31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

Berita Kripto Hari Ini: Digugat Pelanggan, FTX Dituduh Mencuri Aset Digital

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait gugatan yang diajukan oleh pelanggan bursa pertukaran kripto yang bangkrut, FTX.

Dalam hal ini, sekelompok pelanggan FTX itu melayangkan gugatan atas pertukaran cryptocurrency yang ternama dahulunya itu dan menuduh bahwa eksekutif puncak FTX mencuri aset digital mereka serta dengan sengaja memblokir mereka dari melakukan penarikan.

Terkait kasus ini, warga California Austin Onusz mengajukan gugatan class action Selasa bersama tiga pengguna FTX lainnya dari Belanda, Turki dan Inggris.

Berikut ini berita kripto hari ini selengkapnya, seperti dinukil dari Liputan6.com.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Argo Blockchain Hentikan Sementara Perdagangan Saham di Nasdaq

Berita Kripto Hari Ini: Sam Bankman-Fried Cs sebagai Tergugat

Adapun pengaduan ini menyebut bahwa pendiri FTX Sam Bankman-Fried dan Gary Wang sebagai tergugat serta Caroline Ellison, mantan CEO hedge fund FTX, Alameda Research.

“Bankman-Fried dan Ellison dengan sengaja mengirim dana kripto pelanggan ke Alameda Research tanpa persetujuan mereka,” ucap pengacara yang mewakili Onusz, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (29/12/2022).

Gugatan ini menerangkan bahwa pelanggaran seperti itu adalah pelanggaran langsung terhadap perjanjian pelanggan dan ketentuan layanan FTX sendiri serta hukum umum dan prinsip dasar kejujuran dan transaksi yang adil.

Untuk diketahui, di bawah kepemimpinan Bankman-Fried, FTX sudah salah menempatkan aset digital pelanggan senilai hingga USD 2 miliar (Rp 31,5 triliun), menurut gugatan itu.

Menurut Onusz dan penggugat lainnya dalam dokumen pengadilan, mereka menyimpan uang tunai dan aset digital di platform FTX, tetapi belum bisa menyelesaikan penarikan sejak awal November. 

Pengacara penggugat menambahkan, pengguna FTX yang tidak bisa mengakses dana mereka harus mendapatkan status prioritas setelah proses kebangkrutan berakhir dan saatnya membagi aset perusahaan yang tersisa.

Berita Kripto Hari Ini

Ajukan Kebangkrutan

Sebelumnya, FTX telah mengajukan kebangkrutan pada bulan lalu usai perusahaan ini mengalami krisis likuiditas.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Selama 2022, Kapitalisasi Pasar Kripto Turun Rp23.230 T

Pelanggan pun menarik sekitar USD 5 miliar dalam satu hari dan hal itu terjadi di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang solvabilitas FTX.

Sejak saat itu, Bankman-Fried pun sudah ditangkap dan didakwa melakukan penipuan, konspirasi, dan pencucian uang.

Pria 30 tahun itu ditangkap di Bahama pada awal bulan ini sebelum diekstradisi ke AS, tempat ia dibebaskan minggu lalu dengan jaminan USD 250 juta.

Saat ini, Bankman-Fried tengah berada di rumah orang tuanya di California seraya menunggu persidangan. 

Berita Kripto Hari Ini: Manajemen Perusahaan Buruk

Menurut CEO baru FTX, John J. Ray III, manajemen perusahaan sebelumnya sebagai yang terburuk yang pernah ia lihat dalam 40 tahun karier termasuk mengawasi kebangkrutan Enron. 

Kata dia kepada anggota parlemen federal pada awal bulan ini, FTX runtuh lantaran kelompok yang sangat kecil dari individu yang sangat tidak berpengalaman dan tidak canggih yang menjalankan perusahaan. 

Hal itulah yang membuat gagal hampir semua sistem atau kontrol yang diperlukan untuk perusahaan yang dipercayakan kepada pihak lain. 

Sekian ulasan tentang berita kripto hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Berita Kripto Hari Ini: Sejak Maret 2022, Miliarder Kripto Rugi hingga Rp1.808 T

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

Iklan

ARTIKEL TERBARU