupakan pilihan investasi yang mengacu pada prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia, terdapat beberapa...

Sah! OJK Pastikan Pinjol Jembatan Emas Tutup, Ini Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Penyelenggara fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) PT Akur Dana Abadi atau Jembatan Emas resmi tutup.  Hal ini...
LANGUAGE