25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Cara Bayar Kode Billing lewat m-BCA dan Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar kode billing lewat m-BCA disertai dengan persyaratannya tentunya sangat penting untuk diketahui.

Adapun kode billing alias kode tagihan adalah salah satu sistem transaksi yang sekarang ini tersedia dan banyak digunakan. Tagihan untuk beberapa produk yang berhubungan dengan pemerintah, seperti pajak, lazimnya saat ini telah menggunakan kode billing yang nantinya bisa lakukan pembayaran secara mandiri.

Sebenarnya, adanya kode billing ini untuk membuat sistem dan skema pembayaran tidak memerlukan uang cash atau melalui tahap atau pihak tertentu lagi. Pasalnya, saat kamu membayar tagihan melalui kode billing, misalnya tilang, pajak, dan lainnya, uang nantinya akan langsung masuk ke rekening negara.

Baca juga: Cara Ganti Nomor m-BCA lewat ATM dan Kantor Cabang

Selain itu, kode billing ini bukan hanya diterapkan oleh pihak pemerintahan atau negara, melainkan juga telah diaplikasikan oleh beberapa pihak lainnya, mulai dari sekolah, kampus, contohnya kode billing IPDN dan lain sebagainya. Semua itu pun dilakukan dalam rangka memudahkan mahasiswa melakukan proses pembayaran tagihan.

Berikut ini ulasan selengkapnya untuk mengetahui cara bayar kode billing lewat m-BCA.

Persyaratan Terkait Cara Bayar Kode Billing lewat m-BCA

Untuk dapat melakukan proses pembayaran via kode billing, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Adapun salah satu hal yang paling penting tentunya adalah melakukan generate kode terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukannya secara registrasi, misalkan setelah pendaftaran kuliah atau pajak, nantinya akan ada informasi kode billing yang berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Kode itulah yang nantinya mesti kamu dapatkan terlebih dahulu sebelum proses pembayaran bisa dilakukan.

Nah, apabila kamu belum memiliki kode ini maka pastinya proses pembayaran belum bisa dilakukan ya.

cara bayar kode billing lewat m-bca

Cara Bayar Kode Billing lewat m-BCA

Pada dasarnya, pembayaran kode billing dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai pilihan metode dan cara. Kamu bisa melakukan proses pembayarannya lewat ATM, mobile banking, dan lain sebagainya.

Jika kamu hendak melakukan pembayaran via bank BCA maka kamu sangat disarankan untuk menggunakan layanan mobile banking. Berikut ini adalah panduan atau tutorial cara bayar kode billing lewat m-Banking BCA yang bisa kamu coba:

Baca juga: Cara Top Up GoPay lewat M-Banking BCA hingga ATM

  • Pertama, buka aplikasi mobile banking BCA
  • Pilih m-BCA
  • Masukkan kode akses
  • Pilih m-transfer
  • Pilih BCA virtual account
  • Masukkan kode billing yang sudah kamu peroleh
  • Klik OK
  • Cek detail tagihan
  • Klik “SEND”
  • Masukkan PIN
  • Selesai!

Cara Mendapatkan Kode Billing

Sebagai informasi, merujuk PER-11/PJ/2019 sebagai pengganti PER-05/PJ/2017, kode billing dapat diperoleh melalui dengan cara:

  1. Melalui layanan, produk, aplikasi berbasis web yang terhubung dengan DJP atau kanal resminya di platform Pajakku.
  2. Melalui layanan mandiri di kantor Pos atau bank persepsi melalui asistensi petugas bank atau kantor Pos
  3. Penerbitan secara jabatan (official-service) oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam hal terbit surat ketetapan pajak, Surat Tagihan Pajak, SPPT PBB, STP PBB, atau SKP PBB yang mengakibatkan kurang bayar
  4. Melalui aplikasi WhatsApp dan SMS ke KPP domisili kamu

Sekian ulasan tentang cara bayar kode billing lewat m-BCA yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Bayar FIF lewat ATM BCA hingga M-Banking

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE