25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Terkait Regulasi Kripto, AS Ajak Kerja Sama Global

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal pentingnya regulasi/aturan terkait aset kripto dan cryptocurrency.

Sebagai informasi, runtuhnya pertukaran cryptocurrency FTX yang berbasis di Bahama menunjukkan perlunya Amerika Serikat untuk bekerja sama dengan negara lain dalam mengembangkan peraturan internasional yang efektif untuk sektor kripto.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: 4 Warga China Didakwa Terkait Penipuan Investasi Online Kripto

Berita Kripto Hari Ini: Bangun Rezim Peraturan secara Global

Menurut Wakil Menteri Keuangan AS, Wally Adeyemo, penting untuk membangun rezim peraturan secara global untuk melindungi investor, konsumen, dan stabilitas keuangan serta memblokir penggunaan cryptocurrency yang ilegal. 

“Karena FTX bukan perusahaan yang berbasis di AS, upaya itu harus diperluas,” ucapnya kepada konferensi Reuters NEXT, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Senin (12/12/2022).

Ia pun menambahkan, kasus FTX adalah fenomena secara global sehingga AS harus bekerja sama dengan mitra internasional untuk merancang rezim peraturan dalam kerangka kerja yang membantu memastikan melindungi ekonomi global saat semuanya berpikir tentang inovasi seperti cryptocurrency.

Terbuka pada Inovasi Keuangan

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, sebelumnya berbicara tentang perlunya regulasi kripto yang memadai setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX di sebuah acara yang diselenggarakan oleh New York Times Dealbook pada Rabu, 30 November 2022.

Seraya menekankan pentingnya memastikan aset kripto memiliki perlindungan pelanggan yang memadai, ia pun mencatat penting juga untuk tetap terbuka terhadap inovasi keuangan, terutama yang dapat menurunkan biaya transaksi lintas batas dan membantu meningkatkan inklusi keuangan.

Ia pun melanjutkan untuk berkomentar tentang kehancuran FTX, yang mengajukan kebangkrutan pada 11 November.

Pertukaran kripto berutang 50 kreditor terbesarnya lebih dari USD 3 miliar (Rp 46,1 triliun) dan diperkirakan satu juta pelanggan serta investor lainnya menghadapi kerugian total dalam miliaran dolar. 

berita kripto hari ini

Berita Kripto Hari Ini: Parlemen AS Didesak Segera Terbitkan Aturan Baru Kripto

Sementara ittu, Komisioner Komisi Eropa untuk layanan keuangan, Mairead McGuinness sebelumnya dilaporkan sudah mendesak anggota parlemen AS untuk menetapkan aturan baru untuk mengatur industri kripto.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Mantan CEO FTX Siap-siap Dipenjara?

Adapun McGuinness berbicara tentang regulasi cryptocurrency dalam sebuah wawancara dengan Financial Times. Dalam kesempatan tersebut, ia juga membahas soal aturan kripto di Uni Eropa.

Mengacu pada RUU Markets in Crypto-Assets (MiCA) yang akan menyediakan kerangka peraturan untuk kripto di seluruh negara di Uni Eropa, ia pun menekankan setiap peraturan yang diberlakukan pada industri kripto mesti bersifat global supaya bisa berfungsi. 

“Kami memang perlu melihat pemain lain juga membuat undang-undang. Mungkin berbeda, tetapi dengan tujuan yang sama. Kita perlu melihat regulasi global kripto,” sebutnya, seperti dikutip dari Bitcoin.com.

Di samping itu, McGuinness pun mendesak anggota parlemen AS untuk menyusun aturan baru untuk mengatur industri kripto, menambahkan dia memperingatkan aset digital dapat menimbulkan ancaman bagi stabilitas keuangan jika dibiarkan tumbuh tidak diatur.

Sebagai informasi, dalam perjalanannya baru-baru ini ke Washington DC, McGuinness bertemu dengan beberapa anggota parlemen AS yang telah mendorong RUU di Kongres untuk mengatur industri kripto.

Kata McGuinness lagi, ia didorong oleh pertemuan dengan anggota parlemen AS dan dirinya percaya bahwa politikus AS bergerak ke arah yang sama seperti yang ada di UE. 

Namun, ia dia memperingatkan ada banyak kekhawatiran di tingkat Eropa tentang apa yang akan terjadi kalau kripto tidak diatur.

“Mungkin ada  pada waktunya, jika tumbuh masalah stabilitas keuangan. Ada juga masalah investor seputar kurangnya kepastian,” tutupnya.

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Ini Tanggapan Asosiasi Blockchain Terkait Aset Kripto Masuk RUU PPSK

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE