26 C
Jakarta
Rabu, 7 Desember, 2022

Berita Fintech Indonesia: DANA Aplikasi Finance Nomor Satu Versi data.ai 

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia kali ini mengulas soal DANA yang menjadi aplikasi finance nomor satu versi data.ai.

Adapun platform financial technology (fintech) DANA sendiri menyatakan bahwa aplikasi DANA mengalami peningkatan jumlah unduhan pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2022.

Berikut ini berita fintech Indonesia selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Permintaan Pinjaman Berpeluang Naik, Ini Kata Modalku

Berita Fintech Indonesia: Menduduki Peringkat Pertama

Adapun peningkatan tersebut membuat aplikasi DANA menduduki peringkat pertama untuk aplikasi kategori finance (keuangan) di Indonesia, baik di iOS App Store maupun Google Play, berdasarkan data.ai (sebelumnya App Annie).

“Adanya lonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA, menjadi indikator positif dari menguatnya adopsi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital,” ucap Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno.

Rangga menyebut, layanan keuangan digital sekarang ini bukan hanya menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini, melainkan terbukti juga mampu mendukung masa depan masyarakat melalui fitur-fitur seperti asuransi dan investasi.

“Oleh karena itu, konsistensi lonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA menjadi dorongan bagi kami untuk mengembangkan fitur dan produk berikutnya dan memberikan pengalaman bertransaksi terbaik kepada seluruh pengguna,” paparnya.

DANA mengungkap, revolusi keuangan digital sudah membuka banyak peluang, mulai dari membentuk kebiasaan baru, hingga memperluas akses layanan keuangan digital, yang bisa memacu laju pertumbuhan ekonomi digital nasional.

Adapun laporan Status Literasi Digital di Indonesia 2021 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, tercatat sebanyak 26,4% masyarakat paling tidak menggunakan dompet digital selama sebulan sekali dan 22,8% lainnya beberapa bulan sekali.

Di lain sisi, preferensi masyarakat dalam memanfaatkan layanan keuangan digital untuk mendukung aktivitas dan produktivitas kehidupan hariannya juga dirasakan oleh DANA di sepanjang tahun 2022 ini.

berita fintech indonesia

Berita Fintech Indonesia: Peringkat Kedua Top Active Users

Bukan hanya menempati peringkat pertama di kategori aplikasi finance versi data.ai, DANA pun selalu muncul di jajaran “Everyone’s Favorites” di iOS App Store, tepatnya di posisi ke-4 pada akhir September 2022.

Di samping itu, DANA pun menduduki peringkat kedua berdasarkan Top Active Users atau pengguna aktif bulanan di kategori aplikasi Finance di Indonesia pada iPhone dan Android, antara Januari—Agustus 2022.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Daftar 5 Pinjol Cepat Cair Legal 2022

DANA juga menyatakan komitmennya untuk membangun kepercayaan pengguna, dengan menjadi aplikasi layanan keuangan digital yang ramah pengguna. Hal itu diwujudkan dengan terus berfokus pada produk dan berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik pengguna, tanpa mengurangi jaminan keamanannya.

Kata Rangga, produk yang baik memiliki 3 pilar yang saling berkaitan satu sama lain, baik dari aspek teknologi, pengguna, dan bisnis.

Memperkaya Fitur

Ia pun menyatakan bahwa dalam setiap pengembangan produk di DANA, mereka selalu melihat apakah produk itu mampu memecahkan permasalahan dan kebutuhan pengguna. Lalu, perusahaan memberikan solusi melalui teknologinya yang berlapis dan memberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan DANA secara keseluruhan.

DANA pun mengungkapkan, mereka sudah memperkaya fiturnya, di antaranya adalah Kirim Uang. Pada mulanya, itu hanya digunakan untuk mentransfer uang ke sesama pengguna, akun bank, dan media sosial.

Akan tetapi, fitur ini sekarang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak punya akses ke layanan keuangan digital, baik bank maupun non-bank. Dalam hal ini, penerima bisa mencairkan uang yang dikirim ke aplikasi DANA, melalui ATM BCA, Alfamart, Pegadaian, atau agen terdekat lainnya yang terhubung dengan DANA.

Sekian ulasan tentang berita fintech Indonesia yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: AFPI Kembali Edukasi Masyarakat soal Pinjol

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

RUU PPSK Tidak Semua Koperasi Diawasi Oleh OJK

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) menimbulkan pro dan kontra. Hal itu karena didalamnya membahas tentang keberadaan kerja koperasi...

Presiden Jokowi Instruksikan Kemendag Bangun Ekonomi Digital di Sektor Perdagangan

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada Kementerian Perdagangan agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital. Hal itu dilakukan melalui akselerasi transformasi digital pada...

Pinjol Cepat Cair Legal Berizin OJK, Intip Nih Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman melalui aplikasi di smartphone yang proses pencairan dananya sangat cepat. Pinjol atau pinjaman online berizin Otoritas Jasa...

Ini Langkah Strategi Pemerintah Jaga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Didukung dengan kemampuan penanganan pandemi yang baik, percepatan vaksinasi, peran APBN sebagai shock absorber, tingginya harga komoditas unggulan, hingga kesuksesan Presidensi...

Dollar ke Rupiah Hari Ini, Cek Kurs BCA, Mandiri, dan BRI

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.618 di perdagangan pasar spot Selasa (6/12). Diketahui, rupiah melemah 0,99%...
LANGUAGE